Search

Ciri Ciri Alergi Sabun Mandi Pada Bayi

Memandikan bayi merupakan momen yang menyenangkan. Selesai mandi, seharusnya Si Kecil akan terlihat segar, wangi dan menggemaskan. Tapi bagaimana kalau yang terjadi malah muncul bintik-bintik merah? Wah, bisa jadi itu merupakan ciri ciri alergi sabun mandi pada bayi.

Penyebab Bayi Alergi Sabun

Merawat bayi memang harus ekstra hati-hati. Kulitnya yang masih sangat lembut dan sensitif membuat bayi lebih rentan terkena masalah kulit dibanding orang dewasa. Karena itu, sabun mandi untuk bayi memerlukan formulasi khusus. 

Namun terkadang, meski sudah memakai sabun berlabel khusus bayi sekalipun, Si Kecil bisa saja mengalami alergi karena ada kandungan yang tidak cocok dengan kulitnya. Karena itu Mama perlu jeli untuk mengenali apakah sabun yang digunakan menyebabkan alergi atau tidak.

Ciri-Ciri Alergi Sabun Mandi Pada Bayi

cara menghilangkan bintik merah di wajah bayi

Setiap bayi memiliki reaksi alergi yang berbeda, ada yang ringan hingga parah tergantung tingkat sensitivitas kulitnya. Berikut ciri ciri bayi alergi sabun mandi yang Mama perlu waspadai.

1. Ruam kemerahan

Munculnya ruam atau benjolan kecil berwarna merah bisa jadi merupakan gejala bayi mengalami alergi. Menurut National Eczema Association, bayi yang berusia kurang dari 6 bulan cenderung mengalami ruam di kulit kepala, wajah, dan dahi. Sementara pada bayi usia 6 bulan hingga 1 tahun, ruam sering muncul di bagian lutut dan siku.

2. Gatal-gatal

Coba perhatikan, apakah bayi berusaha menggaruk tubuhnya? Ketika mengalami alergi, sel-sel dalam tubuh akan melepaskan zat kimia histamin yang menyebabkan reaksi gatal-gatal. 

3. Kulit kering

Kulit yang kering dan bersisik juga merupakan tanda Si Kecil sedang mengalami alergi. Kondisi ini membuat kulit bayi rusak apalagi kalau digaruk.

Kalau ciri-ciri di atas terjadi tidak lama setelah Si Kecil mandi, atau baru-baru ini Mama mengganti sabun mandinya, maka bisa jadi sabun itulah yang menjadi penyebabnya. Kalau demikian, Mama perlu menggantinya dengan sabun bayi yang lebih alami dan lembut.

Tips Memilih Sabun Mandi Bayi

tips memilih sabun mandi agar tidak terjadi ciri ciri alergi pada kulit bayi

Alergi sabun bisa disebabkan oleh ketidakcocokan kulit bayi terhadap kandungan dalam sabun. Untuk itu, ada beberapa tips memilih sabun mandi yang aman untuk kulit sensitif bayi.

  1. Bebas bahan kimia keras: sulfat (SLS/SLES), parfum, paraben, serta alkohol. 
  2. Sesuai dengan ph kulit bayi, yaitu 5,5. Sabun seperti ini akan menjaga ph kulit bayi dan mencegah berbagai masalah seperti eksim, ruam, kulit kering, hingga jerawat.
  3. Sabun sebaiknya tidak berembel-embel antibakteri, kecuali antibakteri yang dimaksud berasal dari bahan alami misalnya lavender. Antibakteri kimia dapat mengiritasi kulit bayi.
  4. Pastikan belum kadaluarsa. Produk yang sudah kadaluarsa juga bisa memicu reaksi alergi. 
  5. Tidak perih di mata.

Meskipun produk sudah berlabel ‘khusus bayi’, Mama tetap perlu meneliti bahan kandungan sabun tersebut. Hindari bahan kimia yang disebutkan di atas karena bisa mengiritasi kulit bayi dan membahayakan kesehatan jangka panjang, seperti mengganggu kerja hormon. 

Pilihan Sabun Mandi yang Aman dan Natural

Bingung memilih sabun bayi yang aman? Mama tidak perlu khawatir, sebab kini telah hadir Mama’s Choice Baby Hair and Body Wash. Sabun bayi 2in1 ini secara lembut membersihkan dan melembabkan rambut dan kulit bayi yang sensitif dengan ph seimbang.

Mama's Choice Baby Hair and Body Wash, sabun mandi dan shampo bayi 2in1 bebas sulfat
Mama’s Choice Baby Hair and Body Wash Rp 79.000 (Hemat 28%)

Diperkaya dengan Lavender & Chamomile untuk efek relaksasi bagi bayi, serta formula Natural Bubble-Rich Bebas Sulfat yang akan membuat waktu mandi jadi makin menyenangkan. 

Yang pasti, Mama’s Choice Baby Hair and Body Wash 100% tanpa bahan kimia berbahaya, serta telah tersertifikasi Halal. Jadi Mama bisa semakin tenang dalam menggunakannya!

Tips: Jika bayi Mama memiliki kulit yang sangat sensitif, Mama tidak perlu langsung mengoleskan sabun ke tubuhnya. Sabun dapat dicampurkan dengan air baru diusapkan ke badan anak.

Semoga dengan memakai sabun mandi yang tepat, Mama tidak menemukan lagi ciri ciri alergi pada bayi Mama, ya. Kulit yang mulus dan bersih menandakan Si Kecil sehat.

Namun selain alergi sabun, ada beberapa kemungkinan lain yang bisa membuat kulit bayi ruam, gatal-gatal serta kering. Seperti perubahan cuaca, deterjen, hingga makanan. Agar alergi dan ruam mereda lebih cepat, Mama dapat menggunakan salep ruam khusus bayi.

Artikel terkait: Kenali Jenis-Jenis Ruam Pada Kulit Bayi dan Cara Mengatasinya

Mencegah memang lebih baik daripada mengobati. Untuk itu, selalu percayakan produk perawatan dan pembersih bayi hanya kepada Mama’s Choice, yang pasti aman, Halal, dan natural!

Klik di sini untuk belanja produk perawatan bayi dengan harga spesial!

 

 

Sumber: 

Medicalnewstoday.com

Protectbabyskin.com

Healthline.com

Parents.com

Nhs.uk

SHARE THIS POST

Avatar

Maureen

Menjadi orang tua milenial bagaikan dua sisi mata uang: menyenangkan sekaligus penuh tantangan. I mean, juggling between the career and family is never easy, right? Tapi, kata menyerah tidak ada dalam kamus kita! Mari bersama terus belajar memberi yang terbaik untuk keluarga & buah hati ❤

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi & Cara Mengatasi Agar...
Learn more
Card image
Tips Lengkap Pumping ASI: Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more

Your Cart (0)

Close

Add Rp90,000 to earn shipping rebates!

Your cart is empty.

Shop now