Search

Posisi & Cara Menyendawakan Bayi yang Benar Beserta Gambar

Bayi kadang mengalami kembung setelah menyusu. Agar tidak rewel dan menangis, orang tua perlu tahu cara menyendawakan bayi yang benar untuk membuatnya nyaman. Simak cara dan posisi menyendawakan bayi yang benar dengan gambar di sini!

Mengapa Penting Menyendawakan Bayi?

Bayi menyusu, kenyang, lalu tidur tenang. Itulah harapan setiap orang tua. Tapi kenyataannya belum tentu demikian.

Bayi baru lahir sangat rentan terkena gangguan pencernaan karena sistem pencernaannya belum berkembang dengan sempurna. Bila minum susu terlalu banyak, bayi dapat mengalami gumoh. Selain itu, angin juga bisa ikut tertelan saat bayi menyusu dan membuat perutnya kembung. Padahal, bayi belum mampu mengeluarkan angin dari perutnya sendiri.

Karena itu, penting bagi orang tua untuk mengetahui teknik menyendawakan bayi agar ia merasa nyaman setelah menyusu dan bisa beristirahat dengan tenang.

Cara Menyendawakan Bayi yang Benar (dengan Gambar)

Mama bisa mencoba menyendawakan Si Kecil setiap selesai menyusu, atau jika ia nampak tidak nyaman, atau jika ia tiba-tiba terbangun dari tidur dan rewel. Ada beberapa posisi yang efektif untuk menyendawakan bayi, yaitu:

cara posisi menyendawakan bayi setelah menyusu dengan gambar

1. Posisi tegak

Gendong bayi menghadap Mama. Posisikan dagunya berada di atas pundak Mama, kemudian topang badannya dari bawah dengan salah satu tangan. Lalu, gunakan tangan lainnya untuk menepuk lembut punggung bayi.

2. Posisi duduk

Dudukkan bayi di pangkuan Mama ke arah luar. Gunakan satu tangan untuk menopang tubuh dengan cara menyangga dagu dan dadanya menggunakan telapak tangan. Hati-hati untuk tidak menekan lehernya. Dengan tangan lainnya, tepuk lembut punggung Si Kecil.

3. Posisi tengkurap

Tidurkan bayi di lengan atau pangkuan Mama dengan posisi tengkurap. Posisikan agar kepala bayi lebih tinggi dari badannya, kurang lebih dengan kemiringan 45°. Lalu tepuk punggungnya secara lembut dengan tangan lainnya.

Tips Lainnya untuk Mencegah Bayi Rewel Setelah Menyusu 

Melihat bayi menangis terus dan tidak nyaman tentu membuat orang tua sedih. Karena itu, lebih baik mencegah sebelum masalah pencernaan bayi terjadi akibat menyusu. Ada beberapa tips yang bisa Mama lakukan untuk mencegahnya, di antaranya:

1. Susui bayi sebelum terlalu lapar

Bayi yang lapar mungkin telah memerangkap angin di dalam perutnya. Akibatnya ketika susu masuk, ia menjadi kembung. Selain itu, bayi yang terlalu lapar akan menyusu dengan cepat dan bersemangat sehingga menghasilkan gelembung udara yang mudah tertelan.

2. Perhatikan posisi menyusu

Idealnya, posisi kepala bayi harus lebih tinggi dari perutnya saat menyusu. Jika bayi menyusu sambil tidur mendatar, maka perutnya bisa kembung.

3. Berikan pijatan lembut di perutnya

Balurkan minyak telon anti kolik sambil berikan pijatan lembut di perut bayi. Mama dapat mengayuh kakinya atau memijatnya dengan gerakan seperti ini agar lebih tenang. Minyak telon khusus kolik akan lebih efektif dalam membantu bayi mengeluarkan udara yang terjebak.

cara menyendawakan bayi
foto: Mama @umi_arayya

4. Gunakan botol anti kolik

Botol susu anti kolik adalah botol yang dirancang khusus untuk mencegah angin terperangkap dalam aliran susu saat bayi meminumnya. Umumnya botol ini memiliki teknologi ventilasi berupa katup pada bagian dot.

Salah satu botol susu anti kolik berkualitas dengan harga terjangkau yang bisa dipilih adalah Mama’s Choice Anti Colic Baby Bottle. Selain spesifikasi yang disesuaikan dengan kenyamanan bayi, botol ini memiliki keunggulan kualitas sebagai berikut:

  1. Bahan BPA-Free dan PVC-Free yang tahan panas dan anti retak
  2. Teknologi Double Air Vents pada dot mencegah udara terperangkap di aliran susu
  3. Bentuk dot menyerupai puting asli untuk mencegah bingung puting
  4. Leher botol lebar memudahkan Mama untuk menuang susu dan mencucinya
  5. Kontur botol yang fleksibel bisa diremas dan dipegang untuk menstimulasi motorik kasar bayi
  6. Tersedia dalam 2 ukuran, 150 ml dan 250 ml, untuk usia bayi dan kebutuhan susu yang berbeda

Botol ini akan membantu bayi menyusu dengan lebih nyaman.

botol dot susu bayi anti kolik, Mama's Choice Anti Colic Baby Bottle
Mama’s Choice Anti Colic Baby Bottle Rp 189.000 – Rp 229.000 (Hemat 41%)

Tips lainnya: Saat memberi susu, miringkan botol 45° ke arah bawah sebelum memasukannya ke mulut bayi untuk mencegah adanya udara yang terperangkap dalam dot.

Nah, itu dia cara menyendawakan bayi yang benar serta tips tambahan untuk bayi lebih nyaman saat dan setelah menyusu. Semoga informasi ini membantu Mama, ya!

Beli Mama’s Choice Anti Colic Baby Bottle di sini dengan Harga Spesial dan Hadiah Gratis!* 

Artikel terkait: Cara Mengatasi Bayi Kembung

 

 

sumber:

Healthline.com

SHARE THIS POST

Avatar

Maureen

Menjadi orang tua milenial bagaikan dua sisi mata uang: menyenangkan sekaligus penuh tantangan. I mean, juggling between the career and family is never easy, right? Tapi, kata menyerah tidak ada dalam kamus kita! Mari bersama terus belajar memberi yang terbaik untuk keluarga & buah hati ❤

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi & Cara Mengatasi Agar...
Learn more
Card image
Tips Lengkap Pumping ASI: Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more

Your Cart (0)

Close

Add Rp90,000 to earn shipping rebates!

Your cart is empty.

Shop now