Search

Buah yang Bagus untuk MPASI 6 Bulan Plus Resepnya

Selamat Ma, Si Kecil sudah memasuki bulan yang ke 6! Jadi sudah saatnya Mama mulai memberikan buah untuk MPASI 6 bulan. Ada banyak sekali pilihan buah untuk MPASI. Tetapi tentunya Mama ingin memberikan buah yang bagus untuk MPASI. Apa saja buahnya? Yuk simak artikel ini ya Ma!

Buah Terbaik untuk MPASI 6 Bulan Beserta Resepnya

Memasuki usia 6 bulan, Si Kecil sudah siap untuk mengonsumsi makanan padat. Ketentuan ini berdasarkan rekomendasi dari American Academy of Pediatrics yang juga disetujui oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Sebab Si Kecil membutuhkan tambahan gizi untuk mendukung tumbuh kembangnya selain dari ASI.

Buah-buahan termasuk makanan terbaik yang bisa Mama olah menjadi MPASI. Sebab buah yang Mama jadikan MPASI lebih mudah disiapkan serta kaya akan vitamin serta nutrisi lainnya.  Berikut ini ada beberapa pilihan buah yang bagus untuk dijadikan MPASI 6 bulan beserta resepnya.

1. Apel

buah untuk mpasi 6 bulan

Apel manis sangat bagus untuk MPASI awal bagi Si Kecil. Buah ini mudah dicerna dan tidak menyebabkan alergi. Pertama-tama, Mama perlu menyiapkan ½ apel, kupas, dan cuci. Lalu masak apel dengan cara dikukus menggunakan steamer atau masak menggunakan metode tim. 

Kemudian haluskan apel menggunakan food processor atau garpu. Mama bisa menambahkan ASI dan sejumput kayu manis untuk menambah aroma.

2. Pisang

MPASI buah pisang juga baik untuk Mama berikan pada anak usia 6 bulan. Penyajian MPASI pisang sangat mudah karena Mama tidak perlu memasaknya. Selain itu buah pisang memiliki jumlah energi yang besar untuk dukung pertumbuhan Si Kecil.

Ambil 1 buah pisang matang, kupas dan potong kecil-kecil. Haluskan pisang, kemudian tambahkan sedikit ASI atau air untuk membuat tekstur MPASI menjadi encer. Segera sajikan MPASI pada bayi Mama.

3. Alpukat

buah untuk mpasi 6 bulan

Alpukat merupakan buah yang menjadi sumber lemak tidak jenuh yang baik untuk kesehatan. Selain itu, alpukat juga mengandung vitamin E yang dibutuhkan bayi dalam mendukung perkembangannya.

Mama dapat mengolah ½ buah alpukat matang, kupas dan buang bijinya. Kemudian ambil daging buah alpukat dan haluskan menggunakan garpu, blender, atau food processor. MPASI alpukat yang lezat siap disajikan untuk Si Kecil.

4. Persik

Buah persik mengandung beta-karoten dan potasium yang sangat melimpah Ma. Kedua nutrisi ini sangat bagus untuk mendukung pertumbuhan bayi kecil Anda. Mama dapat mengolah 2 buah persik matang untuk dijadikan MPASI. 

Sebelumnya cuci bersih buah persik, kemudian rebus air dan masak buah persik selama beberapa waktu. Angkat, lalu rendam dengan air dingin. Kupas kulitnya, iris, dan haluskan buah persik. Tambahkan sedikit air untuk membuat teksturnya menjadi lebih encer, dan sajikan.

5. Kiwi, buah untuk mpasi 6 bulan

Kiwi kaya akan serat, vitamin A, dan vitamin C. Mama bisa memberikan MPASI buah kiwi untuk bayi 6 bulan. Ambil 1 buah kiwi, kupas, dan haluskan. MPASI buah kiwi pun siap untuk disajikan pada Si Kecil tanpa perlu dimasak atau dibuang bijinya.

Namun karena memiliki rasa asam, terkadang kiwi dapat menyebabkan alergi pada anak. Maka Mama perlu memperhatikan tanda-tanda alergi atau melakukan konsultasi dengan dokter.

6. Pepaya

buah untuk mpasi 6 bulan

Buah selanjutnya yang dapat dijadikan MPASI adalah pepaya. Buah ini memiliki rasa manis yang alami. Belum lagi kandungan folat, serat, vitamin A, C, dan E di dalam pepaya yang cukup tinggi. 

Mama dapat memilih pepaya matang dengan warna oranye. Cuci pepaya dengan menggunakan campuran cuka dan air untuk menghilangkan bakteri. Bilas dengan menggunakan air bersih mengalir lalu keringkan. 

Selanjutnya kupas dan potong pepaya, hilangkan bijinya, lalu cuci kembali. Potong-potong pepaya, haluskan, dan jadilah MPASI pepaya. Mama dapat menambahkan air untuk membuat MPASI dengan tekstur kekentalan yang diinginkan.

7. Jambu biji

Jambu biji kaya akan vitamin C yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Si Kecil. Kandungan serat dalam buah jambu biji juga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan bayi. 

Olah 1 buah jambu biji matang, potong menjadi 2 bagian, dan buang bijinya menggunakan sendok. Potong daging buah jambu biji menjadi kecil-kecil, lalu masak dengan direbus menggunakan sedikit air. Jika sudah matang, haluskan jambu biji dan tambahkan air jika diinginkan. MPASI jambu biji siap disantap Si Kecil.

8. Kurma

Kurma bisa melancarkan ASI karena dapat meningkatkan hormon oksitosin, lho!

Terakhir ada kurma yang merupakan buah yang kaya akan gizi. Namun MPASI kurma sebaiknya dijadikan sebagai tambahan atau campuran makanan Si Kecil. 

Ambil 15-20 kurma tanpa biji, masak pada panci dengan air secukupnya. Setelah mendidih, dinginkan lalu saring untuk mendapatkan sari yang halus. Panaskan kembali hingga MPASI mengental. Dinginkan kembali, lalu simpan ke dalam wadah kedap udara agar kurma dapat bertahan hingga seminggu atau lebih.

Baca juga: Yuk Cek Mitos & Fakta MPASI Bayi ini, Mama Wajib Tahu!

Solusi Menyiapkan MPASI Si Kecil dengan Praktis

Ma, melakukan pekerjaan rumah sekaligus mengurus Si Kecil bukanlah hal yang mudah. Untuk memudahkan Mama dalam menyiapkan MPASI Si Kecil, kini telah hadir Mama’s Choice Baby Food Maker. Alat dengan fungsi 4 in 1 ini dapat membantu mengukus maupun mencampurkan buah yang akan diberikan kepada Si Kecil dengan praktis.

baby food maker mama's choice
Diskon 25% untuk Baby Food Maker! | Rp 889.000 Rp 1.190.000

Selain itu, Mama’s Choice Baby Food Maker juga dapat menghangatkan ASI dan mensterilisasi alat makan Si Kecil lho, Ma! Semua fitur ini dapat Mama operasikan dengan mudah melalui panel kontrol layar sentuh.

Mama juga tidak perlu khawatir karena alat ini dapat bekerja dengan daya rendah yaitu 300 watt untuk memansakan dan 130 watt untuk menghaluskan. Sekarang mengolah MPASI jadi makin mudah dan menyenangkan bukan? Yuk, langsung coba membuat MPASI sup jagung manis tahu di rumah untuk Si Kecil dengan Mama’s Choice Baby Food Maker!

Klik banner di bawah ini untuk cek dan belanja produk berkualitas dengan harga spesial!

Artikel terkait: Cara Menghangatkan MPASI dari Kulkas

Sumber:

momjunction.com

nhs.uk

healthline.com

SHARE THIS POST

Annisa Nur Fitriani

Seorang perempuan yang menyukai beragam proses belajar, mulai dari mendengar, mengamati, dan menulis. Baginya, semua tempat adalah sekolah, dan semua Mama adalah guru yang berharga.

COMMENTS

0 Comments
Leave a comment

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi & Cara Mengatasi Agar...
Learn more
Card image
Tips Lengkap Pumping ASI: Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more

Your Cart (0)

Close

Belanja Rp90,000 lagi untuk dapat free ongkir!

Mini Cart

Your cart is empty.

Shop now