Search

Banyak Manfaat, Kapan Bayi Boleh Mulai Diajak Berenang?

Mengajak bayi berenang saat ini menjadi tren di masyarakat. Bukan hanya sekadar tren, tetapi ada beberapa manfaat berenang untuk bayi. Namun, tahukah Mama kapan bayi boleh berenang? Nah, bagi Mama yang mau mengajak dan mendapatkan manfaat bayi berenang, simak dulu ya penjelasan berikut!

Kapan Waktu Bayi Boleh Berenang

Walaupun bayi belum bisa berjalan, sudah banyak Mama yang mengajak anaknya untuk berenang. Berada di dalam air dapat menciptakan milyaran neuron baru karena bayi akan menendang, meluncur, dan memukul air. 

Karena sistem kekebalan tubuh bayi yang masih lemah, dokter biasanya menyarankan agar orang tua menjaga bayi agar tidak berenang pada kolam atau danau yang mengandung klorin hingga anak berusia 6 bulan. 

Tetapi jika air tidak mengandung klorin dan memiliki suhu 32 derajat celcius, Mama tidak perlu menunggu waktu lama untuk mengenalkan Si Kecil dengan kolam renang. Bahkan jika terlalu lama, ada kecenderungan anak menjadi takut akan berenang di kemudian hari.

Manfaat Berenang untuk Bayi

Setiap aktivitas yang Mama rencanakan pasti memiliki manfaat atau tujuan tersendiri bagi Si Kecil. Termasuk manfaat bayi berenang yang bisa didapatkan Si Kecil berikut ini.

1. Meningkatkan fungsi kognitif

Saat berenang, kedua sisi tubuh akan melakukan suatu tindakan yang disebut juga gerakan pola silang bilateral. Gerakan ini dapat membantu pertumbuhan otak bayi lho, Ma! 

Menurut studi dari Griffith University di Australia, “Anak-anak yang berenang memiliki kemajuan dalam perkembangan fisik dan mental lebih baik dibanding anak-anak yang tidak berenang”

Gerakan pola silang membangun neuron di seluruh otak, terutama corpus callosum yang memfasilitasi komunikasi, umpan balik, dan modulasi dari satu sisi otak ke sisi lainnya. Sehingga Si Kecil dapat meningkatkan kemampuan membaca, perkembangan bahasa, pembelajaran akademik, dan kesadaran spasial.

2. Mengurangi risiko tenggelam

Berenang pada usia dini dapat mengurangi risiko tenggelam pada anak di atas usia 4 tahun. Hal ini terjadi karena anak sudah bisa melayang di atas air sejak kecil. Walaupun begitu, Mama juga tetap harus mengawasi anak pada saat berenang walaupun dia sudah terbiasa atau mengikuti pelajaran berenang sejak kecil.

3. Meningkatkan keberanian anak

Saat berenang, anak-anak juga berinteraksi satu sama lain. Elemen ini dapat menambah kesenangan mempelajari keterampilan baru yang meningkatkan keberanian anak.

Berdasarkan sebuah penelitian, perenang anak usia prasekolah lebih dapat mengendalikan diri, memiliki keinginan kuat untuk sukses, serta lebih nyaman dalam situasi sosial dibanding anak yang tidak berenang.

4. Meningkatkan quality time

Waktu berenang yang melibatkan orang tua dan anak di dalam air akan meningkatkan ikatan antara satu sama lain. Apalagi selama pembelajaran renang, Mama hanya akan fokus pada Si Kecil. Bagi Mama yang memiliki lebih dari satu anak, Mama bisa meminta bantuan Papa, kerabat, atau pelatih renang yang dipercaya dapat menjaga Si Kecil selama belajar berenang. 

5. Membangun otot

Anak-anak kecil perlu mengembangkan otot-otot yang diperlukan untuk mengangkat kepala, menggerakkan lengan dan kaki, dan melatih inti tubuh dalam melakukan koordinasi dengan bagian tubuh lainnya. Bahkan berenang juga bagus untuk kesehatan jantung, memperkuat jantung, paru-paru, otak, dan pembuluh darah Si Kecil.

6. Meningkatkan koordinasi dan keseimbangan

Selain membentuk otot, berada di kolam renang dapat membantu bayi Mama meningkatkan koordinasi dan keseimbangannya. Memang tidak mudah belajar menggerakkan tangan dan kaki kecil secara bersamaan. Bahkan gerakan kecil yang terkoordinasi merupakan kemajuan besar dalam perkembangan bayi.

bayi berenang

7. Memperbaiki pola tidur

Pada saat berenang, bayi akan mengeluarkan banyak energi. Semua aktivitas ekstra ini menghabiskan banyak energi, sehingga jika Mama perhatikan Si Kecil akan lebih mengantuk setelah pelajaran berenang. 

Untuk itu, Mama perlu membuat jadwal tidur siang setelah Si Kecil berenang atau menambah waktu tidur saat berenang menjadi aktivitas rutin yang dilakukan oleh anak.

8. Meningkatkan nafsu makan

Mama pernah merasa lapar setelah berenang? Nah, hal ini ternyata juga terjadi pada bayi lho. Semua aktivitas fisik di dalam air akan membakar banyak kalori. Hal ini membuat peningkatan nafsu makan Si Kecil setelah berenang, apalagi jika dilakukan secara teratur.

Baca juga: Manfaat, Cara, dan Kapan Memulai Baby Sleep Training yang Tepat

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Bayi Berenang

Banyak sekali ya Ma, manfaat berenang untuk bayi. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat bayi berenang.

1. Temperatur kolam

Bayi lebih sulit mengatur suhu tubuh, sehingga Mama perlu memeriksa suhu air kolam sebelum mengizinkan bayi masuk. Misalnya saat berenang menggunakan air panas, suhu lebih dari 37,8 derajat celcius tidak aman untuk anak di bawah tiga tahun.

2. Bahan kimia dalam kolam renang

Banyak kolam renang yang menggunakan bahan kimia untuk menjaga kolam agar terbebas dari bakteri. Tetapi paparan bahan kimia seperti klorin dapat menyebabkan peningkatan risiko bronkiolitis pada anak.

3. Infeksi

Walaupun terlihat bersih, kolam sebenarnya dapat menampung segala macam kontaminan seperti bakteri yang tidak terlihat. Bakteri ini dapat menyebabkan bayi mengalami diare, infeksi mata, telinga, kulit, masalah pernapasan dan pencernaan. Apalagi bayi yang berusia di bawah 2 bulan dengan sistem kekebalan tubuh yang sangat rentan.

Nah, satu lagi yang penting Mama perlu menyiapkan tabir surya atau sunscreen untuk bayi. Terutama jika bayi berenang di luar ruangan. Namun, Mama juga harus mencermati kandungan dari sunscreen yang akan diberikan pada bayi, ya!

Sebaiknya Mama menggunakan sunscreen yang aman dengan kandungan mineral, serta bebas dari retinyl palmitate (vitamin A) dan oxybenzone.

Itulah manfaat berenang untuk bayi serta persiapan yang perlu Mama perhatikan sebelum bayi berenang. Semoga tulisan ini bermanfaat ya, Ma!

Klik banner di bawah untuk berbelanja kebutuhan bayi saat berenang dengan harga spesial di sini!

Mama's Choice Baby Hair and Body Wash, sampo bayi

Artikel terkait: Cara Melebatkan dan Merawat Rambut Bayi yang Aman

Sumber:

Healthline.com

Medicalnewstoday.com

 

 

SHARE THIS POST

Annisa Nur Fitriani

A long life learner.

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi & Cara Mengatasi Agar...
Learn more
Card image
Tips Lengkap Pumping ASI: Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more

Your Cart (0)

Close

Add Rp90,000 to earn shipping rebates!

Mini Cart

Your cart is empty.

Shop now