Yuk! Simak Tanya Jawab Seputar Virus COVID-19 Pada Ibu Hamil dan Menyusui

Sejak diumumkannya virus COVID-19 sudah menyerang beberapa wilayah di Indonesia, banyak kepanikan yang terjadi. Banyak pula orang yang saling bertukar informasi satu sama lain di jejaring dunia maya.

Banyaknya sumber informasi yang diterima pasti membuat banyak kalangan bingung memilih mana sumber yang valid untuk dipercaya dan mana yang hoax. Terlebih bagi para ibu hamil yang pasti sangat khawatir tentang kesehatan dan juga tumbuh kembang janin. Jangan khawatir, Ma.

Baca juga: Tips Senyum Sehat dan Alami di Hari Kesehatan Mulut dan Gigi Sedunia

5 Pertanyaan Umum Seputar COVID-19 yang Mamil Perlu Tau

Mengutip dari sumber Massachusets General Hospital dan Health Harvard  berikut ada beberapa pertanyaan yang paling sering ditanyakan pada ibu hamil dan menyusui mengenai pandemi COVID-19 yang sedang marak. Simak sampai habis ya, Ma. 

 

1. Apakah wanita hamil memiliki risiko kematian yang tinggi apabila terjangkit virus COVID-19?

Mama stressing out

 

Virus COVID-19 masih terbilang baru dan belum ada banyak penelitian yang menyebutkan bahwa wanita hamil memiliki dampak yang lebih serius dibandingkan wanita yang tidak hamil. Meski para peneliti mengakui bahwa pada ibu hamil memang terjadi banyak perubahan hormon dalam tubuh yang bisa meningkatkan risiko terinfeksi lebih parah.

Namun tidak perlu cemas, Ma. Karena sejauh ini data dari negara China menyebutkan bahwa sembilan ibu hamil yang positif terinfeksi COVID-19 tidak berpengaruh pada proses kelahiran. Hanya saja, menghambat waktu proses kelahiran ( lebih lama atau lebih awal ) dan juga alur tindakan medis pada saat persalinan berlangsung, Ma.

 

2. Jika saya positif terinfeksi COVID-19 apakah akan membahayakan janin?

 

Kami tahu,keselamatan buah hati Mama sangat penting. Namun, penelitian membuktikan bahwa dari sembilan ibu melahirkan dengan positif COVID-19 tidak menularkan virus serupa pada bayi. Karena tidak ditemukan virus dalam air ketuban, tenggorokan bayi, atau dalam ASI.

Untuk itu, Mama tidak perlu khawatir, sebab risiko penularan infeksi sangat rendah dan tidak pernah ditemukan kasus kelainan pada bayi atau efek negatif lainnya.

 

3. Apakah Ibu dengan positif COVID-19 masih dapat menyusui?

Mama breastfeeding baby during corona pandemic

 

Kita semua tahu betul, ASI merupakain sumber nutrisi terbaik untuk bayi yang baru lahir. Meski data penelitian masih terbatas, tapi ternyata sejauh ini belum ditemukan paparan virus pada ASI.

Namun begitu, apabila Mama mengalami gejala flu atau batuk dianjurkan untuk mencuci tangan sebelum menyusui secara langsung. Menggunakan masker wajah juga perlu Mama lakukan. Jaga kebersihan alat-alat pumping dengan mencuci bersih seluruh peralatan apabila Mama tidak bisa menyusui secara langsung. 

 

4. Apakah ibu hamil tidak diperbolehkan bepergian?

 

Di beberapa negara yang sudah menerapkan sistem lockdown untuk membatasi penularan virus, tentu bagi siapapun tidak terkecuali ibu hamil yang ingin bepergian dilarang keras untuk melakukan kegiatan perjalanan.

Untuk itu, sebelum Mama memutuskan bepergian coba check lagi apakah destinasi yang Mama tuju terbuka untuk menerima para pendatang baru. Tapi sangat disarankan untuk tidak melakukan perjalanan kemanapun jika tidak terlalu urgent, Ma. 

 

5. Apa yang harus ibu hamil lakukan untuk terhindar dari paparan virus ini?

Mama looking for information about COVID-19

 

Ternyata, tindakan preventif untuk mengurangi risiko infeksi virus COVID-19 pada ibu hamil sama dengan yang lainnya, Ma. Penting bagi Mama untuk fokus menjaga kebersihan diri, terutama kebersihan tangan. Cucilah tangan minimal dengan durasi 20 detik. Hindari menyentuh area wajah seperti mata, mulut, dan hidung Mama.

Mama juga perlu melakukan sosial distancing atau menghindari perkumpulan serta keramaian. Ini sangat penting untuk membatasi penyebaran virus. Apabila Mama mengalami batuk dan pilek, upayakan tetap berada dalam rumah dan upayakan membatasi bertemu dengan orang lain. Jangan lupa untuk menghidrasi tubuh Mama dengan cara minum air putih dan istirahat yang cukup.

Ternyata Virus Ini Bisa Tumbuh di Tenggorokan

Tahukah Mama? Percobaan penelitian menemukan bahwa virus COVID-19 bisa tumbuh di tenggorokan. Itu mengapa selain menjaga kebersihan diri, Mama wajib menjaga kebersihan mulut dengan memilih produk yang aman dan tepat untuk ibu hamil.

Untuk itu, kami bekerja keras melakukan penelitian untuk menciptakan formula oral care terbaik untuk ibu hamil. Setelah melakukan riset dan tes di laboratorium Singapura, maka hadirlah Mama’s Choice Toothpaste dan Mouthwash yang bisa Mama andalkan untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut. 

Mengapa harus memilih Mama’s Choice Oral Care?

  • Formulanya tanpa Flouride, SLS, dan Triclosan
  • Tidak mengandung alkohol
  • Menggunakan bahan pewarna hijau klorofil alami
  • Mengurangi rasa mual saat menyikat gigi dan berkumur
  • 100% halal dan teruji klinis

Karena kami ingin Mama tetap nyaman dan aman saat masa kehamilan di era pandemi ini, yuk klik banner di bawah untuk cari tau lebih lanjut tentang Mama’s Choice Oral Care Bundle

hari kesehatan gigi dan mulut sedunia

SHARE THIS POST

Avatar

fakhrana

Seorang wanita yang menumpahkan perasaannya pada kata, karena ia percaya kata memiliki kuasa. Terus menulis hingga terasa penuh dan terisi, selalu senang ketika menginspirasi.

Featured Article
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Jangan Panik Saat Bayi Rewel Tumbuh Gigi, Lakukan 3...
Learn more
Card image
Pumping ASI? Kenali Risiko dan Manfaatnya, Yuk, Ma!
Learn more
Card image
Normalkah Jika Janin Terlalu Aktif Bergerak? Simak...
Learn more