Gigi Lebih Sensitif, Kapan Sebaiknya Ibu Hamil Ke Dokter Gigi?

Mari kita jawab pertanyaan ini. Bolehkah ibu hamil ke dokter gigi? Apa saja tindakan yang diperbolehkan? Kapan sebaiknya ibu hamil memeriksakan kondisi giginya ke dokter gigi?

Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) justru menyarankan ibu hamil wajib memeriksakan kesehatan gigi dan mulut seawal mungkin setelah dipastikan positif hamil.

Beberapa poin yang dihimbau oleh PDGI untuk kesehatan gigi dan mulut ibu hamil antara lain:

  • Perawatan gigi dan mulut harus dilakukan secara rutin selama kehamilan, sekurang-kurangnya pada trimester pertama dan trimester kedua.
  • Jangan ke dokter gigi jika hanya ada keluhan. Kunjungi dokter gigi secara berkala setidaknya setiap 6 bulan sekali. Ini adalah anjuran PDGI bagi setiap orang tanpa terkecuali.
  • Sebelum ke dokter gigi, pastikan Mama telah mendapatkan rekomendasi dari dokter kandungan atau bidan.
  • Jika mengalami sakit gigi dan masalah gusi, ibu hamil dilarang mengkonsumsi obat-obatan bebas tanpa resep dokter.
  • Tindakan pembedahan atau pengobatan gigi, harus dilakukan sesuai dengan saran dokter.

Sesuai dengan diagnosa dan kondisi, dokter gigi nantinya akan menyarankan kapan waktu Mama untuk kontrol kembali. Pengobatan dapat diberikan sepanjang usia kehamilan, dengan periode waktu yang ideal adalah pada minggu ke-14 dan minggu ke-20 kehamilan.

ibu hamil tidak boleh cabut gigi

Jika kondisi gigi Mama memerlukan tindakan seperti penambalan dan pencabutan gigi, dokter gigi akan menindaknya setelah melahirkan. Hal ini dilakukan untuk menghindari risiko buruk cabut gigi saat hamil seperti kelahiran prematur, cacat lahir, bayi lahir dengan berat badan rendah, dan keguguran.

Pastikan penanganan dan perawatan gigi saat hamil sudah tepat

Ibu hamil memiliki risiko gigi sensitif dan bermasalah dua kali lipat daripada saat tidak hamil. Selain hormon, faktor penyebab lainnya adalah bakteri dan kurangnya asupan kalsium. Gusi bengkak dan berdarah, sakit gigi, hipersaliva atau terlalu banyak air liur, dan gigi berlubang adalah yang paling sering terjadi selama kehamilan.

Jangan sampai, Mama salah kaprah dalam menanganinya. Memperingati Hari Kesehatan Gigi Nasional yang jatuh pada 12 September Mama’s Choice mengajak Mama untuk merawat kesehatan gigi dan mulut dengan cara yang tepat. Diantaranya dengan:

  • Menjaga konsumsi makanan sehari-hari
  • Menyikat gigi minimal 2 kali dalam sehari
  • Menggunakan obat kumur untuk mencegah bakteri dan mengurangi mual, serta
  • Memilih produk perawatan gigi yang aman untuk kehamilan dan kesehatan kandungan

Pertama di Indonesia! Mama’s Choice Toothpaste hadir sebagai produk perawatan gigi dan mulut untuk ibu hamil dan menyusui.

Pasta Gigi Mama's Choice

Mama’s Choice Toothpaste | Rp. 38,200,- dari harga normal Rp. 49,000,- (diskon 20%)

Dibuat dengan formula aman tanpa fluoride, tanpa triclosan, tanpa SLS, dan tanpa pewarna buatan, sehingga tidak akan mengganggu perkembangan janin di dalam kandungan. Pasta gigi aman ini juga diperkaya dengan bahan-bahan natural terpilih yang telah teruji klinis bermanfaat untuk kesehatan gigi dan mulut. Pasta gigi siwak ini juga telah tersertifikasi halal oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Klik  di sini untuk ambil promonya, Ma! Yuk, beli sekarang sebelum masa promosi berakhir. Selamat membuktikan khasiat dan formula aman Mama’s Choice 🙂

SHARE THIS POST

Tya

Tya

Gemar menulis dan bercerita. Membagikan kisah, pengalaman dan inspirasi melalui kata-kata. Perempuan yang terlihat melodrama, tapi suka tertawa. Sedang bersiap-siap menanti kehadiran si kecil dalam hidupnya. Agar semakin menyenangkan, berceritalah ia. Di sini.

Featured Article
Card image
9 Manfaat Siwak dalam Pasta Gigi, Ternyata Seefektif...
Learn more
Card image
Perut Kencang Saat Hamil, Pertanda Apa?
Learn more
Card image
Gigi Lebih Sensitif, Kapan Sebaiknya Ibu Hamil Ke...
Learn more
Card image
Agar Bayi Tak Tersedak, Lakukan 6 Posisi Menyusui yang...
Learn more