Penting! 7 Hal Ini Wajib Ditanyakan ke Dokter Kandungan Saat Check Up

Pemeriksaan kehamilan pertama seringkali bikin deg-degan, ya! Banyak juga Mama yang bingung, harus mempersiapkan apa saja? Harus menanyakan apa saja? Nah, kali ini Mama’s Choice membuat panduan untuk Mama, tentang pertanyaan saat konsultasi dokter kandungan.

apa saja yang harus ditanyakan saat pertama kali ke dokter kandungan

Inilah 7 pertanyaan saat konsultasi dokter kandungan pertama kali:

Dilansir dari laman theAsianparent, seorang ginekolog asal Singapura, dr. Gordon Lim menyarankan ibu hamil untuk mengajukan pertanyaan berikut saat pertama kali mengecek kandungannya.

1. Makanan apa yang boleh dan tidak boleh saya konsumsi?

Tak hanya terkait dengan pantangan saat hamil, hal ini juga terkait dengan berat badan Mama. Jika berat badan kurang, Mama tentu akan direkomendasikan makanan yang bisa meningkatkan berat badan. Begitu juga sebaliknya.

Umumnya, wanita hamil dengan berat badan yang ideal diharuskan mendapatkan 11-13 kg. Sementara bagi yang kurang berat badan, harus mendapatkan 18 kg. Dan bagi wanita hamil yang kelebihan berat badan harus mendapatkan maksimal 9 kg dari kehamilan mereka.

2. Adakah vitamin prenatal yang harus saya konsumsi?

Setelah Mama menceritakan keluhan atau riwayat kesehatan Mama, jika diperlukan dokter akan memberikan vitamin prenatal untuk meningkatkan nutrisi dan ketahanan tubuh. Jangan lupa juga untuk mengkonsultasikan vitamin yang sedang Mama konsumsi untuk dipastikan boleh dilanjutkan pemakaiannya atau tidak.

3. Bagaimana aktivitas saya sehari-hari?

Jangan lupa sampaikan jenis pekerjaan yang Mama lakukan sehari-hari. Apakah Mama bekerja? Mama aktif atau akan bepergian jarak jauh? Bolehkah Mama naik motor? Apakah Mama tetap boleh berolahraga seperti biasa? Pastikan Mama menanyakan dengan detail demi menjaga kehamilan yang masih sangat muda ini.

tips ajak suami konsultasi ke dokter kandungan

4. Apakah saya boleh melakukan hubungan seks seperti biasa?

Saat hamil, seringkali libido meningkat. Tentu ada perasaan takut melakukan hubungan seks karena khawatir dengan posisi janin. Tanyakan hal ini kepada dokter kandungan beserta keluhan atau riwayat medis Mama, ya.

5. Kapan saya bisa USG lagi?

Umumnya, saat pertama kali datang ke dokter kandungan, dokter akan melakukan USG untuk memastikan adanya kehamilan. Tanyakan kepada dokter Mama, kapan jadwal Mama USG selanjutnya untuk melihat perkembangan janin di dalam kandungan.

6. Kapan waktu saya kembali kontrol?

Idealnya ibu hamil perlu berkunjung ke dokter minimal 8 kali, artinya sebulan sekali Mama harus melakukan kontrol secara rutin. Untuk usia kehamilan muda, Mama perlu menanyakan kapan tanggal pasti Mama harus kembali untuk memeriksakan perkembangan kandungan.

7. Bolehkah saya menghubungi Anda melalui chat?

Selama hamil, mungkin ada berbagai hal yang terjadi di luar dugaan. Untuk itu, Mama bisa menanyakan nomor telepon dokter dan ketersediaannya untuk dihubungi melalui telepon atau chat, khususnya jika dalam keadaan darurat.

Dokter kandungan adalah salah satu orang yang berperan terhadap kesehatan dan kebahagiaan Mama selama hamil. Untuk itu, tak perlu sungkan menanyakan hal-hal di atas demi kesehatan Mama dan bayi.

Jangan lupa juga, konsultasikan produk-produk yang Mama gunakan sehari-hari selama kehamilan. Dokter tentu akan merekomendasikan produk-produk yang sudah pasti aman untuk ibu hamil, seperti rangkaian produk dari Mama’s Choice.

Beli Paket Spesial Mama’s Choice Sekarang

Paket Spesial Mama’s Choice Stretch Mark Cream + Mama’s Choice Toothpaste | Rp. 129,000,- | Diskon 28% dari harga normal Rp. 178,000,-

Diformulasikan 100% aman untuk ibu hamil, mendapatkan sertifikasi halal dari MUI, serta diperkaya dengan bahan-bahan natural, kedua produk ini akan menemani perjalanan Mama sejak awal kehamilan. Stretch Mark Cream akan berguna untuk mencegah munculnya stretch mark sejak dini, serta Toothpaste atau pasta gigi akan membantu mengurangi mual saat menyikat gigi. Semua produk dirancang bebas toksin, bebas bahan kimia berbahaya untuk kesehatan janin dan kandungan, dan bebas pewarna buatan.

Dapatkan manfaat bahan-bahan alami dalam produk yang berkualitas dari Mama’s Choice. Gratis ongkir ke seluruh Indonesia!* Pesan sekarang juga sebelum masa promo berakhir.

SHARE THIS POST

Tya

Tya

Gemar menulis dan bercerita. Membagikan kisah, pengalaman dan inspirasi melalui kata-kata. Perempuan yang terlihat melodrama, tapi suka tertawa. Sedang bersiap-siap menanti kehadiran si kecil dalam hidupnya. Agar semakin menyenangkan, berceritalah ia. Di sini.

Featured Article
Card image
Yuk, Simak Serunya Event Mama's Choice di Bandung!
Learn more
Card image
Tak Cuma Bumil, Ibu Menyusui Juga Tidak Boleh Stres!
Learn more
Card image
Sering Cemas Saat Hamil? Pastikan Mama Tahu Cara...
Learn more
Card image
6 Cara Ini Bisa Mencegah Stretch Mark Selama Hamil!...
Learn more