Search

Cara Mengatasi Jerawat Saat Hamil & Menghilangkan Bekasnya

Perubahan hormon yang signifikan saat hamil seringkali mengakibatkan timbulnya masalah pada kulit wajah Mama, salah satunya jerawat. Meski membuat gemas, Mama tidak boleh sembarangan memencetnya, ya. Sebab alih-alih menghilangkan bekasnya, cara mengatasi jerawat yang salah saat hamil malah bisa berisiko bagi kandungan.

Berdasarkan Mama’s Choice Online Survey pada April 2020, jerawat merupakan salah satu masalah kulit utama pada ibu hamil, sebagian besar mulai mengalaminya pada trimester 1 atau 2. Peningkatan hormon androgen menyebabkan kelenjar kulit menghasilkan lebih banyak sebum yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan peradangan dan jerawat.

Namun, pada saat usia kehamilan yang relatif muda, kandungan masih sangat rentan dan kulit pun lebih sensitif sehingga Mama perlu sangat berhati-hati dalam memilih perawatan yang aman dan sesuai. Untuk mengatasi jerawat dan menghilangkan bekasnya dengan aman saat hamil, Mama bisa melakukan beberapa cara berikut ini.

Cara Mengatasi Jerawat Saat Hamil dan Menghilangkan Bekasnya

1. Menggunakan cleanser lembut dengan bahan aman

Agar wajah yang berjerawat tidak teriritasi atau semakin meradang, Mama disarankan memakai gentle cleanser atau pembersih wajah yang berbahan lembut. Juga jangan berlebihan saat menggosok kulit wajah dengan sabun.

Selain itu, Mama perlu memastikan bahwa bahan cleanser yang dipakai aman untuk ibu hamil dan cocok untuk semua jenis kulit. Hindari bahan kimia yang berpotensi mengiritasi dan berisiko untuk kandungan, seperti sulfat (SLS/SLES), alkohol, paraben, maupun pewangi buatan.

2. Mencuci rambut secara teratur

Karena wajah saat hamil cenderung lebih berminyak, Mama disarankan mencuci rambut secara teratur agar kotorannya tidak membuat wajah meradang. Jangan lupa untuk selalu menggunakan sampo dan kondisioner yang aman untuk ibu hamil ya, Ma.

3. Hindari pemicu jerawat

Jika wajah Mama mudah berjerawat saat hamil, ada baiknya Mama menghindari skincare berbahan minyak. Pilih kosmetik dan tabir surya berbahan dasar air serta bersifat non-komedogenik.

Selain itu, Mama juga dianjurkan untuk mengurangi gorengan atau makanan manis yang dapat memicu jerawat. Memang hal ini berbeda-beda di setiap individu, namun memperbanyak makanan sehat seperti buah dan sayur adalah pilihan terbaik selama kehamilan.

4. Jangan memencet jerawat

Hindari memencet jerawat yang sedang meradang karena malah dapat menimbulkan luka, infeksi, maupun bekas hitam yang lebih sulit dihilangkan nantinya. Selain itu, hindari menyentuh wajah dengan tangan yang belum dibersihkan, karena akan membuat bakteri mudah menyebar.

5. Memilih masker dengan bahan alami

Tidak semua bahan skincare untuk mengatasi jerawat aman untuk ibu hamil lho. Bahan seperti benzoyl peroxide, retinol, dan salycilic acid yang aman bagi orang dewasa pada umumnya nyatanya tidak dianjurkan untuk ibu hamil karena risiko pada janin belum dapat dipastikan.

Sebagai alternatif, Mama dapat memilih bahan alami yang aman dan sama efektifnya untuk menghilangkan jerawat saat hamil, seperti Tea Tree. Lengkapi perawatan wajah berminyak dan berjerawat selama hamil dengan memakai masker berbahan dasar Tea Tree secara rutin.

Baca juga: Ini Kriteria Masker Wajah yang Aman untuk Ibu Hamil

Pilihan Masker Berbahan Tea Tree yang Aman untuk Ibu Hamil

Bagi Mama yang membutuhkan perawatan kulit berjerawat secara menyeluruh selama hamil, kini bisa tenang karena telah hadir Mama’s Choice Soothing Protective Sheet Mask!

Masker ini merupakan inovasi sheet mask lokal pertama yang diformulasikan aman untuk ibu hamil dan menyusui dengan kulit berminyak dan berjerawat. Sangat cocok dipakai oleh pemilik kulit sensitif karena masker ini 100% bebas bahan iritan seperti alkohol, paraben, maupun pewangi buatan (parfum).

Mama's Choice Sheet Mask aman untuk ibu hamil
Mama’s Choice Soothing Protective Sheet Mask 3pcs Rp 59.000 (Hemat 32%)

Konsentrat Tea Tree di dalamnya akan membantu mengurangi minyak berlebih pada wajah, dan berperan sebagai antibakteri untuk meredakan jerawat. Selain itu, masker ini juga diperkaya dengan timun yang telah terkenal akan khasiatnya menenangkan peradangan pada wajah.

cara mengatasi jerawat dan menghilangkan bekasnya saat hamil
foto: Mama @al_uswa

Untuk hasil terbaik, Mama disarankan menggunakan masker ini bersama dengan rangkaian perawatan wajah lainnya dari Mama’s Choice dengan langkah sebagai berikut:

  1. Bersihkan wajah dengan Mama’s Choice Face Wash.
  2. Pakai sheet mask dan diamkan selama 15-20 menit. Setelah itu lepaskan masker dan pijat lembut serum yang tersisa agar meresap sempurna ke dalam kulit.
  3. Saat wajah sudah kering, sempurnakan dengan Mama’s Choice Daily Protection Face Moisturizer SPF 20 PA ++

Hasilnya, wajah segar, kenyal dan glowing!

Mama’s Choice Glowing Skin Complete Set Rp 209.000 (Hemat 39%)

Demikian cara mengatasi jerawat dan menghilangkan bekasnya saat hamil. Untuk perawatan wajah yang aman selama hamil, percayakan kepada Mama’s Choice yang aman, halal, dan natural!

Selain Mama’s Choice Soothing Protective Sheet Mask, juga tersedia varian Revitalizing Sheet Mask dengan madu dan centella asiatica untuk mengatasi masalah kulit kusam dan kering.

Tunggu apa lagi? Coba dan beli paketnya sekarang, dapatkan harga promo dan free scrunchie cantik!

Cara Mengatasi Jerawat Saat Hamil & Menghilangkan Bekasnya

Artikel terkait: 5 Manfaat Timun untuk Kecantikan Kulit Wajah

 

Sumber:

Mayoclinic.org

Whattoexpect.com

Mommyasia.id

SHARE THIS POST

Maureen

Menjadi orang tua milenial bagaikan dua sisi mata uang: menyenangkan sekaligus penuh tantangan. I mean, juggling between the career and family is never easy, right? Tapi, kata menyerah tidak ada dalam kamus kita! Mari bersama terus belajar memberi yang terbaik untuk keluarga & buah hati ❤

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi & Cara Mengatasi Agar...
Learn more
Card image
Tips Lengkap Pumping ASI: Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more

Your Cart (0)

Close

Add Rp90,000 to earn shipping rebates!

Mini Cart

Your cart is empty.

Shop now