Jangan Cuci Baju Bayi dengan Deterjen Biasa, Ini 4 Bahayanya!

Setelah memiliki bayi, mama dan papa memerlukan usaha ekstra untuk merawat kebersihan perlengkapan bayi beserta pakaiannya. Memang sudah aturannya, mencuci baju bayi harus terpisah dari baju dewasa, bahkan dianjurkan menggunakan deterjen khusus bayi. Jangan cuci baju bayi dengan deterjen biasa ya, Ma, karena tingkat sensitivitas kulit bayi tentu sangat jauh berbeda dengan kulit orang dewasa.

Mungkin sebagian Mama akan mengeluarkan pernyataan, “Saya cuci baju bayi pakai deterjen biasa (untuk orang dewasa) tidak apa-apa kok. Yang penting bilasnya bersih aja.”.

Tapi, Ma, kita tidak pernah tahu tingkat imunitas tubuh Si Kecil yang masih lemah. Untuk itu, lebih baik Mama mengantisipasinya sejak awal demi kesehatan dan kenyamanan si kecil. Tidak tega kan, melihat Si Kecil jadi rewel dan menangis terus karena muncul ruam atau alergi di kulitnya?

deterjen khusus bayi

Bahaya cuci baju bayi dengan deterjen biasa:

Jika Mama tetap cuci baju bayi dengan deterjen biasa, akan ada risiko munculnya hal-hal ini pada kulit Si Kecil. Hal ini bisa terjadi akibat kadar SLS pada deterjen biasa yang sangat tinggi.

1. Kulit bayi over-sensitive

Pada dasarnya, kulit bayi itu sensitif, Ma. Kulitnya belum memiliki pelindung yang sempurna, sehingga rentan akan faktor eksternal seperti cuaca, air, zat kimia, hingga bahan pakaian. Kulit bayi akan mulai berangsur lembab dan matang mulai usia 2 tahun.

Bayangkan, jika saat kulit bayi masih sensitif, tapi kena terpaan bahan-bahan kimia yang keras dari deterjen. Hal ini tentu akan berdampak buruk pada tingkat sensitivitas kulit bayi, yang umumnya berupa ruam, gatal, hingga mengelupas. Oh tidak!

2. Alergi

Karena kulit bayi belum memiliki skin-barrier yang baik, serta sistem imunitasnya pun masih sedang dalam tahap pembentukkan, bayi berpotensi besar untuk mengalami reaksi alergi pada kulitnya. Reaksi alergi bisa berupa ruam, bentol-bentol, kulit bersisik, hingga bercak merah pada kulit. Terlebih lagi, kondisi alergi yang timbul saat bayi bisa juga berlanjut hingga dewasa nanti.

kulit bayi sensitif

Cari tahu cara mencegah alergi bayi selengkapnya di sini.

3. Eksim

Eczema atau istilah populernya eksim sangat rentan terjadi pada bayi. Hal ini menunjukkan reaksi bahwa bayi tidak cocok dengan suatu zat kimia yang kontak langsung dengan kulitnya.

Eksim bisa terjadi pada orang dewasa, dan rasanya sangat mengganggu. Umumnya, gejala eksim berupa bercak kulit merah, kulit kering dan kasar, serta gatal yang tidak berhenti. Bayangkan jika hal ini terjadi dengan si kecil, tentu tidak sampai hati kita memikirkannya ya, Ma :'(

4. Iritasi

Iritasi umumnya terjadi pada daerah lipatan tubuh bayi seperti pangkal paha, sikut, leher, dan lutut. Gejalanya berupa bentol-bentol kasar, gatal-gatal, hingga kulit memerah dan mengelupas.

Jika si kecil mengalami salah satu dari 4 gejala di atas, Mama bisa segera menggunakan baby cream, seperti Mama’s Choice Rash Cream yang akan launching sebentar lagi. Seiring dengan berjalannya waktu, kulit bayi juga bisa membaik dengan perawatan yang tepat.

Namun, bukankah lebih baik kita mencegah daripada mengobati? 1 dari 3 bayi mengalami masalah kulitnya akibat zat kimia yang kontak dengan kulitnya. Dan sekarang, saatnya menentukan #PilihanAmanMama demi kesehatan si kecil mulai dari sekarang dan setelahnya.

Cara memilih deterjen khusus bayi yang tepat

tips aman mencuci baju bayi

Pilih deterjen khusus bayi dengan syarat-syarat berikut ini:

  • Telah teruji dermatologis cocok untuk kulit bayi yang sensitif
  • Telah teruji secara klinis tidak menyebabkan alergi atau bersifat hypoallergenic
  • Tidak mengandung fragrance yang juga sensitif terhadap kulit bayi
  • Mengandung bahan-bahan anti-bakteri alami untuk menggantikan bahan kimia
  • Sudah memiliki sertifikasi halal

Lalu, di mana mama bisa menemukan deterjen khusus bayi yang bagus? Tenang, Mama’s Choice telah mempersiapkannya khusus untuk Mama.

Deterjen bayi Mama's Choice
Mama’s Choice Baby Detergent alami dan aman untuk bayi

Mama’s Choice Baby Detergent dengan tea-tree extract sebagai anti bakteri dan anti jamur alami yang efektif untuk menghilangkan noda di baju Si Kecil. Dan karena mengandung bahan alami, deterjen bayi kami juga teruji klinis bebas alergi sehingga tidak merusak kulit sekalipun mama mencuci dengan tangan. Keistimewaan Mama’s Choice Baby Detergent selengkapnya bisa mama baca di sini.

Penasaran ingin mencoba? Langsung saja beli di sini, Ma!

testimoni deterjen bayi Mama's Choice
Mama @dhesijuwitahati juga sudah memakai Mama’s Choice Baby Detergent

Nah, dengan mengetahui bahwa mama telah memberi yang terbaik dari Mama’s Choice bagi Si Kecil, mama jadi lebih tenang kan. Temukan juga produk berkualitas yang aman untuk ibu hamil, ibu menyusui, dan bayi di toko online kami!

GIF 3 Mama's Choice

 

 

SHARE THIS POST

Tya

Tya

Gemar menulis dan bercerita. Membagikan kisah, pengalaman dan inspirasi melalui kata-kata. Perempuan yang terlihat melodrama, tapi suka tertawa. Sedang bersiap-siap menanti kehadiran si kecil dalam hidupnya. Agar semakin menyenangkan, berceritalah ia. Di sini.

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Jangan Panik Saat Bayi Rewel Tumbuh Gigi, Lakukan 3...
Learn more
Card image
Harus Pumping ASI? Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more
Mama's Choice

Item has been added
to your cart.

Checkout