Search

5 Cara Mengatasi Perut Terasa Begah & Kembung saat Hamil Muda

Pada awal kehamilan, Mama seringkali merasakan gangguan pencernaan seperti perut kembung dan sembelit. Hal ini sangat umum terjadi dan disebabkan oleh hormon progesteron yang meningkat. Simak beberapa cara mengatasi perut terasa begah & kembung saat hamil muda di sini!

Apa Penyebab Perut Terasa Kembung Saat Hamil Muda?

Umumnya, perut kembung pertama muncul pada usia kehamilan 11 minggu dan dapat berlangsung hingga hari persalinan. Hal tersebut dipicu oleh meningkatnya hormon progesteron yang sebenarnya baik untuk kehamilan. 

Produksi hormon progesteron yang meningkat dapat menyebabkan pengenduran rahim dan melemaskan otot pencernaan. Otot-otot pencernaan yang lemah akan memperlambat laju pencernaan dan menimbulkan penumpukan gas di usus. Selain perut kembung, gas yang menumpuk di usus dapat menyebabkan sendawa dan buang angin.

cara mengatasi perut kembung saat hamil

Gejala perut kembung dapat menjadi lebih buruk pada trimester ketiga (biasanya dimulai dari minggu ke-29) karena janin membutuhkan lebih banyak ruang dan menekan organ di sekitarnya. Namun Mama dapat mencegah dan mengatasinya sejak trimester pertama dengan beberapa cara yang aman.

“Tubuh Anda mengalami banyak perubahan selama kehamilan, dan sayangnya gas adalah hasil tidak nyaman dari beberapa proses tubuh yang sangat normal, kata Sheryl Ross, MD, seorang OB/GYN dan pakar kesehatan wanita di Pusat Kesehatan Providence Saint John di Santa Monica, California

Bagaimana Cara Mengatasi Perut Terasa Begah saat Hamil Muda?

Berikut merupakan cara aman mengatasi perut begah yang bisa Mama lakukan pada awal kehamilan:

5 Cara Mengatasi Perut Begah dan Kembung saat Hamil Muda

1. Minum Air Putih

Selama masa kehamilan Mama disarankan minum air putih sebanyak 8-10 gelas atau setara 2 liter air per hari. Hal ini menjaga Mama tetap terhidrasi dan memperlancar sistem pencernaan.

2. Makan dengan Perlahan

Saat makan terlalu cepat, kemungkinan banyak udara yang ikut masuk bersama makanan ke dalam sistem pencernaan. Udara tersebut akan mengendap di perut Mama dalam bentuk gas dan menyebabkan perut terasa begah saat hamil. Maka dari itu, Mama dianjurkan untuk makan lebih sering (4-5 kali sehari) dengan porsi sedikit untuk menghindari perut terasa begah.

3. Tetap Rileks dan Atur Pernapasan

Kecemasan dan stres dapat meningkatkan jumlah udara yang masuk ke sistem pencernaan Mama. Apabila Mama mulai merasa stres atau cemas, coba untuk hentikan aktivitas sejenak, lalu tarik nafas perlahan hingga lebih tenang.

4. Melakukan Aktivitas Fisik dan Berolahraga

Mama bisa melakukan beberapa olahraga ringan selama awal kehamilan, seperti yoga atau berjalan kaki selama 30 menit setiap hari. Selain menjaga kebugaran secara fisik dan emosional, berjalan kaki ternyata dapat mengatasi gangguan pencernaan.

5. Pijat Perut secara Perlahan dengan Minyak Herbal

Membalurkan minyak herbal merupakan cara untuk meredakan perut kembung dan begah saat hamil muda. Minyak dapat dibalurkan atau dipijat di bagian dada dan perut, namun pemijatan ini hanya aman dilakukan pada saat awal kehamilan. Hal ini dikarenakan ukuran janin yang masih kecil dan posisi rahim belum sampai menekan usus. 

cara mengatasi perut kembung saat hamil

Berikut merupakan cara aman untuk memijat perut Mama:

  • Usap lembut dengan gerakan melingkar pada tulang pinggul kanan, pindah ke atas ke tulang rusuk kanan, lalu ke tulang rusuk kiri, pindah ke pinggul kiri, dan yang terakhir ke pusar.
  • Lakukan seluruh gerakan pijat selama dua hingga tiga menit.
  • Ulangi hingga total waktu 10 menit.

Saat Hamil, Jangan Memakai Sembarang Minyak Herbal

Dalam penggunaannya, pilih minyak herbal dengan formula yang aman khusus ibu hamil ya, Ma. Jenis minyak yang tidak tepat dapat diserap ke dalam darah dan menjadi toksin yang membahayakan kandungan. Selain itu, hindari minyak dengan bahan campuran seperti alkohol, parfum buatan, dan mineral oil yang dapat mengiritasi dan menyumbat pori-pori kulit.

Baca juga: Mengapa Sebaiknya Menghindari Mineral Oil dalam Skincare?

Sangat penting bagi Mama untuk menggunakan minyak herbal khusus ibu hamil yang aman, halal, natural, tanpa parfum buatan dan pengawet seperti Mama’s Choice Herbal Oil.

Mama’s Choice Herbal Oil memberikan efek menghangatkan yang lembut, aman, dan membuat perut Mama terasa nyaman.

Cara Mengatasi Perut Terasa Begah & Kembung saat Hamil Muda

Mama’s Choice Herbal Oil Rp 129.000 (Hemat 32%)

Dengan empat kombinasi bahan alami (cajuput oil, olive oil, grapeseed dan lavender oil), Mama’s Choice Herbal Oil memiliki khasiat lainnya seperti mengatasi pegal-pegal serta meredakan nyeri otot dan sendi. Tidak hanya Mama, anggota keluarga lain pun boleh menggunakannya dan merasakan khasiatnya loh, Ma!

Demikian 5 cara mengatasi perut terasa begah & kembung saat hamil muda. Semoga tulisan ini bermanfaat ya, Ma!

Beli Paket 2in1 Oil (Herbal Oil & Relaxing Massage Oil) dengan harga spesial disini!

Artikel terkait: Minyak Pijat untuk Ibu Hamil: Manfaat, Tips Memilih, & Kriteria yang Aman

Sumber:

Healthline.com

whattoexpect.com

 

 

SHARE THIS POST

Annisa Nur Fitriani

Seorang perempuan yang menyukai beragam proses belajar, mulai dari mendengar, mengamati, dan menulis. Baginya, semua tempat adalah sekolah, dan semua Mama adalah guru yang berharga.

COMMENTS

0 Comments
Leave a comment

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi & Cara Mengatasi Agar...
Learn more
Card image
Tips Lengkap Pumping ASI: Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more

Your Cart (0)

Close

Belanja min Rp300K dapat Rp55,000 off dan free ongkir

Mini Cart

Your cart is empty.

Shop now