Search

Begini Cara, Waktu, dan Manfaat Menjemur Bayi yang Benar

Menjemur bayi baru lahir di bawah sinar matahari pagi sepertinya sudah menjadi tradisi di Indonesia. Banyak ibu percaya bisa mengatasi penyakit kuning yang kerap dialami bayi baru lahir. Terlepas benar atau tidaknya, sebenarnya cara dan waktu menjemur bayi yang benar bisa membawa ragam manfaat untuk kesehatannya lho, Ma. Simak ulasan selengkapnya!

Manfaat Menjemur Bayi Baru Lahir

1. Stimulasi terhadap Lingkungan

Selama di perut Mama, bayi kurang mendapatkan stimulasi dari luar. Oleh karena itu, aktivitas berjemur dapat menjadi kesempatan yang tepat bagi bayi baru lahir untuk berkenalan dengan cahaya, suara, dan lingkungan sekitar.

2. Vitamin D alami

Meski paparannya belum maksimal, menjemur bayi di pagi hari bisa menjadi sumber vitamin D bagi tubuh bayi. Vitamin D dapat membantu dalam menyerap kalsium yang akan memperkuat tulang dan gigi, serta mendukung sistem kekebalan tubuh bekerja secara efisien sehingga bayi lebih terlindungi dari penyakit.

3. Mencegah penyakit kuning

Menurut dr. Seruni Mentari Putri dari KlikDokter, menjemur bayi pada pagi hari di bawah sinar matahari memang salah satu cara untuk mengatasi bayi kuning. Mengekspos bayi ke sinar matahari pagi selama 15 hingga dapat membantu mengatasi penyakit kuning ringan.

Namun pada kasus penyakit kuning yang serius, bayi membutuhkan tindakan sinar (fototerapi) yang konstan yang tidak bisa didapatkan dari menjemur secara biasa. Karena itu, jika sudah parah, Mama sebaiknya segera membawa bayi ke dokter.

4. Meningkatkan Hormon Serotonin

Sinar matahari dapat meningkatkan produksi serotonin jika bayi menerimanya dalam jumlah yang tepat. Serotonin atau “hormon bahagia” bisa meningkatkan energi dan perasaan bahagia pada bayi sehingga ia dapat tidur nyenyak dan pencernaannya menjadi lebih sehat.

5. Menghangatkan Tubuh Bayi

Pada dua bulan pertama kehidupannya, bayi masih beradaptasi dengan suhu lingkungan, apalagi bila berat badan lahirnya rendah. Untuk itu, menjemur bayi dapat membantu menyesuaikan suhu tubuhnya. Juga jika sedang batuk pilek, menjemur bayi dapat membantu mengencerkan lendir pada saluran napasnya.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Menjemur Bayi?

Begini Cara, Waktu, dan Manfaat Menjemur Bayi yang Benar

Jadi, kapan waktu yang tepat untuk menjemur si kecil? Para ahli mengatakan bahwa waktu terbaik untuk menjemur bayi adalah antara pukul 6 hingga 7.30 pagi, saat sinar matahari belum terik dan menyengat. Hal ini bisa dilakukan 3 hingga 5 kali seminggu. Durasinya pun tak perlu berlama-lama, cukup sekitar 10 hingga 15 menit per sesi.

Tips dan Cara Menjemur Bayi yang Benar

Meski memiliki banyak manfaat, menjemur bayi baru lahir harus dilakukan dengan cara yang benar. Sebab paparan sinar matahari yang berlebihan pada si kecil dapat meningkatkan risiko kulit terbakar, kemerahan, hingga kanker kulit di kemudian hari.

Dalam live instagram dengan Mama’s Choice seputar cara merawat bayi baru lahir, dr. Nurita Alami Sp.A menjelaskan beberapa tips untuk menjemur bayi baru lahir, antara lain:

1. Tidak boleh dijemur langsung

American Academy of Pediatrics telah merilis pedoman bahwa bayi berusia 0 hingga 6 bulan tidak boleh terkena sinar matahari secara langsung. Bahkan, Mama boleh saja menjemur bayi dari dalam rumah di dekat jendela yang memiliki akses terhadap sinar matahari.

2. Harus berpakaian

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menganjurkan agar bayi dijemur dengan pakaian, tapi pilih yang tipis saja agar ia tidak merasa gerah dan sinar matahari tetap bisa menembus kulit. Jangan lupa menyediakan penutup mata untuk melindungi mata bayi dari sinar matahari.

3. Lakukan bonding dengan bayi

Gunakan waktu menjemur bayi sebagai kesempatan untuk menciptakan kedekatan fisik dan emosional dengannya. Hal ini dapat memberi manfaat untuk kesehatan mental dan fisik bayi juga lho, Ma. Mama bisa memijat bayi secara lembut, mengajaknya bicara, atau membelainya untuk memberi perasaan aman dan nyaman.

4. Ukur suhu tubuh secara berkala

Saat menjemur bayi, dr. Nurita menganjurkan orang tua memantau suhu tubuh bayi kira-kira 5 menit sekali untuk mencegah kenaikan suhu yang tidak normal. Dan sebelum dijemur, sebaiknya suhu tubuh bayi berada pada 36,5 derajat celcius. Jika bayi mulai tampak gelisah, kepanasan, atau kedinginan saat dijemur, segera sudahi sesi ya, Ma.

5. Gunakan tabir surya khusus bayi

Sekitar 30 menit sebelum berjemur, oleskan kulit bayi dengan tabir surya minimal SPF 15 untuk mencegah kerusakan kulit dan sensasi terbakar. Anak dengan riwayat keluarga kanker kulit, berkulit putih, dan memiliki bintik-bintik coklat di wajah harus lebih diperhatikan.

Selain mengetahui cara dan kapan waktu menjemur yang benar, memilih tabir surya untuk bayi baru lahir juga tidak boleh sembarangan. Kulitnya yang masih sensitif dapat dengan mudah iritasi dan biang keringat, karena itu hindari bahan kimia seperti alkohol, paraben, silikon, maupun pewangi buatan dalam tabir surya yang Mama pilih.

Setelah selesai menjemur, Mama dapat segera menyusui bayi agar ia tidak merasa haus. Dan tunggu dulu beberapa saat jika ingin memandikan bayi dengan air hangat setelahnya.

Baca juga: Banyak Manfaat, Kapan Bayi Boleh Diajak Berenang?

Nah, itu dia cara dan kapan waktu yang tepat menjemur bayi baru lahir agar bisa mendapatkan manfaat yang optimal untuk kesehatannya. Ingat, jika situasi dan kondisi tidak memungkinkan, apalagi di masa pandemi seperti ini, jangan paksakan untuk menjemur si kecil ya, Ma.

Selalu percayakan perawatan harian buah hati Mama dengan produk bayi yang aman, halal, dan natural dari Mama’s Choice. Klik di sini untuk mendapatkan penawaran spesialnya!

Mama's Choice Baby Hair and Body Wash, sampo bayi

Baca juga: Waspada 4 Penyakit yang Mengintai Bayi di Musim Hujan!

 

Sumber:

Parentingfirstcry.com

Mama’s Choice IG Live with Gooddoctor

SHARE THIS POST

Maureen

Menjadi orang tua milenial bagaikan dua sisi mata uang: menyenangkan sekaligus penuh tantangan. I mean, juggling between the career and family is never easy, right? Tapi, kata menyerah tidak ada dalam kamus kita! Mari bersama terus belajar memberi yang terbaik untuk keluarga & buah hati ❤

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi & Cara Mengatasi Agar...
Learn more
Card image
Tips Lengkap Pumping ASI: Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more

Your Cart (0)

Close

Add Rp90,000 to earn shipping rebates!

Mini Cart

Your cart is empty.

Shop now