7 Hal yang Jarang Orang Bicarakan Seputar Menyusui

Perjalanan Mama saat menyusui tentulah tidak selalu menyenangkan. Tentunya, banyak tantangan dan pengorbanan yang harus Mama tempuh demi memberikan ASI terbaik untuk sang buah hati.

Akan ada banyak usaha yang Mama lakukan untuk mempersiapkan masa-masa ini, terutama menggali informasi seputar ASI baik dari internet maupun buku. Tapi tahukah Mama, ternyata ada banyak realita yang harus Mama ketahui seputar menyusui. 

7 Hal yang Perlu Mama Ketahui Tentang Menyusui

Entah karena dianggap tabu atau aneh untuk diperbincangkan, tapi beberapa hal ini merupakan hal yang umum dialami oleh para Mama. Berikut beberapa masalah menyusui yang tidak banyak orang bicarakan. Mama wajib banget tahu nih!

1. Say Good Bye Sementara Untuk Baju Kesayangan Mama

baju ramah menyusui

Mama punya baju favorit yang jadi andalan saat pergi ke pesta? Jika iya dan baju tersebut tidak busui friendly sepertinya harus disimpan dulu deh, Ma. Mama sudah harus berkorban untuk membeli baju dengan cutting yang sesuai untuk ibu menyusui.

2. Ukuran Bra Terus Berubah

Ukuran payudara Mama dari masa kehamilan sampai masa menyusui bisa dipastikan tidak akan sama. Itu mengapa, sangat tidak disarankan membeli satu size bra dalam jumlah yang banyak. Lihat perkembangan ukuran payudara Mama secara berkala, biasanya akan terus berubah dari minggu ke minggu.

 

3. Tak Perlu Khawatir Naik Berat Badan

berat badan naik saat menyusui

Nutrisi yang terkandung dalam ASI sangat tergantung dari kualitas makanan yang Mama konsumsi. Untuk itu, Mama perlu meningkatkan kualitas dan kuantitas makanan sehari-hari. Menurut jurnal penelitian dari NCBI, busui disarankan makan diatas 1800 kalori perhari tanpa harus khawatir naik berat badan. 

4. Sedia Bra Pad 

Untuk Mama yang kebanjiran ASI, bra pad bisa jadi penyelamat penampilan Mama disaat harus menghadiri acara penting. Kini tersedia bra pad sekali pakai dan ada yang bisa di cuci ulang, tinggal pilih sesuai kebutuhan Mama. 

Baca juga: Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya, Cinta Mama Tetap Sama

5. Kadang Menyakitkan

payudara sakit saat menyusui

Tidak sedikit Mama yang merasakan bahwa menyusui sebetulnya menyakitkan. Tapi ternyata tidak semua Mama mau jujur untuk mengatakannya kepada sesama Mama. Hal ini dilakukan untuk menghindari Mama dari rasa trauma. Tapi mau tidak mau, Mama harus bersiap bahwa suatu saat Mama akan mengalami kesakitan saat menyusui. 

6. Panjang Umur

Selain membantu menurunkan berat badan, ternyata menyusui dapat membuat Mama panjang umur. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal berjudul New Beginnings tahun 2009 menngatakan bahwa 

140.000 wanita yang telah menyusui setidaknya selama satu bulan dapat mengurangi risiko kolesterol tinggi, hipertensi, dan diabetes. Jika menyusui selama satu tahun, maka akan mengurangi resiko serangan jantung dan stroke.  

7. ASI Dapat Didonasikan

menyusui bayi lain

Ini kabar baik untuk Mama yang berkelimpahan ASI. Mama dapat mendonasikan ASI untuk anak yang kurang beruntung lho, Ma. Saat ini sangat banyak organisasi yang bisa menampungnya. Mama bisa temukan informasinya lewat sosial media atau platform online lainnya. 

Sudah tahu kan Ma, ternyata banyak ya fakta menarik seputar menyusui yang jarang dibicarakan. Bagaimanapun kondisi Mama saat ini, pastikan Mama selalu nyaman saat menyusui. Pilihlah produk terbaik untuk perawatan payudara Mama.

Mama’s Choice Intensive Nipple Cream hadir untuk menemani masa-masa indah Mama saat menyusui. Terbuat dari 100% bahan alami seperti ekstrak kurma, minyak kelapa, dan sheabutter yang dapat memberi kelembaban serta kenyamanan di area puting Mama. Jangan khawatir puting perih, Ma. Karena Mama’s Choice Intensive Nipple Cream sudah teruji klinis tidak menimbulkan efek alergi. 

Kelebihan lainnya, formula Mama’s Choice Intensive Nipple Cream tidak perlu dibilas dan formulanya food grade. Sehingga aman jika tertelan. 

Bersertifikasi HALAL, membuat produk terbaru dari Mama’s Choice ini wajib banget dimiliki setiap ibu menyusui. 

Penasaran ingin mencobanya, Ma? Klik banner untuk membeli. 

beli sekarang

 

SHARE THIS POST

Avatar

fakhrana

Seorang wanita yang menumpahkan perasaannya pada kata, karena ia percaya kata memiliki kuasa. Terus menulis hingga terasa penuh dan terisi, selalu senang ketika menginspirasi.

Featured Article
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Jangan Panik Saat Bayi Rewel Tumbuh Gigi, Lakukan 3...
Learn more
Card image
Pumping ASI? Kenali Risiko dan Manfaatnya, Yuk, Ma!
Learn more
Card image
Normalkah Jika Janin Terlalu Aktif Bergerak? Simak...
Learn more