Search

Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk yang Menghitam pada Bayi

Kecil-kecil menyebalkan, itulah nyamuk. Selain bikin gatal, gigitannya juga bisa meninggalkan bekas menghitam. Lebih sedih lagi kalau itu terjadi pada anak atau bayi kita. Yuk simak artikel ini untuk mengetahui cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang menghitam pada bayi.

Mengapa Bekas Gigitan Nyamuk Menghitam?

Munculnya bekas gigitan nyamuk yang menghitam bisa jadi menandakan Si Kecil memiliki kondisi darah manis alias prurigo. Prurigo adalah salah satu masalah kulit di mana penderitanya gatal-gatal hingga bentol dan menimbulkan luka koreng yang membekas dalam waktu lama.

Salah satu pemicunya adalah gigitan serangga, termasuk nyamuk. Ketika nyamuk mengigit kulit, secara otomatis tubuh akan mengeluarkan reaksi hipersensivitas sehingga muncul rasa gatal.

Ketika digaruk, rasa gatal malah menyebar dan membuat kulit tergores hingga iritasi. Inilah yang membuat bintil-bintil (nodul) gelap muncul dan berbekas dalam waktu lama.

Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk yang Menghitam pada Bayi

mencegah dan mengatasi darah manis pada anak

Prurigo bisa dialami siapa saja, namun dampaknya lebih parah dialami anak-anak, sebab bekas luka yang menghitam bisa terus ada hingga Si Kecil beranjak dewasa. Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang menghitam pada bayi dapat dilakukan dengan menjaga kelembapan kulit Si Kecil.

“Rasa gatal berlebihan dan bekas luka di kulit yang susah hilang disebabkan oleh kondisi kulit yang kering.” – Dr. Patna Komala Dewi, Sp.KK, M.Kes

Jadi Mama perlu memastikan kebutuhan cairan Si Kecil terpenuhi. Selain itu, bantu juga dengan asupan vitamin A dan E melalui buah dan sayur yang mengandung betakaroten.

Untuk perawatan dari luar, Mama bisa memberikan krim pelembap untuk mempercepat proses penyembuhan. Tapi tidak perlu memakai krim anti hiperpigmentasi ya Ma, dr. Aru Sudoyo, Sp.PD, KHOM, FACP dari MRCCC Siloam Hospitals tidak menganjurkannya pada anak-anak.

Cukup pakaikan krim yang bahannya aman untuk bayi dan bisa melembapkan kulit, seperti Mama’s Choice Baby Rash Cream. Sebab kulit bayi masih sangat sensitif dan rentan terkena iritasi, jadi jangan sampai salah kasih krim ya.

Penyebab Bayi Sering Digigit Nyamuk Nakal

Tidak seperti orang dewasa, anak bayi tidak bisa melihat nyamuk lalu menepuk atau mengusirnya. Si Kecil umumnya tidak menyadari kehadiran makhluk kecil penghisap darah itu, apalagi saat tidur dan asik bermain. Karena itulah bayi menjadi sasaran empuk para nyamuk nakal.

Jadi apabila banyak nyamuk di rumah atau halaman Mama, bisa jadi ia akan banyak digigit nyamuk. Mama perlu mewaspadai penyebab-penyebab berikut ini yang membuat nyamuk sering menggigit bayi:

1. Lingkungan yang tidak bersih

Genangan air merupakan tempat nyamuk berkembang biak. Sementara tempat sampah yang terbuka adalah tempat nyamuk berkumpul. Hindari keduanya di rumah ya Ma.

2. Membiarkan area kulit terbuka

Menggunakan pakaian lengan pendek atau celana pendek membuat sebagian area kulit terbuka sehingga dapat mengundang nyamuk. Cegah hal ini dengan memakaikan kelambu atau anti nyamuk yang aman untuk bayi, terutama ketika tidur.

3. Lingkungan yang lembap

Handuk dan pakaian basah serta atap yang bocor bisa meningkatkan kelembapan di ruangan. Sementara nyamuk senang dengan lingkungan yang lembap dan hangat.

4. Makanan yang tidak tertutup

Aroma makanan tertentu juga bisa mengundang nyamuk datang. Maka dari itu, sebisa mungkin tutup makanan saat sedang tidak dimakan ya.

Tips Mencegah Gigitan Nyamuk pada Bayi

Walaupun Si Kecil punya darah manis, solusinya bukan dengan memberikan minuman pahit seperti yang menjadi mitos selama ini ya, Ma. Cara paling manjur adalah dengan mencegah gigitan nyamuk itu sendiri.

Tak hanya bekas yang menghitam, gigitan nyamuk juga bisa membawa penyakit serius, lho. Misalnya virus dengue dari nyamuk Aedes aegypti yang bisa menyebabkan penyakit demam berdarah (DBD). Pasti Mama tidak mau kan anak atau bayi terkena DBD?

Yuk cegah bayi dari gigitan nyamuk dengan beberapa tips mudah berikut ini:

  1. Bersihkan tempat nyamuk berkumpul dan berkembang biak dengan membuang air yang tergenang serta menutup sampah dan bekas makanan.
  2. Pakai kelambu saat Si Kecil tidur dan kenakan pakaian yang tertutup.
  3. Berikan obat atau lotion nyamuk yang aman untuk bayi.

Baca juga: 7 Cara Aman dan Efektif Mencegah Gigitan Nyamuk Pada Anak Bayi

Anti Nyamuk yang Aman untuk Bayi Seperti Apa, sih?

Anti nyamuk adalah cara yang mudah dan praktis untuk mencegah gigitan nyamuk. Tapi Mama perlu tahu bahwa tidak semua produk atau lotion anti nyamuk aman untuk bayi.

Kebanyakan anti nyamuk mengandung bahan kimia berbahaya seperti DEET (diethyltoluamide) untuk mengusir nyamuk. Belum lagi tambahan parfum, paraben, mineral oil, dan alkohol yang bisa mengiritasi kulit sensitif.

Karena itu, sebagai pilihan yang aman, Mama bisa menggunakan Mama’s Choice Baby Mozzbye Skin Protection Lotion. Lotion anti nyamuk ini 100% bebas toksin sehingga aman digunakan pada anak-anak, dan bahkan untuk bayi baru lahir.

Mama's Choice Baby Mozzbye Skin Protection Lotion, Anti Nyamuk untuk Bayi

Dengan bahan alami lavender dan citronella, Mama’s Choice Baby Mozzbye Skin Protection Lotion telah teruji klinis mampu menjauhkan nyamuk nakal selama 8 jam, termasuk nyamuk yang menyebabkan penyakit Demam Berdarah, Malaria, dan Kaki Gajah, lho.

Mama's Choice Baby Mozzbye Skin Protection Lotion, Anti Nyamuk untuk Bayi
Mama’s Choice Baby Mozzbye Skin Protection Lotion Rp 79.000 (Hemat 25%)

Mama's Choice Hair and Body Wash, sampo bayi tidak perih di mata

Bagaimana, sudah tahu kan Ma cara menghilangkan dan mencegah bekas gigitan nyamuk yang menghitam pada bayi? Jangan worry lagi. Pastikan kulit Si Kecil sehat sekaligus bebas dari nyamuk nakal dengan anti nyamuk yang tepat.

Kenali juga gejala penyakit yang ditimbulkan nyamuk, seperti MalariaDemam Berdarah, Cikungunya, dan Kaki Gajah. Jika mengenali tanda-tanda penyakit tersebut, segera hubungi dokter.

Semoga informasi ini bermanfaat ya Ma!

Dapatkan perlindungan menyeluruh dari produk perawatan bayi Mama’s Choice yang Aman, Halal, dan Natural dengan harga spesial di sini!

Mama's Choice Baby Hair and Body Wash, sampo bayi

 

Sumber:

parenting.firstcry.com

babydestination.com

medicinetoday.com.au

derm-hokudai.jp

nakita.grid.id

SHARE THIS POST

Ambar Arum

Ambar Arum

Senang belajar dan berbagi info tentang ibu, anak, dan keluarga. Sebab harta yang paling berharga adalah keluarga. Setuju kan? Semoga bermanfaat ya!

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi & Cara Mengatasi Agar...
Learn more
Card image
Tips Lengkap Pumping ASI: Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more

Your Cart (0)

Close

Add Rp90,000 to earn shipping rebates!

Your cart is empty.

Shop now