Search

Jangan Keliru! Ini 3 Manfaat White Cast Mama Harus Tau.

Apakah kamu pernah menemukan atau menggunakan sunscreen, yang setelah mengaplikasikan produknya malah menimbulkan efek putih pada kulit? Gak usah khawatir, karena efek white cast adalah efek sementara dan tidak akan menimbulkan efek samping yang berbahaya pada kulit. Nah, untuk mengetahui lebih jauh tentang white cast pada sunscreen, yuk simak ulasannya berikut ini.

White Cast adalah…

white cast pada ibu hamil

White cast adalah efek samping yang disebabkan oleh penggunaan tabir surya atau sunscreen pada kulit orang-orang yang memiliki warna lebih gelap. Meskipun begitu, kamu nggak usah khawatir, karena white cast ini hanyalah efek sementara dan tidak akan menimbulkan efek jangka panjang yang berbahaya pada kesehatan kulit.

Kenapa Sunscreen Menimbulkan Efek White Cast pada Kulit?

Menurut seorang pakar dermatologi asal New York, Amerika Serikat, Dr. Michelle Henry, efek white cast terjadi karena disebabkan oleh kandungan berwarna putih yang ada di dalam sunscreen, yaitu titanium dioxide dan zinc oxide. Kedua jenis kandungan tersebut berguna untuk mencegah kerusakan akibat sinar matahari yang berbahaya, dengan tetap berada di permukaan kulit.

Terdapat dua jenis sunscreen yang paling umum dan banyak beredar di pasaran itu sendiri ada dua jenis, yaitu:

1. Chemical Sunscreen

Chemical Sunscreen adalah jenis sunscreen yang melindungi kulit dari paparan sinar matahari dengan cara menyerap sinar UV masuk ke dalam kulit dan mengubahnya menjadi panas, sehingga tidak merusak lapisan kulit lebih dalam.

whitecast adalah efek samping mineral sunscreen

2. Mineral (Physical) Sunscreen

Sedangkan Mineral Sunscreen atau Physical Sunscreen adalah jenis sunscreen yang melindungi kulit dari paparan sinar matahari dengan cara memantulkan kembali paparan sinar UV agar tidak menembus ke dalam kulit.

Karena pemantulan atau pembelokan itulah, mineral sunscreen menimbulkan efek white cast pada kulit. Namun kamu nggak usah khawatir, karena sunscreen jenis ini nyatanya sangat cocok digunakan oleh mereka yang memiliki kulit sensitif lho, termasuk bayi dan anak-anak.

Selain itu, cara kerja mineral sunscreen pun jauh lebih cepat daripada chemical sunscreen yang harus menunggu sekitar 20–30 menit untuk melindungi kulit secara menyeluruh. Hal ini tentu akan memudahkan kamu yang ingin segera pergi keluar rumah tanpa perlu menunggu terlebih dahulu.

Baca juga: Pentingnya Sunscreen untuk Bayi dan Anak-Anak!

Manfaat White Cast untuk Melindungi Kulit

Alih-alih berbahaya, efek white cast yang disebabkan oleh titanium dioxide dan zinc oxide ternyata memiliki beberapa manfaat lho, Ma, yaitu:

  • Sunscreen yang memiliki efek white cast tidak akan menyerap ke dalam kulit, sehingga kecil kemungkinannya untuk menimbulkan reaksi pada kulit.
  • Dapat menjadi alternatif perlindungan dengan spektrum lebih luas, dimana dapat mencegah kerusakan jangka pendek dan jangka panjang, seperti penuaan akibat radiasi dari sinar UV yang berbahaya, terutama UVA dan UVB.
  • Tidak mudah larut di dalam air dan pelarut organik lainnya. Hal ini terjadi karena kandungan titanium dioxide dan zinc oxide yang menimbulkan efek white cast memiliki pigmen berwarna putih yang padat. Sehingga, produk sunscreen akan tetap bertahan dan berada di permukaan kulit meskipun terkena air.

Bagaimana Cara Mengatasi White Cast

Penting untuk selalu menggunakan sunscreen kapanpun dan dimanapun, agar kulit tetap sehat dan terhindar dari kerusakan yang disebabkan sinar UVA/UVB. Namun, karena efek white cast yang ditimbulkan oleh kebanyakan sunscreen membuat tampilan menjadi tidak menarik, banyak orang yang memilih untuk melewatkan penggunaannya. Jangan ditiru ya Ma!

Menghindari efek white cast dengan melewatkan penggunaan sunscreen bukanlah opsi terbaik yang dapat kamu gunakan. Alih-alih menghindarinya, alangkah baiknya kamu gunakan beberapa cara di bawah ini untuk mengatasi efek white cast pada kulit.

  • Aplikasikan produk sunscreen secukupnya pada area wajah dan leher sedikit demi sedikit. Ini dilakukan agar produk sunscreen dapat menjangkau seluruh area kulit dan tidak mengalami penumpukkan.
  • Saat mengaplikasikan produk, alangkah baiknya kamu tepuk-tepuk area wajah dan leher secara perlahan agar sunscreen dapat terserap dengan baik ke dalam kulit. Cara ini terbukti ampuh dapat mengurangi efek white cast pada kulit.
  • Gunakan moisturizer atau krim pelembab sebelum mengaplikasikan produk sunscreen pada kulit, agar produk sunscreen dapat menyerap lebih rata dan menciptakan tampilan yang lebih baik pada area kulit.

Gunakan Sunscreen Aman dan Terbukti Efektif

Meskipun belum ada penelitian yang menemukan bahwa terdapat kandungan berbahaya dan tidak aman di dalam produk sunscreen. Namun, beberapa ahli dan organisasi dermatologi, menganjurkan untuk tidak menggunakan chemical sunscreen dengan kandungan oxybenzone di dalamnya karena khawatir dapat mengganggu hormon dan menyebabkan reaksi alergi pada kulit.

Sejalan dengan hal tersebut, mereka lebih menganjurkan kita untuk menggunakan mineral sunscreen, karena kandungan titanium dioxide dan zinc oxide yang ada didalamnya merupakan senyawa paling sehat yang terbukti aman dan efektif digunakan oleh mereka yang memiliki kulit sensitif, seperti bayi, anak-anak, dan ibu hamil.

“Dari 16 bahan aktif yang dipasarkan saat ini, dua bahan diantaranya, zinc oxide dan titanium dioxide adalah aman dan efektif (GRASE) untuk digunakan dalam produk sunscreen” – The United States Food and Drug Administration (FDA)

Salah satu mineral sunscreen yang sudah pasti 0% bahan kimia adalah Mama’s Choice Gentle Sunscreen.

Mama's Choice Baby Gentle Sunscreen
Disc 38% untuk Mama’s Choice Gentle Sunscreen | Rp 99.000 Rp 159.000

Selain mengandung SPF 30 PA++ broad spectrum yang dapat melindungi kulit sensitif dari paparan sinar UVA dan UVB yang berbahaya, Mama’s Choice  Gentle Sunscreen juga mengandung 3 bahan alami tambahan seperti:

  • Kelapa, berfungsi sebagai perisai yang melindungi kulit bayi dari efek iritasi dan mencegah kulit terbakar karena sinar UV.
  • Alpukat, kandungan antioksidan dan vitamin yang ada di dalamnya dapat membantu menutrisi sekaligus melindungi kulit dari radikal bebas.
  • Aloe Vera, membantu melembabkan kulit bayi sekaligus menenangkan kulit.

Luar biasanya, Mama’s Choice Gentle Sunscreen juga sudah teruji 80 menit water resistant sehingga dapat bekerja dan melekat pada kulit yang basah. Cocok banget untuk kamu yang aktif berkegiatan!

Testimoni penggunaan baby gentle sunscreen mama's choice
Diformulasikan untuk bayi, Mama’s Choice Gentle Sunscreen sudah pasti aman digunakan untuk segala usia. Mulai dari bayi, remaja, hingga dewasa!

Dengan kandungan SPF 30 PA++ dan tiga bahan alami lainnya, sunscreen ini terbukti aman dan efektif untuk melindungi kulit sensitif tanpa menimbulkan efek berminyak pada kulit.

Mama’s Choice juga menyediakan pelembab yang sudah dilengkapi mineral sunscreen lho, yakni Mama’s Choice Daily Protection Face Moisturizer!

Mama’s Choice Daily Protection Face Moisturizer
Disc 29% untuk Mama’s Choice Daily Protection Face Moisturizer | Rp 99.000 Rp 139.000

Memiliki kandungan SPF 20 PA++ dengan rice extract dan hyaluronic acid, pelembab sekaligus mineral sunscreen ini dapat melindungi dan menutrisi segala jenis permasalahan kulit wajah kamu yang rusak akibat sinar UVA/UVB. Mulai dari tanda-tanda penuaan, kulit kusam dan kering, serta tekstur dan warna kulit tidak merata.

Selain itu, semua produk Mama’s Choice, baik itu Mama’s Choice Daily Protection Face Moisturizer maupun Mama’s Choice Gentle Sunscreen adalah sunscreen yang tidak bikin kusam dan lengket, dan pastinya bebas dari bahan berbahaya seperti alkohol dan paraben karena telah teruji secara dermatologi dan hypoallergenic.

Semua keunggulan ini menjadikan kedua produk sunscreen Mama’s Choice ini wajib banget dicoba! Jadi, yuk, segera lindungi kulit kamu dari kerusakan akibat sinar UV yang berbahaya dengan Gentle Sunscreen dan dapatkan kulit glowing luar dalam dengan Daily Protection Face Moisturizer dari Mama’s Choice!

Baca juga: 5 Tips Memilih Sunblock Anak Terbaik!

Nah, itulah beberapa manfaat dan penyebab white cast, jenis-jenis sunscreen serta cara kerjanya. Semoga artikel ini dapat membantu kamu untuk lebih memahami kandungan sunscreen apa saja yang aman dan tidak aman digunakan.

Jangan lupa untuk ikuti promo-promo menarik lainnya di Mama’s Choice, karena ada banyak sekali diskon dan penawaran spesial yang sangat sayang untuk kamu lewatkan. Klik gambar di bawah ini untuk cek promonya!

 

Sumber:

Denton-Hurst, T. (2021, September 29). How to Avoid White Cast From Sunscreen. Skincare.com. Retrieved October 27, 2022, from https://www.skincare.com/product-picks/eye-treatment/how-to-minimize-white-cast-in-mineral-sunscreen

Sunscreen: why the white cast is a good thing. (2020, June 3). Amanvida. Retrieved October 27, 2022, from https://www.amanvida.eu/en/blog/post/sunscreen:-why-the-white-cast-is-a-good-thing

Jonuarti, R., Kencana Wungu, T. D., Haryanto, F., & Suprijadi. (2019, January 1). Gel Tabir Surya Berbahan Aktif Titanium Dioksida Dengan Beberapa Variasi Perbandingan Konsentrasi dalam Carbopol (1% b/b). Prosiding Seminar Nasional Fisika. Retrieved October 27, 2022, from http://proceedings.upi.edu/index.php/sinafi/article/view/827

Bedosky, L., & Radusky, R. (2021, July 21). Chemical vs. Mineral Sunscreen: What’s the Difference? Everyday Health. Retrieved October 28, 2022, from https://www.everydayhealth.com/skin-beauty/chemical-vs-mineral-sunscreen-whats-difference/

Paull, R. (2022, June 9). Breaking Down the Differences Between Mineral, Chemical, and Hybrid Sunscreens. Center For Dermatology & Laser Skin Surgery. Retrieved October 28, 2022, from https://www.centerfordermatologyandlaserskinsurgery.com/skin-care/mineral-chemical-hybrid-sunscreens/

3 Tricks To Prevent The Dreaded White Cast From Mineral Sunscreen. (2022, October 12). Glam. Retrieved March 6, 2023, from https://www.glam.com/895460/tricks-for-getting-clearer-skin-overnight/

Author Ikha Destryani

Ikha Destryani

a fresh graduate who loves to share and exchange thoughts about parenting.

COMMENTS

0 Comments
Leave a comment

Keranjang Anda (0)

Close

Belanja Rp90,000 lagi untuk dapat free ongkir!

Mini Cart

Keranjang belanja Anda kosong.

Shop now
1
0