Mama, Begini 3 Cara Atasi Masalah Kulit Kusam Saat Hamil

Waktu Mama Rahne hamil, kulit jadi menggelap, kusam, bahkan mudah berkerut dan berjerawat. Hormon, ya, penyebabnya? Pokoknya, bener-bener nggak percaya diri deh dengan kondisi kulit kusam saat hamil.

Bukan hanya Mama Rahne, beberapa Mama di team Mama’s Choice juga mengalaminya. Kalau Mama sendiri gimana? Ternyata, meskipun disebabkan oleh hormonal, kondisi ini bisa kita cegah sebaik mungkin dengan cara-cara tertentu, lho.

Selain hormon, adakah penyebab lain kulit kusam saat hamil?

Tentu saja ada, yaitu kebiasaan kita merawat wajah! Padahal saat hamil, kulit wajah kita bisa saja dalam kondisi lebih sensitif. Ya, tentunya hal ini juga berbeda-beda pada setiap orang ya, Ma.

kulit gelap saat hamil

Namun, biasanya saat hamil, kulit wajah juga ikut berubah-ubah kondisinya. Ada yang jadi lebih berjerawat, lebih kusam dan gelap, bahkan ada juga yang sebaliknya justru jadi lebih glowing!

Wah, kalau ini kita semua pasti pengen ya, Ma! Suatu hal yang biasa disebut dengan pregnancy glow 🙂

Nah, kalau kulit kusam saat hamil datang mengganggu Mama, jangan panik dan pasrah begitu saja! Meskipun hormon jadi salah satu faktor utamanya, pentingnya merawat kebersihan wajah juga harus jadi prioritas utama dong, Ma 🙂

Apakah kulit kusam menunjukkan tanda bahaya?

kulit berjerawat saat hamil

Nah, kondisi kulit yang menggelap juga ada tingkatannya lho, Ma! Ada yang hanya menggelap karena perubahan hormon di dalam tubuh, ada juga yang menggelap karena sel-sel kulit yang rusak.

Kondisi kulit kusam yang disebabkan karena sel-sel kulit yang rusak bisa disebut dengan hiperpigmentasi atau melasma. Kondisi ini ditunjukkan dengan munculnya bercak hitam dan area tertentu yang menggelap tidak merata dari kulit di sekitarnya. Melasma paling sering terjadi pada bagian dahi, pipi, dan bibir bagian atas.

Berubahnya hormon akan turut memperparah kondisi ini. Sebelum hal ini terjadi, yuk, rawat kulit sedini mungkin, Ma! Yang terpenting, saat hamil, Mama tetap teliti memilih produk yang aman untuk Mama serta janin di dalam kandungan, ya! 🙂

3 cara mengatasi dan mencegah kulit kusam 

1. Gunakan pelembab wajah yang mengandung tabir surya alami

Ini adalah hal yang wajib! Gunakan pelembab wajah dengan tabir surya yang mengandung mineral sunscreen, sebab produk dengan chemical sunscreen tentu saja tidak aman untuk digunakan ibu hamil.

Tabir surya akan membantu Mama melindungi kulit dari bahaya sinar UVA/UVB sebagai penyebab utama kulit kusam dan hiperpigmentasi. Karena sifatnya yang melindungi, sunscreen akan membentuk lapisan pada permukaan kulit Mama sepanjang hari. Untuk itu, setelah beraktivitas, Mama wajib membersihkan wajah dengan metode double cleansing.

Nah, kalau Mama belum punya moisturizer andalan yang aman untuk ibu hamil, Mama bisa cobain Mama’s Choice Daily Protection Moisturizer. Formulanya 100% bebas paraben, bebas alkohol, dan bebas toksin sehingga aman untuk digunakan ibu hamil ataupun yang sedang tidak hamil.

Produk pelembab sekaligus sunscreen ini diperkaya dengan SPF 25 PA++ yang akan melindungi kulit Mama secara maksimal. Teksturnya ringan, mudah di-blend, dan dapat ditumpuk dengan make up tentunya! Tertarik mencoba, Mama? 🙂

masalah kulit saat hamil

2. Konsumsi vitamin E

Vitamin E adalah salah satu vitamin yang mendukung regenerasi sel kulit. Setiap hari, kulit akan menggantikan sel-selnya yang rusak dan tidak berfungsi untuk digantikan dengan sel baru. Kalau proses penggantian sel ini tidak berlangsung dengan baik, maka kulit wajah Mama akan terlihat kusam dan gelap.

Nah, vitamin E adalah salah satu senyawa untuk memaksimalkan prosesnya. Makan sayur-sayuran dan buah-buahan yang kaya akan vitamin E, boleh banget, lho, Ma! Jika sudah konsultasi dengan dokter, Mama juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin E yang direkomendasikan.

3. Rutin bersihkan wajah

Meski terdengar sederhana, namun proses membersihkan wajah adalah inti dari cara mengatasi kulit kusam. Saat membersihkan wajah, Mama juga akan mengangkat sel-sel kulit mati pada permukaan kulit, lho. Jika tidak dibersihkan, sel-sel kulit mati ini akan menempel, mengendap, dan akhirnya menghambat proses regenerasi kulit yang berlangsung setiap hari.

Yuk Ma, mulai perawatan kulit wajah Mama dengan pelembab wajah yang tepat. Dengan kata tepat berarti aman, halal, dan natural. Seperti Mama’s Choice Daily Protection Moisturizer.

Mama's Choice Moisturizer

 

buy now button

Mama’s Choice Daily Protection Moisturizer kaya akan kebaikan bahan alami seperti

  • Rice Extract yang mampu mencerahkan kulit wajah secara alami.
  • Mineral Sunscreen dengan SPF 25 PA ++ untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan mencegah kulit kusam.
  • Asam Hyaluronic yang menghidrasi kulit dan mencegah tanda-tanda awal penuaan

Bersama Mama’s Choice Daily Protection Moisturizer Mama bisa Hamil Aman, Glowing Luar Dalam

mama's choice

SHARE THIS POST

Tya

Tya

Gemar menulis dan bercerita. Membagikan kisah, pengalaman dan inspirasi melalui kata-kata. Perempuan yang terlihat melodrama, tapi suka tertawa. Sedang bersiap-siap menanti kehadiran si kecil dalam hidupnya. Agar semakin menyenangkan, berceritalah ia. Di sini.

Featured Article
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Jangan Panik Saat Bayi Rewel Tumbuh Gigi, Lakukan 3...
Learn more
Card image
Pumping ASI? Kenali Risiko dan Manfaatnya, Yuk, Ma!
Learn more
Card image
Normalkah Jika Janin Terlalu Aktif Bergerak? Simak...
Learn more