Search

Jangan Panik Jika Kaki Membengkak Selama Hamil, Lakukan 7 Langkah Ini

Ada banyak perubahan secara fisik yang dialami oleh ibu selama masa kehamilannya, salah satunya ialah mengalami kaki bengkak saat hamil. Kondisi ini bisa memang bisa membuat ibu hamil tidak nyaman, tak jarang beberapa barang seperti sepatu menjadi tidak muat kembali. 

Pembengkakkan kaki atau yang bisa disebut juga dengan edema ini merupakan bagian normal dari kehamilan karena adanya tambahan cairan.

Selama Mama hamil, tubuh bisa memproduksi 50% lebih banyak cairan tubuh untuk memenuhi kebutuhan bayi yang sedang berkembang. Maka wajar saja bila Mama mengalami edema di tangan, wajah, khususnya area kaki. 

Tambahan cairan ini juga diketahui berkontribusi sebesar 25% dari kenaikan berat badan selama kehamilan. Selain bermanfaat untuk bayi, retensi cairan bisa membantu mempersiapkan sendi dan jaringan panggul untuk persalinan kelak.

penyebab kaki bengkak saat hamil

Kapan kaki bengkak saat hamil biasanya terjadi?

Pada trimester pertama biasanya hormon akan meningkat lebih pesat sehingga bisa memperlambat sistem pencernaan. Di usia kehamilan ini biasa Mama akan mengalami bengkak pada beberapa area misalnya di tangan, kaki, maupun wajah. Namun biasanya bengkak yang terjadi tidak terlalu terlihat atau tidak terlalu banyak.

Saat memasuki trimester kedua, kaki umumnya akan terlihat lebih bengkak dibandingkan sebelumnya.

Hal ini disebabkan karena adanya peningkatan volume darah dan cairan dalam tubuh. Kondisi hormonal pun turut menjadi salah satu penyebabnya.

Seiring berjalannya waktu, pada trimester ketiga pembengkakan bisa menjadi lebih parah dari trimester sebelumnya. Khususnya saat mendekati hari kelahiran, kaki bengkak saat hamil tua ini bisa semakin dirasakan, Ma.

Kondisi ini bisa terjadi karena tubuh terus menerus memproduksi darah dan cairan. Rahim pun akan bertambah berat yang bisa memperlambat aliran darah dari kaki ke jantung, seiring dengan pertumbuhan bayi.

apa itu edema

Penyebab lain edema pada ibu hamil

Selain karena faktor hormonal, produksi cairan, dan darah ada sejumlah faktor lain yang bisa meningkatkan risiko edema di kaki. Beberapa hal tersebut antara lain :

  • Ibu hamil tidak mengonsumsi cukup air
  • Sering berdiri dalam waktu yang lama
  • Kondisi cuaca yang panas
  • Asupan kafein terlalu banyak
  • Ketidakseimbangan asupan zat gizi di dalam tubuh
  • Mengonsumsi natrium terlalu banyak
  • Asupan rendah kalium

Kapan Mama harus memeriksakannya ke dokter?

apakah edema berbahaya untuk ibu hamil

Kondisi edema ini normal saja terjadi selama kehamilan. Namun Jika Mama memang mengalami kondisi pembengkakan ini lebih awal, sebaiknya Mama wajib mewaspadainya khususnya bila diikuti dengan gejala lainnya seperti sakit kepala dan perdarahan.

Selain itu, Mama sebaiknya memerhatikan kondisi pembengkakkan yang terjadi. Bila berlebihan dan tidak juga membaik sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

Saat pembengkakan yang terjadi disertai dengan tekanan darah yang tinggi, kenaikan berat badan yang cepat, serta terdapat adanya protein dalam urin, bisa jadi preeklampsia dialami oleh ibu hamil.

Selain itu, kondisi kaki bengkak yang berbahaya juga bisa didiagnosa dari pembekuan darah atau deep vein thrombosis saat hamil. Umumnya, hal ini ditunjukkan dengan adanya pembengkakkan yang hanya terjadi pada salah satu kaki atau pergelangan kaki.

7 cara mengatasi pembengkakkan kaki saat hamil

Untuk membantu meringankan kondisi kaki bengkak ini, ada beberapa kebiasaan sederhana yang bisa Mama lakukan, diantaranya:

1. Meregangkan kaki

Salah satu alasan ibu hamil mengalami bengkak ialah karena berdiri dalam waktu yang lama. Untuk mengatasinya, Mama bisa duduk dengan kaki yang diangkat atau meluruskan kaki untuk meregangkan betis. Mama pun bisa berbaring sambung sesekali mengangkat kaki untuk peregangan.

2. Berjalan di dalam kolam renang

Selain baik untuk melatih pernafasan, berenang pun rupanya bisa membantu mengatasi edema. Cobalah untuk berjalan perlahan di dalam kolam renang sambil berpegangan. Tekanan air diketahui bisa menekan jaringan di kaki sehingga membantu mengatasi pembengkakan, lho!

cara mengatasi kaki bengkak saat hamil

3. Gunakan pakaian longgar

Jaga kondisi tubuh untuk tetap nyaman dengan menggunakan pakaian yang longgar. Selain bisa membuat Mama merasa sejuk, pakaian yang ketat diketahui bisa membatasi aliran darah yang akan menambah pembengkakan.

4. Tetap aktif tapi tidak berlebihan

Cobalah untuk tetap membiasakan aktivitas sehari-hari seperti berjalan kaki ringan atau melakukan yoga hamil. Aktivitas yang tak berlebihan ini bisa membuat tubuh tetap bugar dan mengurangi edema.

5. Penuhi asupan cairan tubuh

Walaupun pembengkakan terjadi, bukan berarti Mama malah mengurangi asupan cairan. Justru mengkonsumsi air putih minimal 2 liter per hari akan membantu Mama mengatasi hal ini.

6. Tidur miring ke kiri

Ibu hamil memang lebih disarankan untuk tidur miring ke sisi kiri. Kondisi ini bisa membantu menghilangkan tekanan dari pembuluh vena yang besar dan menjaga aliran darah tetap lancar. Pun pada pengaliran oksigen ke janin melalui plasenta, juga sama baiknya.

7. Pijat ringan

Usap-usap bagian kaki yang bengkak dengan tekanan yang lembut. Hal ini bisa meredakan nyeri yang disebabkan oleh pembengkakkan. Namun, jangan memijat bagian yang bengkak dengan tekanan yang terlalu keras ya, Ma. Hal ini bisa memicu pembekuan darah hingga kontraksi dini yang berbahaya untuk janin di dalam kandungan.

Mengusap dengan tekanan lembut bisa Mama maksimalkan dengan minyak pijat. Salah satu minyak pijat yang aman yang wajib Mama miliki adalah Mama’s Choice Relaxing Massage Oil.

Dengan formula 100% alami kombinasi lavender oil, grapefruit oil dan orange oil, Mama bisa mendapatkan relaksasi yang nyaman tak hanya melalui pijat, melainkan juga aromaterapi! Ya, aroma Mama’s Choice Relaxing Massage Oil yang menenangkan ini juga bisa Mama gunakan sebagai aromaterapi baik digunakan dengan diffuser ataupun secara manual.

Tertarik mencoba, Ma? Yuk, baca dulu lebih lanjut keunggulan Mama’s Choice Relaxing Massage Oil yang lainnya di bawah ini. Kalau sudah, silakan klik untuk ambil promonya! Diskon hingga 40% tanpa minimum pembelian!

SHARE THIS POST

Tya

Tya

Gemar menulis dan bercerita. Membagikan kisah, pengalaman dan inspirasi melalui kata-kata. Perempuan yang terlihat melodrama, tapi suka tertawa. Sedang bersiap-siap menanti kehadiran si kecil dalam hidupnya. Agar semakin menyenangkan, berceritalah ia. Di sini.

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi & Cara Mengatasi Agar...
Learn more
Card image
Tips Lengkap Pumping ASI: Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more

Your Cart (0)

Close

Add Rp90,000 to earn shipping rebates!

Your cart is empty.

Shop now