Search

Muncul Garis Rambut di Perut Saat Hamil? Normalkah?

Ketika mengandung, tubuh Mama mengalami banyak perubahan, terutama pada bagian perut. Mama mungkin akan melihat munculnya garis rambut di perut saat hamil. Jangan khawatir, Ma, hal ini normal kok. Yuk, simak ulasannya di sini!

Garis Rambut di Perut Saat Hamil

Garis rambut tersebut adalah linea nigra atau kadang disebut dengan garis kehamilan.

“Sekitar 80% wanita hamil akan melihat bentuk linea nigra selama kehamilan, biasanya setelah trimester pertama.” – riset dalam Jurnal Dermatologis India

Mama bisa mengetahui linea nigra dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  • Merupakan garis memanjang dari area kemaluan sampai ke pusar, bahkan bisa juga sampai ke bawah dada.
  • Umumnya berwarna gelap, mulai dari warna coklat sampai hitam keabu-abuan.
  • Lebarnya kurang lebih sekitar 1 cm, konsisten di sepanjang garis.
  • Garis dapat melebar selama kehamilan.

Ada yang percaya bahwa kalau ibu hamil memiliki garis kehamilan, maka ia sedang mengandung bayi laki-laki. Ini hanyalah mitos belaka yang bisa mama abaikan. Ibu hamil bayi perempuan juga banyak yang memiliki linea nigra.

Penyebab Garis Rambut di Perut Saat Hamil

Muncul Garis Rambut di Perut Saat Hamil? Normalkah?

Secara pasti, penyebab linea nigra belum diketahui. Namun diduga perubahan hormon berperan besar dalam kemunculan garis kehamilan ini.

Sebuah studi menyebutkan bahwa saat hamil, hormon estrogen dan progestron diproduksi tubuh dalam jumlah besar. Kedua hormon tersebut memicu sel-sel melanosit di kulit, yaitu sel yang memproduksi banyak melanin, pigmen pemberi warna gelap.

Karena itu tidak heran kalau saat hamil, sebagian tubuh Mama jadi nampak lebih gelap, misalnya puting, bekas luka, termasuk linea nigra. Walau banyak dialami oleh ibu hamil, tapi sebenarnya garis rambut di perut ini juga bisa ditemui pada perempuan yang tidak hamil, bahkan laki-laki.

Baca juga: Apakah Stretch Mark Permanen? Kenali 7 Fakta & Cara Mengatasinya

Apakah Linea Nigra Berbahaya, Bagaimana Cara Menghilangkannya?

Muncul Garis Rambut di Perut Saat Hamil? Normalkah?

Dilansir dari American Pregnancy Association, linea nigra merupakan kondisi yang normal dan tidak berbahaya bagi ibu hamil maupun janin. Jadi tidak memerlukan perawatan medis sama sekali. Namun sebagian ibu hamil mungkin merasa tidak percaya diri dengan keberadaan garis ini.

Garis linea nigra dapat menjadi lebih gelap jika terpapar sinar matahari. Karena itu, hindarilah cahaya matahari sebisa mungkin. Selain itu, asam folat dipercaya dapat membantu mengurangi pembentukan linea nigra. Kandungan ini bisa Mama temukan di sayuran hijau, jeruk, roti gandum, dll.

Garis kehamilan ini akan memudar dengan sendirinya setelah Mama melahirkan. Hal ini disebabkan karena kadar hormon kembali ke keadaan sebelum hamil, sehingga kadar melanin kembali normal. Linea nigra dapat muncul kembali di kehamilan berikutnya.

Baca juga: Punya Stretch Mark? Ini 5 Penyebab dan Cara Mengatasinya

Stretch Mark Cream Aman untuk Garis Perut Ibu Hamil

Walaupun selama kehamilan linea nigra tidak dapat hilang sepenuhnya, Mama dapat menyamarkannya dengan menggunakan krim stretch mark. Namun, Mama perlu hati-hati, ya. Masih banyak krim yang memiliki kandungan berisiko untuk ibu hamil, seperti paraben dan alkohol.

Supaya aman, pilihlah produk yang bebas dari bahan-bahan tersebut, seperti Mama’s Choice Stretch Mark Cream. Krim satu ini mengandung bahan-bahan alami seperti aloe vera, lipobelle soyaglicone, shea butter, olive oil dan jojoba oil.

Diskon 23% untuk Stretch Mark Cream! | Rp 99.000 Rp 129.000

Semua kandungan natural tersebut berfungsi sebagai pelembab sekaligus antioksidan yang membantu mencegah serta menyamarkan stretch mark dan garis rambut di perut saat hamil. Oleskan secara rutin setiap pagi dan sore untuk hasil maksimal ya, Ma!

Sebaiknya Mama sudah gunakan Mama’s Choice Stretch Mark Cream sejak awal kehamilan, sebelum linea nigra muncul.

Pilihan Mama untuk menggunakan stretch mark cream ini sudah sangat tepat, karena pada bulan Agustus lalu Mama’s Choice Stretch Mark Cream meraih penghargaan Brand Choice Award. Hal ini tentunya berkat kesetiaan para Mama yang menggunakan stretch mark cream dari Mama’s Choice ini.

Sudah banyak Mama yang membuktikan khasiat dari Mama’s Choice Stretch Mark Cream, sekarang giliran Mama, ya. Selamat merawat diri selama kehamilan, Ma!

Itulah ulasan mengenai garis rambut tumbuh di perut saat hamil atau linea ligra. Semoga tulisan ini membantu, Ma!

Klik banner di bawah ini untuk cek dan belanja produk berkualitas dengan harga spesial!

Artikel terkait: Perbedaan Stretch Mark Merah dan Putih, Serta Cara Mengatasinya

Sumber:

verywellfamily.com

healthline.com

dermnetnz.org

SHARE THIS POST

Ambar Arum

Senang belajar dan berbagi info tentang ibu, anak, dan keluarga. Sebab harta yang paling berharga adalah keluarga. Setuju kan? Semoga bermanfaat ya!

COMMENTS

0 Comments
Leave a comment

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi & Cara Mengatasi Agar...
Learn more
Card image
Tips Lengkap Pumping ASI: Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more

Your Cart (0)

Close

Belanja min Rp300K dapat Rp55,000 off dan free ongkir

Mini Cart

Your cart is empty.

Shop now