15 Ciri Ciri Hamil Muda, Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan?

Mama's Summary

  • Sekilas, gejala kehamilan awal memang mirip dengan gejala menuju menstruasi. Simak perbedaannya di artikel berikut ini.
  • Ketahui lebih lanjut ciri ciri kehamilan agar Mama dapat mempersiapkan kehamilan lebih baik.
  • Tidak semua perempuan mengalami seluruh ciri-ciri berikut ini. Beda kehamilan, berbeda juga kondisi dan tanda-tandanya.

Selain telat haid, ternyata ada ciri ciri hamil lainnya yang bisa menunjukkan tanda positif terjadinya pembuahan. Gejalanya hampir mirip dengan gejala menuju menstruasi lho, Ma, itulah sebabnya mengapa tanda tanda hamil yang lain sering kali tidak terdeteksi.

Yuk, kenali ciri ciri hamil muda berikut ini, agar Mama bisa mengetahui tips untuk mempersiapkan kehamilan lebih sehat dan lancar!

Ciri ciri hamil dan tanda-tanda kehamilan awal

Berikut adalah 15 tanda-tanda kehamilan awal selain telat haid:

tanda tanda hamil

1. Amenorrhea Sekunder

Menurut Alodokter, Amenorrhea adalah kondisi yang merujuk kepada wanita yang tidak dapat haid. Keadaan ini bisa terjadi ketika seorang wanita berusia 15/16 tahun namun belum mengalami menstruasi, atau yang biasa disebut amenorrhea primer. Selain itu terdapat amenorrhea sekunder, yaitu bila seorang wanita usia subur yang tidak sedang hamil, tidak mendapat haid kembali setelah 3 atau 6 bulan dari haid terakhir.

Nah, perlu digaris bawahi, yang terjadi pada gejala kehamilan adalah jenis Amenorrhea sekunder yang disebabkan perubahan hormon alami.

Kiat: Selalu catat tanggal hari pertama haid terakhir (HPHT) untuk menghitung usia kehamilan dan perkiraan tanggal persalinan.

2. Mual dan Muntah

Dilansir dari Doktersehat, lebih dari 50% perempuan mengalami mual dan muntah sebagai tanda tanda kehamilan. Hal ini disebabkan karena hormon HCG (human chorionic gonadotrophin) yang meningkat secara tiba-tiba.

Umumnya, gejala mual dan muntah akan menghilang saat kehamilan memasuki trimester dua. Jika mual terus berlanjut hingga menyebabkan kesehatan tubuh menurun, ada kemungkinan kehamilan Mama mengalami kondisi hiperemesis gravidarum yang harus ditangani lebih lanjut secara medis. Baca selengkapnya tentang hiperemesis gravidarum di sini.

Untuk pertolongan pertama mual dan muntah, Mama bisa menyediakan Mama’s Choice Pregnancy Supplement Morning Sickness Relief, di rumah atau kantor. Mengangung Jahe, efektif meredakan mual di pagi hari, meningkatkan imunitas tubuh serta nafsu makan 2. Sementera Vitamin B6, baik untuk metabolisme energi, mendukung pembentukan jaringan dan perkembangan otak bayi. 3. Terakhir Lemon, sensasi rasanya bantu melegakan tenggorokan dan melancarkan pencernaan

Tips: Perbanyak minum air putih hangat. Kurangi konsumsi makanan berlemak dan bersantan ya, Ma.

3. Cepat Lelah

Tanda tanda hamil cepat lelah disebabkan karena meningkatnya hormon progesteron dalam tubuh. Biasanya ini menjadi salah satu ciri ciri hamil 1 hari.

Mengapa ibu hamil cepat lelah? Faktor lainnya adalah kinerja organ tubuh seperti ginjal, jantung, hingga paru-paru yang bertambah, demi menghidupi janin di dalam kandungan.

Tips: Istirahat yang cukup dan kurangi kafein. Pastikan waktu tidur setiap hari selalu cukup.

ciri ciri orang hamil

4. Anoreksia

Anoreksia adalah gangguan makan yang terjadi pada wanita saat masa subur. Hal ini bisa disebabkan oleh kondisi psikologis wanita yang cenderung stres akibat perubahan hormon dan bertambahnya berat badan. Intinya, nafsu makan jadi menghilang, Ma!

Tips: Tetap perhatikan pola makan dan asupan gizi demi kesehatan Parents dan juga calon buah hati, ya!

5. Mengidam

Trimester pertama, ibu hamil seringkali menginginkan suatu makanan atau minuman tertentu. Hal ini juga diikuti dengan indra penciuman yang lebih sensitif. Hinggat saat ini belum ada bukti ilmiah yang menyebutkan penyebab ngidam pada ibu hamil. Diduga adanya fluktuasi hormon. Selama jenis makanan masih aman dimakan dan membuat Mama happy, selain itu pak suami bersedia mencari. Silakan saja, Ma.

Tips: Mama boleh mengonsumsi apapun selama tidak menyalahi aturan makan untuk ibu hamil, ya! Hindari juga makanan-makanan yang menyebabkan alergi.

6. Payudara Mengencang

Hormon progesteron dan estrogen pada tubuh meningkat dan memengaruhi kelenjar montgomery pada payudara. Hal ini menyebabkan payudara membesar, tegang, dan sering nyeri.

Selain itu, puting susu juga akan membesar diikuti dengan warna yang semakin gelap. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya hormon HPL (human placental lactogen) yang juga termasuk salah satu hormon pembuat ASI.

Walau belum menyusui, tak ada salah merawat payudara sedari awal kehamilan menggunakan Mama’s Choice Intensive Nipple Cream. Bebas Paraben, bebas Phthalate, bebas pewangi buatan bebas alkohol. Ekstrak kurma dan minyak kelapa akan membantu Mama melembutkan puting, untuk nanti persiapan menyusui buah hati.

Tips: Jangan gunakan bra yang terlalu kencang, gunakan pakaian yang longgar.

hamil muda 1 bulan

7. Konstipasi pada Ibu Hamil

Ciri ciri kehamilan lainnya adalah sembelit. Ya, peningkatan hormon progesteron juga menyebabkan susah buang air besar. Hormon progesteron bisa mengendurkan otot-otot rahim dan dinding usus.

Tips: Perbanyak konsumsi buah dan sayur dan minum air putih minimal 2 liter per hari. Selain mengatasi sembelit, juga baik untuk pemenuhan nutrisi.

8. Muncul Bercak Darah atau Flek

Bercak darah saat hamil muda dari vagina muncul akibat menempelnya sel telur yang sudah dibuahi pada dinding rahim. Seringkali, hal ini dianggap sebagai menstruasi.

Padahal, bercak darah atau flek ini dihasilkan oleh aktivitas ovulasi. Umumnya, flek hanya keluar dalam jumlah sedikit dan diikuti dengan gejala kram perut.

Tips: Jangan panik karena ini normal, Mama. Segera periksakan ke dokter atau bidan untuk penanganan lebih lanjut.

9. Kram Perut

Rasa kram pada perut dan pinggang sebagai tanda-tanda hamil tidak jauh berbeda seperti kram saat menstruasi.

Hal ini wajar terjadi, disebabkan jaringan otot mengalami tekanan sehingga mudah kram. Pada beberapa ibu hamil, kram perut bisa berlanjut hingga kehamilan trimester kedua. Ketahui cara penanganan kram perut saat hamil lebih lanjut di sini.

Tips: Lakukan gerakan ringan untuk stretching. Mandi dengan air panas untuk mengurangi kram.

tanda hamil muda selain telat haid

10. Meningkatnya Suhu Basal Tubuh

Saat ovulasi, suhu basal tubuh akan otomatis meningkat. Suhu basal adalah kondisi suhu tubuh pada pagi hari setelah tidur dan sebelum bangun beraktivitas.

Umumnya, peningkatan suhu basal tubuh terjadi dalam kurun tiga hari. Jika setelah tiga hari suhu basal tidak kunjung menurun, bisa jadi termasuk ciri ciri kehamilan, Ma.

Tips: Jangan panik dan banyak istirahat. Ini terjadi karena meningkatnya hormon progesteron di dalam tubuh.

11. Mood Swing Tanda Kehamilan

Hormon yang meningkat drastis tentu juga menyebabkan mood swing atau perubahan suasana hati yang ekstrim. Kuncinya, cari support system yang selalu memberikan ketenangan bagi Mama, ya!

Tips: Lakukan meditasi, perbanyak me time atau kegiatan yang bisa membuat pikiran Mama lebih rileks dan positif.

12. Keputihan

Keputihan yang muncul sebagai tanda tanda hamil muda berfungsi untuk mencegah infeksi pada sistem reproduksi. Selama tidak berwarna dan berbau, hal ini normal terjadi kok, Ma! Ingin tahu informasi lengkap tentang keputihan saat hamil? Klik di sini.

Tips: Jika tak kunjung reda, segera konsultasikan ke dokter.

tanda awal kehamilan

13. Pusing Berlebihan

Pusing dan sakit kepala juga merupakan salah satu tanda kehamilan, Ma. Hal ini disebabkan karena faktor fisik yang menurun dan menyebabkan sirkulasi darah menjadi kurang lancar.

Tips: Perbanyak istirahat hingga kondisi membaik.

14. Sering Buang Air Kecil

Saat hamil, posisi janin seringkali akan menekan kandung kemih. Terlebih lagi, didukung dengan peningkatan sirkulasi darah dalam tubuh. Akibatnya, kandung kemih akan lebih cepat dipenuhi oleh urin dan membuat Mama sering buang air kecil. Yang penting, jangan ditahan ya, Ma.

Tips: Perbanyak minum air putih agar cadangan cairan di dalam tubuh selalu tercukupi. Sering buang air kecil berpotensi menyebabkan dehidrasi.

15. Hipersalivasi

Hipersalivasi adalah kondisi saat ibu hamil kelebihan air liur. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya hormon estrogen yang umumnya terjadi di kehamilan trimester pertama. Terkadang, hipersalivasi juga menyebabkan bau mulut berlebihan yang seringkali tidak disadari ibu hamil.

Tips: Gunakan Mama’s Choice Mouthwash untuk menjaga keseimbangan pH mulut.

Tanda-tanda kehamilan atau pregnancy symptoms di atas tidak selalu dialami oleh semua perempuan ya, Ma. Berbeda kehamilan, tentu berbeda juga ciri ciri hamil yang dialaminya.

Nomor berapa saja yang Mama sudah alami? Yang terpenting, selalu jaga kesehatan dengan produk perawatan yang aman untuk kehamilan ya, Ma.

Tips mempersiapkan kehamilan yang sehat dan nyaman

Mama’s Choice hadir sebagai produk perawatan aman, halal, dan natural yang diformulasikan khusus untuk ibu hamil dan menyusui. Semua produknya diformulasikan aman, bebas toksin, halal, dan natural. Telah teruji hypoallergenic dan bebas dari zat kimia berbahaya.

Klik banner untuk mendapatkan diskon mulai dari 20%! Selamat menikmati kehamilan yang sehat dan bahagia, Mama 🙂

SHARE THIS POST

Tya

Tya

Gemar menulis dan bercerita. Membagikan kisah, pengalaman dan inspirasi melalui kata-kata. Perempuan yang terlihat melodrama, tapi suka tertawa. Sedang bersiap-siap menanti kehadiran si kecil dalam hidupnya. Agar semakin menyenangkan, berceritalah ia. Di sini.

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Jangan Panik Saat Bayi Rewel Tumbuh Gigi, Lakukan 3...
Learn more
Card image
Harus Pumping ASI? Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more
Mama's Choice

Item has been added
to your cart.

Checkout