Waspada 4 Penyakit Mengintai Bayi di Musim Hujan!

Saat bulan Oktober – Maret tiba, musim hujan melanda hampir di seluruh wilayah Indonesia. Untuk para Mama yang baru melahirkan di masa ini, perlu lebih waspada. Karena dalam kondisi lembap di musim hujan, virus dan bakteri mudah menyebar dan berkembang biak sehingga mengakibatkan penyakit pada bayi.

Cegah Penyakit Pada Bayi Baru Lahir

Melahirkan saat musim hujan memiliki tantangannya sendiri. Saat mau menjemur bayi, eh matahari tertutup awan atau malah hujan seharian. Udara pun terasa lembap dan hawa menjadi dingin. Ada beberapa masalah kesehatan yang kerap mengintai bayi yang baru lahir pada musim hujan seperti:

  • Flu
  • Alergi
  • Infeksi virus dan bakteri
  • Ruam dan iritasi kulit akibat jamur

penyakit pada bayi yang mengintai di musim hujan

Untuk itu, penting bagi para Mama dan Papa untuk melakukan pencegahan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada buah hati tersayang. Berikut beberapa langkah untuk menghindarinya.

1. Pemeriksaan berkala pada perlengkapan bayi 

Udara yang lebih lembap bisa membuat jamur tumbuh pada berbagai tempat penyimpanan peralatan bayi, seperti botol, mainan, dan alat mandi. Agar aman, jangan lupa untuk mencuci ulang peralatan bayi setiap sebelum digunakan.

Mama bisa gunakan Mama’s Choice Baby Liquid Cleanser. Pembersih serbaguna ini mengandung tea-tree extract sebagai anti bakteri dan anti jamur alami. Terutama bagian yang licin-licin ya, Ma, gosok sampai menjadi kesat.

pembersih rumah Mama's Choice
Mama @imalatas juga sudah menggunakan rangkaian produk pembersih rumah dari Mama’s Choice lho!

2. Jaga lingkungan sekitar bayi tetap bersih 

Pada musim hujan, kuman dan bakteri berkembang dengan cepat karena udara lembap. Untuk itu, selalu bersihkan lingkungan sekitar bayi.

Untuk barang-barang yang sering disentuh bayi, semprotkan disinfektan alami yang bebas toksin seperti Mama’s Choice Baby Multi-Purpose Cleaner. Lalu diamkan 1 menit sebelum dipegang bayi. Dengan demikian, Mama memastikan permukaannya bersih dari kuman.

mencegah penyakit pada bayi di musim hujan
Mama @zattira_reza menggunakan Mama’s Choice multi purpose cleaner untuk membersihkan mainan Si Kecil

Jangan lupa pel area rumah yang sering dijelajahi Si Kecil dengan cairan pembersih lantai yang aman untuk bayi dari Mama’s Choice, minimal 2 hari sekali. Hal ini untuk mencegah bayi terpapar kuman penyakit dari alas kaki dan debu yang kotor pada lantai. Apalagi di masa pandemi seperti ini, Ma.

Pembersih lantai Mama’s Choice formula Food Grade & Hipoalergenik

Selain itu, perhatikan tempat sampah dan pastikan menutupnya dengan benar. Tutup atau keringkan setiap genangan air yang bisa menjadi tempat nyamuk demam berdarah berkembang biak. Pangkas tanaman yang terlalu rimbun, sebab saat musim hujan bisa menjadi sarang serangga.

Artikel terkait: Keunggulan Pembersih Lantai Bayi Mama’s Choice

3. Hindari risiko alergi pada anak 

penyakit pada bayi di musim hujan

Biasanya saat musim hujan, penyakit pada bayi yang kerap muncul adalah alergi kulit berupa kemerah-merahan pada berbagai area tubuh. Pastikan Mama mengganti popok secara rutin agar kulit bayi tidak kotor dan lembap. Gunakan juga Krim Ruam / Baby Diaper Cream yang alami untuk melindungi & merawat kulit ruam anak.

Pastikan baju bayi tercuci bersih dan kering sempurna, karena jika lembap bisa membuatnya flu. Pemilihan deterjennya juga sebaiknya yang aman dan tidak mengiritasi kulit bayi yang masih sensitif, seperti Mama’s Choice Baby Detergent yang terbuat dari antibakteri alami.

Deterjen bayi Mama's Choice
Mama’s Choice Baby Detergent alami dan aman untuk bayi

Apabila muncul kemerahan dengan gejala lain yang lebih parah dan berlangsung lama, segera cek ke dokter ya, Ma.

Artikel Terkait: Kenali Jenis-Jenis Ruam Kulit Pada Bayi dan Cara Mengatasinya

Tidak mudah memastikan anak selalu sehat. Namun orang tua bisa mencegah munculnya penyakit pada bayi di musim hujan dengan memastikan kebersihan dan proteksi yang aman mulai dari rumah.

Kami akan membantu Mama #KurangiWorry dan menjaga kebersihan rumah dengan produk-produk pembersih yang 100% aman, Halal, dan bebas toksin.

Dapatkan sekarang juga dengan klik pada banner di sini!

SHARE THIS POST

Avatar

Maureen

Menjadi orang tua milenial bagaikan dua sisi mata uang: menyenangkan sekaligus penuh tantangan. I mean, juggling between the career and family is never easy, right? Tapi, kata menyerah tidak ada dalam kamus kita! Mari bersama terus belajar memberi yang terbaik untuk keluarga & buah hati ❤

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Jangan Panik Saat Bayi Rewel Tumbuh Gigi, Lakukan 3...
Learn more
Card image
Tips Lengkap Pumping ASI: Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more
Mama's Choice

Item has been added
to your cart.

Checkout