Search

Rambut Rontok Mendadak Habis Lahiran? Itu Telogen Effluvium

Setelah melahirkan, rambut Mama mengalami kerontokan yang parah? Mama tidak perlu panik dan khawatir karena mengalami kerontokan rambut setelah melahirkan itu adalah hal yang sering terjadi. Kerontokan rambut yang parah dan terjadi tiba-tiba ini disebut juga sebagai telogen effluvium. Yuk, simak ulasan singkatnya di sini!

Penyebab Telogen Effluvium

Telogen effluvium adalah kondisi kerontokan rambut sementara yang biasanya terjadi karena stres, peristiwa traumatik, atau perubahan hormon. Nah, perubahan hormon inilah yang menyebabkan rambut Mama rontok secara mendadak setelah melahirkan. 

Saat hamil, Mama memiliki kadar estrogen yang tinggi sehingga rambut mengalami pertumbuhan dan terlihat lebih tebal. Namun, kadar estrogen tersebut akan menurun setelah melahirkan dan membuat Mama mengalami telogen effluvium.

Baca juga: Cara Menyuburkan Rambut Setelah Melahirkan dengan Perawatan di Rumah

Perbedaan Telogen Effluvium dengan Kerontokan Rambut Lainnya

Pada dasarnya, telogen effluvium memiliki gejala yang mirip dengan kerontokan rambut secara umum. Berikut ini adalah gejala khas dari telogen effluvium yang perlu Mama ketahui:

  1. Rambut mengalami penipisan di area kepala tertentu atau terlihat merata.
  2. Biasanya, penipisan terjadi di daerah ubun-ubun
  3. Rambut rontok menumpuk di sarung bantal, lantai kamar mandi, atau sisir.

Baca juga: Cara Memakai Serum Rambut yang Benar

Telogen Effluvium Tidak Menyebabkan Kebotakan

Kerontokan rambut ini biasanya memuncak pada empat bulan setelah melahirkan dan berlangsung hingga kurang lebih enam bulan. Jadi, tidak usah khawatir, Ma, telogen effluvium tidak akan membuat rambut Mama menjadi botak. Bahkan, saat ulang tahun pertama Si Kecil, pertumbuhan rambut Mama akan kembali normal.

Meskipun rambut Mama akan tumbuh kembali secara normal setelah beberapa bulan setelah melahirkan, Mama juga tetap harus melakukan perawatan rambut. Tidak perlu jauh-jauh ke salon, Mama bisa melakukan beberapa cara berikut ini di rumah:

1. Creambath/Hair Mask

Melakukan creambath atau hair mask dapat membantu menutrisi rambut Mama. Misalnya, vitamin A, vitamin E, biotin dan folat mampu merangsang pertumbuhan akar rambut dan menjaga kekuatan rambut. 

Mama bisa membeli krim untuk creambath/hair mask ini di supermarket dan menggunakannya di rumah. Selain itu, Mama juga bisa membuat creambath dari bahan alami seperti lidah buaya.

2. Hindari pemakaian alat styling rambut

Jika Mama senang meluruskan atau mengeriting rambut menggunakan alat catok, sebaiknya dihindari dulu setelah melahirkan. Selain dapat membuat rambut kering dan mudah patah, penggunaan alat styling rambut ini bisa memperparah telogen effluvium yang Mama alami.

3. Menggunakan serum rambut

Selain perubahan hormon, kerontokan rambut setelah melahirkan juga dapat terjadi karena rambut yang kering. Kondisi tersebut dapat menyebabkan rambut mudah rontok. Oleh karena itu, Mama perlu menggunakan serum rambut setelah keramas. Mama dapat mencoba Strengthening Hair Serum dari Mama’s Choice.

Eits, tenang saja, Mama’s Choice Strengthening Hair Serum diformulasikan khusus untuk Mama hamil dan menyusui. Jadi, produk ini bebas dari bahan berbahaya seperti alkohol, paraben, silikon, dan sudah teruji secara dermatologis

Mama's Choice Strengthening Hair Serum, serum penumbuh rambut, serum rambut yang bagus
Mama’s Choice Strengthening Hair Serum Rp 109.000 (Hemat 39%)

Serum tanpa bilas ini dapat membantu rambut Mama terlihat lebih sehat, kuat, dan tebal selama hamil serta menyusui. Dengan kandungan kiwi, green pea, dan candlenut yang kaya akan vitamin tentunya akan membantu menguatkan akar rambut serta menutrisi dari kulit kepala hingga ujung rambut

Dengan pemakaian yang rutin, 71% Mama merasakan berkurangnya rambut rontok lho! Teksturnya juga cepat meresap ke kulit kepala sehingga tidak membuat lengket. 4 dari 5 Mama sudah membuktikan efektivitasnya, sekarang giliran Mama, ya!

Tunggu apa lagi, Ma? Yuk, lengkapi perawatan rambut Mama setelah melahirkan dengan menggunakan Mama’s Choice Strengthening Hair Serum. Rambut Mama kembali sehat, hati pun kembali senang!

Itulah ulasan mengenai telogen effluvium yang mungkin terjadi pada Mama yang baru melahirkan. Semoga tulisan ini bermanfaat, ya!

Klik banner di bawah ini untuk berbelanja produk perawatan rambut ibu hamil dan menyusui yang aman, halal, dan natural dengan harga spesial!

Artikel terkait: Serum Penumbuh Rambut yang Bagus & Alami dari Mama’s Choice

Sumber:

health.clevelandclinic.org

medicalnewstoday.com

todaysparent.com

whattoexpect.com

SHARE THIS POST

Annisa Nur Fitriani

A long life learner.

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi & Cara Mengatasi Agar...
Learn more
Card image
Tips Lengkap Pumping ASI: Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more

Your Cart (0)

Close

Add Rp90,000 to earn shipping rebates!

Mini Cart

Your cart is empty.

Shop now