Search

4 Cara Aman Mengatasi & Menghilangkan Mual Saat Hamil Muda

Mama's Summary

Mual saat hamil, adalah hal yang wajar terjadi. Bagaimana cara terbaik untuk meminimalkannya?

Mual saat hamil, dialami sebagian besar Mama, lumrah terjadi di trimester awal. Meski tidak berbahaya bagi janin, mual bisa membuat Mama tidak nyaman, tidak nafsu makan, dan tidak bisa beraktivitas. Bagaimana cara mengatasi dan menghilangkan mual saat hamil muda dengan aman ya? Mari simak di sini.

Setiap bangun tidur di pagi hari, Mama Thatha pasti langsung ‘berdiam diri’ di kamar mandi. Selesai drama mual, rasanya lemas dan lelah, karena sensasi mual juga membuat ibu muntah secara intens.

Apakah Mama mengalami juga hal yang sama dengan Mama Thatha? Dikenal sebagai morning sickness, kondisi ini biasanya akan berangsur hilang saat memasuki trimester 2 atau setelah minggu ke 12. Tapi ada juga Mama yang mengalaminya lebih lama, atau sebaliknya, sama sekali tidak mual alias hamil kebo!

Berdasarkan penelitian, hal ini sangat dipengaruhi kondisi tiap Mama, salah satunya faktor metabolisme.

cara menghilangkan dan mengatasi mual saat hamil muda

Baca juga: 15 Ciri Ciri Hamil Muda, Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan?

4 Cara Aman Menghilangkan Mual Saat Hamil Muda

Dari pengalaman Mama Thatha, ia menemukan bahwa afirmasi positif dan ketenangan pikiran ternyata bisa mengurangi frekuensi mual. Yakinlah bahwa Mama dan bayi baik-baik saja. Energi dan mood ibu, baik itu positif dan negatif, pasti akan dirasakan bayi. Dengan cara ini, Mama dan bayi bisa bekerja sama untuk merasa lebih baik.

Selain afirmasi positif, usaha mengurangi mual perlu dibarengi dengan usaha nyata. Namun Mama perlu hati-hati, karena trimester 1 adalah masa-masa yang sangat rentan untuk bayi. Berikut tiga cara aman untuk mengatasi dan menghilangkan mual saat hamil muda.

1. Makan dengan porsi kecil tapi sering

Saat mual, salah satu risiko yang Mama hadapi adalah nafsu makan yang berkurang. Tapi jangan sampai membiarkan perut dalam keadaan benar-benar kosong karena akan membuat mual semakin parah akibat naiknya asam lambung.

Hindari juga makan terlalu banyak agar Mama tidak mual karena kekenyangan. Mama sebaiknya makan dalam porsi kecil dan sering dengan nutrisi seimbang yakni: protein, karbohidrat, lemak, serat, mineral, dan vitamin. Jika tidak suka, Mama dapat menghindari makanan dengan aroma yang tajam, rasa pedas, dan berminyak.

2. Konsumsi Jahe

Berdasarkan penelitian,  Jahe mengandung senyawa yang disebut gingerol dan shogaol yang dapat membantu meredakan mual dan muntah. Selain itu jahe juga diketahui mengandung Vitamin B6, yang baik untuk metabolisme energi, mendukung pembentukan jaringan dan perkembangan otak bayi. 

Malas mengekstrak jahe sendiri? Mama’s Choice punya Pregnancy Supplement Morning Sickness Relief yang bisa membantu Mama mengatasi mual dan muntah selama kehamilan. Diperkaya dengan vitamin B6 yang bisa membantu mengurangi mual, serta lemon untuk menenangkan tenggorokan yang iritasi karena sering muntah.

Mama dapat mengonsumsinya 2 kali sehari untuk mendapatkan perut yang lebih nyaman. Suplemen ini alami dan aman untuk ibu hamil karena tanpa bahan pengawet dan pewarna buatan.

suplemen herbal ibu hamil
Mama’s Choice Pregnancy Supplement Morning Sickness Relief Rp 99.000 (Hemat 34%)

 Aroma jahe yang khas dan menghangatkan tubuh, bisa jadi minuman alternatif Mama sambil me time di rumah.

3. Tetap aktif

Mual saat hamil memang membuat Mama ingin bermalas-malasan seharian di tempat tidur. Istrahat memang perlu, tapi percayalah diam saja akan membuat Mama merasa bosan dan lemas. Menyibukkan diri akan membantu mengalihkan pikiran Mama dari rasa mual.

Mama dapat melakukan aktivitas yang menyehatkan fisik dan mental, seperti melakukan stretching atau yoga yang bisa meredakan mual dan pegal. Jika belum mood, Mama dapat melakukan aktivitas yang Mama suka seperti membaca buku, menonton televisi, melakukan hobi, atau sekadar jalan-jalan sore di komplek.

4. Minta dipijat

Pijat saat hamil atau pijat prenatal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan Mama dan janin. Pasalnya selain mual, perubahan hormon membuat badan Mama lelah atau nyeri dibandingkan kondisi normal, dan pijat dapat membantu Mama merasa lebih baik.

Tapi jangan memijat dengan sembarang minyak, sebab beberapa jenis minyak dapat diserap ke dalam darah dan menjadi toksin yang membahayakan kandungan. Lavender oil adalah salah satu minyak paling aman yang direkomendasikan untuk memijat ibu hamil.

Mama dapat menggunakan Mama’s Choice Relaxing Message Oil yang diformulasikan khusus aman untuk ibu hamil dan menyusui. Mengandung 100% minyak alami Lavender Oil, Grapefruit Oil dan Orange Oil yang bisa membantu relaksasi. Minyak ini juga bisa digunakan sebagai aromaterapi melalui diffuser untuk mengurangi mual.

Dengan harga hemat untuk ukurannya, minyak ini bisa dipakai hingga Mama menyusui nanti.

Mama’s Choice Relaxing Massage Oil Rp 99.000 (Hemat 23%)

Demikian 4 cara alami dan aman untuk menghilangkan dan mengatasi mual saat hamil muda. Semoga informasi ini bermanfaat untuk mengatasi rasa mual Mama tanpa khawatir, ya!

Baca juga: Cara Mengatasi Perut Kembung dan Begah Saat Hamil Muda

 

Sumber:

Medicalnewstoday.com

Americanpregnancy.org

SHARE THIS POST

Maureen

Menjadi orang tua milenial bagaikan dua sisi mata uang: menyenangkan sekaligus penuh tantangan. I mean, juggling between the career and family is never easy, right? Tapi, kata menyerah tidak ada dalam kamus kita! Mari bersama terus belajar memberi yang terbaik untuk keluarga & buah hati ❤

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi & Cara Mengatasi Agar...
Learn more
Card image
Tips Lengkap Pumping ASI: Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more

Your Cart (0)

Close

Belanja min Rp200K dapat diskon Rp25,000 dan free ongkir

Mini Cart

Your cart is empty.

Shop now