Sering Cemas Saat Hamil? Pastikan Mama Tahu Cara Mengatasinya

Cemas saat hamil seringkali jadi hal yang menakutkan. Dilansir dari What To Expect, cemas selama kehamilan dapat berdampak buruk pada janin di dalam kandungan. Yang paling parah, bayi bisa lahir dalam kondisi prematur atau lahir dengan berat badan rendah.

Kecenderungan ibu hamil mengalami cemas berlebihan memang lebih besar. Hal ini diakibatkan oleh ‘fase baru’ yang dialami oleh seorang ibu, serta pikiran berlebihan untuk masa depan diri dan anaknya kelak.

Ciri-ciri kecemasan yang sudah tidak normal, umumnya dapat diukur dari kualitas tidur yang berkurang, nafsu makan menurun, sering sakit kepala, lesu, suasana hati mudah marah, dan juga merasa rendah diri berlebihan.

Apa yang umumnya membuat ibu hamil cemas?

Diambil dari survey Mama’s Choice di awal tahun 2019, sebanyak 63% ibu hamil mencemaskan kondisi perkembangan janin di dalam kandungan.

Sementara, pada survey yang berbeda, 78% ibu hamil cemas terhadap apa yang ia makan sehari-hari, dan 69% khawatir terhadap produk perawatan yang digunakannya setiap hari. Berdasarkan fakta ini, Mama’s Choice hadir untuk Anda menyediakan produk-produk natural berkualitas yang aman, halal, dan diformulasikan dengan bahan alami terpilih.

mouthwash alami

Ibu hamil wajib pilih yang aman. Dapatkan harga spesial Mama’s Choice sekarang hanya di Shopee!

Jika rasa cemas tidak ditangani dengan tepat, hal ini bisa mengubah pola pikir ibu hamil itu sendiri serta menimbulkan kecenderungan postpartum depression atau baby blues setelah melahirkan nanti.

Untuk mencegah rasa cemas datang dan mengganggu kehamilan Mama, pastikan Mama sudah mempelajari hal-hal berikut ini, ya.

Apa saja yang harus dilakukan untuk mencegah cemas berlebihan saat hamil?

Mama, kurangi rasa cemas Anda dengan memilih produk yang aman. Pastikan Mama mengetahui tips memilih produk bebas toksin seperti produk-produk Mama’s Choice, yang dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan perawatan ibu hamil dan menyusui.

Sebab, kemungkinan bayi lahir cacat, berat badan rendah, kelahiran prematur dan sejenisnya, juga bisa berawal dari paparan zat toksin yang masuk ke dalam tubuh.

Zat toksin seperti paraben, phthalate, alkohol, fluoride, triclosan, atau SLS sangat umum ditemukan pada produk yang kita gunakan sehari-hari. Mulai dari pasta gigi, sampo, sabun mandi, pencuci wajah, hingga krim tubuh. Mengerikan? Bisa dibilang begitu. Karena faktanya, zat toksin juga bisa masuk ke dalam tubuh melalui kulit dan mulut.

Untuk makanan, pastikan Mama mengetahui apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi selama kehamilan. Pastikan nutrisi untuk kesehatan Mama dan janin di dalam kandungan, tercukupi sesuai dengan kebutuhan. Mama bisa membaca apa saja yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil pada artikel berikut ini.

Bumil, kesehatan fisik dan mental sama pentingnya!

Untuk urusan psikis, pastikan Mama memiliki support system yang tepat. Jangan pernah merasa sendirian, percayalah ada banyak sekali orang yang sayang dan turut senang terhadap kehamilan Mama.

Suami, saudara, sepupu, orang tua, mertua hingga sahabat bisa menjadi pilihan. Pastikan Mama mempercayakan mereka untuk menceritakan segala suka duka serta keluh kesah selama kehamilan. Setidaknya, hal ini bisa membantu mengurangi kecemasan, dibandingkan dengan Mama menyimpan beban itu sendirian 🙂

Yang terpenting, tetap cintai diri Mama sebagaimana Mama mencintai si buah hati ya, Ma. Pastikan juga Mama selalu mencari sumber informasi seputar kehamilan, menyusui, dan parenting yang akurat, seperti blog Mama’s Choice.

Semoga Mama selalu tenang, nyaman, dan bahagia menjalani kehamilan. Perjalanan Anda menjadi seorang Mama masih sangat panjang, saatnya memilih yang aman demi kesehatan dan kebahagiaannya di masa depan.

Dapatkan produk Mama’s Choice sekarang dan nikmati gratis biaya pengiriman ke seluruh Indonesia*. Berlaku untuk pembelian apa saja! Klik bit.ly/MamaDiShopee dan selamat menjalani kehamilan tanpa rasa cemas, Mama! 🙂

SHARE THIS POST

Tya

Tya

Gemar menulis dan bercerita. Membagikan kisah, pengalaman dan inspirasi melalui kata-kata. Perempuan yang terlihat melodrama, tapi suka tertawa. Sedang bersiap-siap menanti kehadiran si kecil dalam hidupnya. Agar semakin menyenangkan, berceritalah ia. Di sini.

Featured Article
Card image
Yuk, Simak Serunya Event Mama's Choice di Bandung!
Learn more
Card image
Tak Cuma Bumil, Ibu Menyusui Juga Tidak Boleh Stres!
Learn more
Card image
Sering Cemas Saat Hamil? Pastikan Mama Tahu Cara...
Learn more
Card image
6 Cara Ini Bisa Mencegah Stretch Mark Selama Hamil!...
Learn more