Search

Manfaat Bawang dan Minyak Telon Untuk Redakan Perut Kembung Pada Bayi

Bayi rewel karena perutnya kembung? Jangan bingung, Mama bisa gunakan bawang merah dan minyak telon untuk meredakan perut kembung bayi. Bagaimana caranya? Yuk, simak ulasannya di sini!

Ciri-ciri Perut Bayi Kembung

Perut kembung memang tidak nyaman, namun wajar dialami oleh siapa saja. Bedanya dengan orang dewasa, bayi belum mengerti kondisi tersebut sehingga ia jadi rewel dan menangis.

“Sangat umum bagi bayi untuk menjadi kembung, dan ada banyak penyebabnya. Bayi menelan udara saat menangis, mengisap dot, dan makan. Selain itu, sistem pencernaan bayi masih berkembang, yang terkadang memicu gas dan perut kembung.” – Marina Savchenko, ahli saraf anak dan konsultan medis di Flo

Ketika bayi kembung, ia akan menunjukkan beberapa ciri-ciri berikut ini:

  • Bersendawa.
  • Rewel, seperti merasa tidak nyaman.
  • Menangis.
  • Kentut.
  • Perutnya keras.

Bawang Merah dan Minyak Telon untuk Perut Kembung Bayi

Manfaat Bawang dan Minyak Telon Untuk Redakan Perut Kembung Pada Bayi

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk meredakan perut bayi yang kembung. Contohnya adalah menepuk-tepuk punggungnya, memandikannya dengan air hangat, atau membiarkannya aktif bergerak. Ada cara lain yang bisa Mama coba yaitu dengan membalurkan bawang merah dan minyak telon pada perut kembung bayi.

Manfaat bawang merah dan minyak telon untuk mengatasi perut kembung bayi sudah dipercaya sejak turun temurun. Campuran keduanya dapat memberi sensasi hangat yang membuat bayi jadi merasa lebih nyaman.

Cara pakainya pun mudah.

  1. Tidurkan bayi dalam posisi telentang.
  2. Iris tipis 2 siung bawang merah tunggal, Mama juga bisa menumbuknya.
  3. Campurkan ke dalam minyak telon.
  4. Balurkan campuran tersebut ke perut bayi.
  5. Berikan pijitan lembut di perutnya.

Namun sebelum menggunakan cara ini, ada baiknya Mama coba cari tahu dulu apakah kulit bayi alergi dengan bawang. Caranya adalah dengan mengoleskan bawang yang sudah dipotong ke kulit bayi, misalnya ke tangannya, kemudian tunggu beberapa saat. Kalau bayi tidak merasa gatal dan tidak muncul tanda kemerahan, maka bawang aman digunakan.

Memang belum ada bukti ilmiah yang kuat bahwa barang merah bisa mengatasi kembung. Namun sensasi hangat yang dimiliki ekstrak bawang merah kemungkinan dapat membantu meredakan kembung maupun kolik pada bayi –Grace Shea, ahli gizi anak asal Amerika Serikat, dikutip dari situs Healthline.

Selama membalurkan campuran bawang dan minyak telon, bau bawang akan jadi dominan. Kemungkinan Mama akan tidak suka dengan bau ini, namun tidak perlu khawatir karena itu tidak berbahaya dan tidak lama baunya akan segera hilang. Yang terpenting adalah bayi bisa merasa nyaman dan perut kembungnya mereda.

Baca juga: Jangan Panik! Ini 4 Cara Meredakan Perut Kembung pada Bayi

Redakan Perut Kembung dengan Baby Calming Tummy Oil

Mama mungkin sudah tahu bahwa kulit bayi sangat sensitif, sehingga rentan mengalami iritasi. Karena itu Mama perlu hati-hati ketika membalurkan sesuatu ke kulitnya. Untuk minyak bayi yang aman bagi perut bayi, Mama bisa gunakan Mama’s Choice Baby Calming Tummy Oil.

minyak bayi
Diskon 34% untuk Calming Tummy Oil! | Rp 119.000 Rp 79.000

Mama's Choice Hair and Body Wash, sampo bayi tidak perih di mata

Minyak bayi yang satu ini memiliki formula alami yang telah teruji secara dermatologis. Di dalamnya terkandung 3 bahan alami unggulan yaitu:

  • Nutmeg oil, berfungsi meredakan gangguan pencernaan, kram perut serta nyeri pada bayi.
  • Chamomile oil, memberikan efek relaksasi sehingga bayi bisa tidur lebih tenang.
  • Lavender oil, mengurangi gejala kolik sekaligus menenangkan bayi yang menangis.

Sebagai alternatif, Mama bisa mencampurkan bawang merah dengan Mama’s Choice Baby Calming Tummy Oil, sebab minyak bayi yang satu ini juga memberi efek menghangatkan. Kualitasnya sudah teruji dan telah memiliki sertifikat halal, lho!

Itulah manfaat dan cara meredakan perut kembung bayi dengan bawang merah dan minyak telon. Silakan dicoba ya, Ma. Semoga perut kembung Si Kecil segera mereda dan dapat kembali bermain dengan riang!

Klik banner di bawah ini untuk cek dan belanja produk berkualitas dengan harga spesial!

Mama's Choice Baby Hair and Body Wash, sampo bayi

Artikel terkait: Bayi Tiba tiba Menangis Saat Tidur? Ini Penyebab & Tips Mengatasinya!

Sumber:

flo.health

healthline.com

webmd.com

SHARE THIS POST

Ambar Arum

Senang belajar dan berbagi info tentang ibu, anak, dan keluarga. Sebab harta yang paling berharga adalah keluarga. Setuju kan? Semoga bermanfaat ya!

COMMENTS

0 Comments
Leave a comment

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi & Cara Mengatasi Agar...
Learn more
Card image
Tips Lengkap Pumping ASI: Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more

Your Cart (0)

Close

Belanja min Rp300K dapat Rp55,000 off dan free ongkir

Mini Cart

Your cart is empty.

Shop now