Tips Senyum Sehat dan Alami di Hari Kesehatan Mulut dan Gigi Sedunia

Selamat Hari Kesehatan Mulut dan Gigi Sedunia 2020!

Menjaga kesehatan mulut saat masa kehamilan terkadang luput dari perhatian Mamil (Mama hamil). Padahal di masa kehamilan, jumlah hormon estrogen dan progesteron akan meningkat secara signifikan.

Nah, hal tersebut akan berdampak pada aliran dan komposisi air liur yang menurun tingkat keasamannya, sehingga menjadi penyebab Mamil mengalami bau mulut.

Waktu Mama Rahne mengandung, ia rajin banget menjaga kebersihan mulut agar tidak menimbulkan halitosis. Meski agak insecure dengan produk-produk kesehatan mulut yang aman untuk ibu hamil, Mama Rahne atasi dengan banyak membaca untuk mencari tau bahan apa saja yang berbahaya dan harus dihindari.

Baca juga: Mulut Pahit Saat Hamil? Lakukan Cara Ini Agar Nafsu Makan Tetap Terkendali

Tips Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut Ala Mama Rahne

Nah, dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia, Mama Rahne mau berbagi tips nih untuk para Mamil yang ingin menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan aman. Berikut tips-tipsnya.

  • Sikat Gigi Dengan Benar

menyikat gigi di hari kesehata gigi dan mulut sedunia

Ternyata durasi yang disarankan untuk menyikat gigi adalah 2 menit dan sikatlah gigi dua kali sehari. Tidak masalah menggunakan sikat gigi manual maupun elektrik. Asalkan Mama memilih bulu sikat yang lembut agar mudah menjangkau sela-sela gigi Mama.

Selain itu, gerakan saat menyikat gigi pun perlu Mama perhatikan, jangan hanya mendorong keluar dan kedalam saja, Ma. Lakukan gerakan memutar di area gigi luar maupun dalam.

  • Penanggulangan Morning Sickness

mual saat hamil

Mual dan muntah-muntah atau sering disebut Morning Sickness biasa terjadi pada awal masa kehamilan. Jangan dianggap remeh, Ma. Karena ini akan jadi salah satu penyebab bau mulut. Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena saat Mama muntah-muntah terjadi peningkatan jumlah asam di dalam mulut. Jika terus dibiarkan akan merusak enamel gigi dan bisa menimbulkan pembusukan pada plak gigi.

Saat Mama mengalami muntah-muntah, disarankan untuk menggosok gigi dengan jari yang sudah diberi pasta gigi. Tunggu sampai 30 menit, lalu lanjutkan dengan menyikatnya dengan sikat gigi. 

  • Ganti Sikat Gigi 

sikat gigi baru dan bekas

Menggunakan sikat gigi yang sudah terlalu lama membuat hasil sikat gigi tidak optimal. Bentuk sikat yang sudah tidak beraturan, belum lagi bakteri yang tersembunyi di sela-sela sikat gigi bisa merusak gigi dan gusi Mama. Untuk itu, gantilah sikat gigi Mama setiap tiga bulan. 

  • Bersihkan Sela-sela Gigi

membersihkan mulut

Jangan ragu untuk membersihkan sela-sela gigi sehabis makan. Kebiasaan ini sangat dianjurkan agar sisa-sisa makanan yang sulit dijangkau sikat gigi bisa terangkat dan tidak menimbulkan penyakit pada gusi Mama yang juga bisa menyebabkan bau mulut.

Kalau Mama belum tahu bagaimana membersihkan sela-sela gigi dengan baik, mintalah petunjuk dokter gigi terdekat. Ini penting, karena tidak setiap orang memiliki struktur gigi yang sama dan dokter gigi bisa memberikan petunjuk yang sesuai. 

  • Gunakan Mouthwash 

kumur-kumur

Menjaga kesehatan mulut bukan berarti Mama harus selalu menyikat gigi sehabis makan ataupun minum. Apalagi jika Mama sedang traveling. Mama hanya perlu menjaga kebersihan area mulut dengan berkumur menggunakan mouthwash atau mengunyah permen karet rendah gula. 

Ciri-ciri Perawatan Gigi dan Mulut yang Aman

Setelah tips-tips di atas, Mama masih harus melewati satu langkah lagi nih, yaitu: menemukan produk perawatan gigi dan mulut yang aman untuk Mamil. Menurut pengalaman Mama Rahne lagi nih, ia cukup kesulitan untuk menemukan pasta gigi dan mouthwash yang aman. Memang pasti ada sih, tapi kalau nggak import ya mahal banget.

Hal yang Mama Rahne lakukan adalah mencari tau kandungan apa yang harus ia hindari di dalam pasta gigi dan mouthwash. Inilah yang ia temukan:

Pasta gigi yang aman untuk Mamil,

  • Tidak mengandung SLS (bahan kimia penghasil busa)
  • Tidak mengandung fluoride 
  • Memiliki aroma dan formula bebas rasa mual 
  • Tidak mengandung pewarna buatan dan memiliki zat-zat alami

Kalau mouthwash yang aman itu,

  • Tidak mengandung alkohol 
  • Tanpa SLS
  • Tidak mengandung Triclosan 
  • Memiliki kandungan mint, klorofil, dan allantoin untuk menjaga kesehatan gusi dan kesegaran nafas secara alami

Ketika Mama Rahne mengandung 5 tahun yang lalu sih produk seperti itu sih belum ada, ya. Tapi sekarang Mama’s Choice sudah hadir memenuhi kriteria tersebut.

mama's choice oral care untuk hari kesehatan gigi dan mulut sedunia

Mama’s Choice Toothpaste dan Mouthwash memang dua produk oral care yang sengaja dibuat untuk ibu hamil dan menyusui. Kandungan alaminya membuat 2 produk ini aman banget digunakan. Dibanderol dengan harga yang bersahabat, Mama Rahne berharap dua produk ini sudah ada dari 5 tahun yang lalu!

Mama’s Choice Oral Care juga sudah bersertifikasi halal dan teruji klinis aman untuk janin, Ma. Cobain deh produk bundlingnya. 

Yuk, mulai perhatikan kebersihan gigi dan mulut. Berikan senyum terbaik dan tersehat yang Mama miliki di Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia bersama Mama’s Choice.

SHARE THIS POST

Avatar

fakhrana

Seorang wanita yang menumpahkan perasaannya pada kata, karena ia percaya kata memiliki kuasa. Terus menulis hingga terasa penuh dan terisi, selalu senang ketika menginspirasi.

Featured Article
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Jangan Panik Saat Bayi Rewel Tumbuh Gigi, Lakukan 3...
Learn more
Card image
Pumping ASI? Kenali Risiko dan Manfaatnya, Yuk, Ma!
Learn more
Card image
Normalkah Jika Janin Terlalu Aktif Bergerak? Simak...
Learn more