Search

Jangan Keliru, White Cast pada Sunscreen Justru Ada Manfaatnya!

Apakah Mama pernah menemukan atau menggunakan sunscreen, yang setelah mengaplikasikan produknya malah menimbulkan efek putih pada kulit? Mama nggak usah khawatir, karena efek white cast tersebut hanyalah efek sementara dan tidak akan menimbulkan efek samping yang berbahaya pada kulit. Nah, untuk mengetahui lebih jauh tentang white cast pada sunscreen, yuk simak ulasannya berikut ini.

Kenapa Sunscreen Menimbulkan Efek White Cast pada Kulit?

Menurut seorang pakar dermatologi asal New York, Amerika Serikat, Dr. Michelle Henry, efek white cast terjadi karena disebabkan oleh kandungan berwarna putih, yaitu titanium dioxide dan zinc oxide yang terdapat di dalam sunscreen.

Kedua jenis kandungan tersebut berguna untuk mencegah kerusakan akibat sinar matahari yang berbahaya, dengan tetap berada di permukaan kulit, yang akhirnya menimbulkan efek putih di permukaan kulit kita.

Alih-alih berbahaya, efek white cast yang disebabkan oleh kedua jenis kandungan tersebut ternyata memiliki beberapa manfaat lho, Ma, yaitu:

  • Sunscreen yang memiliki efek white cast tidak akan menyerap ke dalam kulit, sehingga kecil kemungkinannya untuk menimbulkan reaksi pada kulit.
  • Dapat menjadi alternatif perlindungan dengan spektrum lebih luas, dimana dapat mencegah kerusakan jangka pendek dan jangka panjang, seperti penuaan akibat radiasi dari sinar UV yang berbahaya, terutama UVA dan UVB.
  • Tidak mudah larut di dalam air dan pelarut organik lainnya. Hal ini terjadi karena kandungan titanium dioxide dan zinc oxide yang menimbulkan efek white cast memiliki pigmen berwarna putih yang padat. Sehingga, produk sunscreen akan tetap bertahan dan berada di permukaan kulit meskipun terkena air.

Jenis Sunscreen Seperti Apa yang akan Lebih Menimbulkan Efek White Cast pada Kulit?

Jenis sunscreen yang paling umum dan banyak beredar di pasaran itu sendiri ada dua jenis, yaitu Chemical Sunscreen dan Mineral (Physical) Sunscreen. Meskipun keduanya sama-sama digunakan untuk melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya, namun keduanya tentu akan memiliki beberapa perbedaan penting. Berikut penjelasannya.

1. Chemical Sunscreen

Menurut seorang pakar dermatologi asal Augusta, Georgia, Dr. Lauren Ploch, MD, Chemical Sunscreen adalah jenis sunscreen yang melindungi kulit dari paparan sinar matahari dengan cara menyerap sinar UV masuk ke dalam kulit.

Setelah cahaya terserap ke dalam kulit, bahan kimia yang ada di dalam jenis sunscreen ini (seperti: oxybenzone, avobenzone, octisalate, octocrylene, homosalate, dan octinoxate) kemudian akan membuat reaksi kimia dan mengubah sinar UV menjadi panas, agar tidak masuk ke dalam lapisan kulit lebih dalam.

Cara Kerja Chemical Sunscreen pada Kulit

Untuk Mama yang tidak suka dengan efek white cast setelah penggunaan sunscreen, Mama bisa menggunakan jenis sunscreen yang satu ini, karena jenis sunscreen ini cenderung lebih mudah dioleskan ke kulit tanpa meninggalkan efek white cast sama sekali.

Tapi sebelum itu, Mama juga perlu tahu bahwa chemical sunscreen ternyata dapat menyebabkan reaksi kulit pada orang-orang tertentu lho. Bahkan Dr. Ploch juga mengatakan bahwa chemical sunscreen dapat menyebabkan reaksi alergi pada orang dengan kulit sensitif, dan memperburuk melasma dan rosacea.

2. Mineral Sunscreen

Menurut seorang pakar asal New York, Amerika Serikat, Dr. Jennifer L. MacGregor, MD, Mineral Sunscreen atau yang bisa disebut juga dengan Physical Sunscreen adalah jenis sunscreen yang melindungi kulit dari paparan sinar matahari dengan cara memantulkan kembali paparan sinar UV yang terkena kulit.

Pemantulan atau pembelokkan sinar UV tersebut bisa terjadi karena di dalam jenis sunscreen ini terdapat kandungan titanium dioxide dan zinc oxide berwarna putih yang bekerja sebagai perisai, yang akan melindungi kulit dari paparan sinar UV dengan tetap berada di atas permukaan kulit dan mencegahnya menembus ke dalam kulit.

Cara Kerja Mineral Sunscreen pada Kulit

Nah, karena terdapat kedua kandungan tersebut, seperti yang sudah Admin jelaskan sebelumnya, mineral sunscreen tentu akan meninggalkan efek white cast pada kulit. Namun meskipun begitu, sunscreen jenis ini sangat cocok digunakan oleh mereka yang memiliki kulit sensitif, termasuk bayi dan anak-anak.

Selain itu, cara kerja mineral sunscreen pun jauh lebih cepat daripada chemical sunscreen yang harus menunggu sekitar 15 menit untuk melindungi kulit secara menyeluruh. Hal ini tentu akan memudahkan Mama dan Si Kecil yang ingin segera pergi keluar rumah tanpa perlu menunggu terlebih dahulu.


Baca juga: Pentingnya Sunscreen untuk Bayi dan Anak-Anak!


Sunscreen yang Aman dan Efektif Digunakan untuk Kulit

Meskipun sampai saat ini belum ada penelitian yang menemukan bahwa terdapat kandungan berbahaya dan tidak aman di dalam produk sunscreen, namun beberapa ahli dan organisasi dermatologi, menganjurkan untuk tidak menggunakan chemical sunscreen dengan kandungan oxybenzone di dalamnya.

“Hindari produk chemical sunscreen yang mengandung bahan oxybenzone karena khawatir dapat mengganggu hormon dan menyebabkan reaksi alergi pada kulit” – The Environmental Working Group (EWG)

Sejalan dengan hal tersebut, mereka lebih menganjurkan kita untuk menggunakan mineral sunscreen, karena kandungan titanium dioxide dan zinc oxide yang ada di dalam sunscreen merupakan senyawa paling sehat yang terbukti aman dan efektif digunakan oleh mereka yang memiliki kulit sensitif, seperti bayi, anak-anak, dan ibu hamil.

“Dari 16 bahan aktif yang dipasarkan saat ini, dua bahan diantaranya, zinc oxide dan titanium dioxide adalah aman dan efektif (GRASE) untuk digunakan dalam produk sunscreen” – The United States Food and Drug Administration (FDA)

Pengaplikasian mineral sunscreen terhadap kulit bayi itu sendiri, menurut Skin Cancer Foundation, orang tua sudah dapat memperkenalkan sunscreen kepada bayi ketika usia mereka telah menginjak usia 6 bulan.

Salah satu mineral sunscreen yang dapat menjadi pilihan Mama untuk diberikan kepada Si Kecil adalah Mama’s Choice Baby Gentle Sunscreen.

Mama's Choice Baby Gentle Sunscreen
Diskon 38% untuk Mama’s Choice Baby Gentle Sunscreen | Rp 159.000 Rp 99.000

Selain mengandung SPF 30 PA++ yang dapat melindungi kulit sensitif Si Kecil dari paparan sinar UVA dan UVB yang berbahaya, Mama’s Choice Baby Gentle Sunscreen juga mengandung 3 bahan alami tambahan seperti:

  • Kelapa, sebagai perisai yang melindungi kulit bayi dari efek iritasi dan mencegah kulit terbakar karena sinar UV.
  • Alpukat, kandungan antioksidan dan vitamin yang ada di dalamnya dapat membantu menutrisi sekaligus melindungi kulit dari radikal bebas.
  • Aloe Vera, membantu melembabkan kulit bayi sekaligus menenangkan kulit.

Dengan kandungan SPF 30 PA++ dan tiga bahan alami lainnya, sunscreen ini terbukti aman dan efektif untuk melindungi kulit sensitif Si Kecil tanpa menimbulkan efek berminyak pada kulit. Bahkan 9 dari 10 bayi Indonesia juga sudah merasakan manfaatnya lho, Ma!

Selain menyediakan mineral sunscreen untuk Si Kecil, Mama’s Choice juga menyediakan mineral sunscreen untuk Mama juga lho, yakni Mama’s Choice Daily Protection Face Moisturizer.

Mama’s Choice Daily Protection Face Moisturizer
Diskon spesial 29% untuk Mama’s Choice Daily Protection Face Moisturizer | Rp 139.000 Rp99,000

Memiliki kandungan SPF 20 PA++ dengan rice extract dan hyaluronic acid, pelembab sekaligus mineral sunscreen ini dapat melindungi dan menutrisi segala jenis permasalahan kulit wajah Mama yang rusak akibat sinar UVA/UVB. Mulai dari tanda-tanda penuaan, kulit kusam dan kering, serta tekstur dan warna kulit tidak merata.

Selain itu, semua produk Mama’S Choice, baik itu Mama’s Choice Daily Protection Face Moisturizer maupun Mama’s Choice Baby Gentle Sunscreen dijamin aman dan bebas dari kandungan berbahaya, seperti alkohol dan paraben karena telah teruji secara dermatologi dan hypoallergenic.

Semua keunggulan ini menjadikan kedua produk sunscreen Mama’s Choice ini wajib banget untuk Mama dan Si Kecil coba. Jadi, yuk, segera lindungi kulit Si Kecil dari kerusakan akibat sinar UV yang berbahaya dengan Baby Gentle Sunscreen dan dapatkan kulit glowing luar dalam dengan Daily Protection Face Moisturizer dari Mama’s Choice!


Baca juga: 5 Alasan Mengapa Mineral Sunscreen Lebih Aman untuk Ibu Hamil


Nah, itulah beberapa manfaat dan penyebab white cast, jenis-jenis sunscreen serta cara kerjanya. Semoga artikel ini dapat membantu Mama untuk lebih memahami kandungan sunscreen apa saja yang aman dan tidak aman digunakan oleh Mama dan Si Kecil ya!

Jangan lupa untuk ikuti promo-promo menarik lainnya di Mama’s Choice, karena ada banyak sekali diskon dan penawaran spesial yang sangat sayang untuk Mama lewatkan. Klik gambar di bawah ini untuk cek promonya!

Baby Gentle Sunscreen

Sumber:

Denton-Hurst, T. (2021, September 29). How to Avoid White Cast From Sunscreen. Skincare.com. Retrieved October 27, 2022, from https://www.skincare.com/product-picks/eye-treatment/how-to-minimize-white-cast-in-mineral-sunscreen

Sunscreen: why the white cast is a good thing. (2020, June 3). Amanvida. Retrieved October 27, 2022, from https://www.amanvida.eu/en/blog/post/sunscreen:-why-the-white-cast-is-a-good-thing

Jonuarti, R., Kencana Wungu, T. D., Haryanto, F., & Suprijadi. (2019, January 1). Gel Tabir Surya Berbahan Aktif Titanium Dioksida Dengan Beberapa Variasi Perbandingan Konsentrasi dalam Carbopol (1% b/b). Prosiding Seminar Nasional Fisika. Retrieved October 27, 2022, from http://proceedings.upi.edu/index.php/sinafi/article/view/827

Bedosky, L., & Radusky, R. (2021, July 21). Chemical vs. Mineral Sunscreen: What’s the Difference? Everyday Health. Retrieved October 28, 2022, from https://www.everydayhealth.com/skin-beauty/chemical-vs-mineral-sunscreen-whats-difference/

Paull, R. (2022, June 9). Breaking Down the Differences Between Mineral, Chemical, and Hybrid Sunscreens. Center For Dermatology & Laser Skin Surgery. Retrieved October 28, 2022, from https://www.centerfordermatologyandlaserskinsurgery.com/skin-care/mineral-chemical-hybrid-sunscreens/

Venosa, A. (2020, April 24). Bringing up a Sun Safe Baby. The Skin Cancer Foundation. Retrieved October 28, 2022, from https://www.skincancer.org/blog/bringing-up-a-sun-safe-baby/

Ikha Destryani

Seorang fresh graduate yang senang berbagi ilmu dan pengetahuan kepada orang lain. Baginya, menjadi orang pertama yang mendapatkan informasi, sekaligus mendapat kesempatan untuk membaginya kepada orang lain merupakan suatu hal yang membanggakan.

COMMENTS

0 Comments
Leave a comment

Keranjang Anda (0)

Close

Belanja Rp90,000 lagi untuk dapat free ongkir!

Mini Cart

Keranjang belanja Anda kosong.

Shop now