4 Cara Agar Kulit Wajah Tetap Lembap Selama Berpuasa

Mama's Summary

Temukan cara agar kulit wajah tetap lembap, dengan lima langkah berikut ini. Sehingga tampilan kulit cerah, glowing, dan mulus, bisa mama dapatkan.

Cara agar kulit wajah tetap lembap, bisa tempuh dengan beragam langkah. Untuk ibu hamil dan menyusui yang paling penting aman untuk Mama dan bayi. Ngobrolin menjaga kadar di dalam kulit wajah, berbanding lurus dengan skin goals kebanyakan Mama, yaitu kulit yang cerah, glowing, dan mulus. Sayangnya sebagian jenis kulit Mama justru sebaliknya, cenderung kering. Jadilah butuh usaha ekstra untuk mencapai sejumlah tujuan tadi. 

Kondisi kulit kering bahkan terkadang sampai mengelupas memang bisa mengganggu penampilan Mama, misalnya yang dikatakan oleh Thatha, Head of Content Mama’s Choice. Ketika hamil 6 tahun lalu, dengan kondisi kulit yang kering produk makeup tidak bisa menempel sempurna pada wajah. Berujung Mama Thatha kurang percaya diri dandan saat ke kantor karena makeup sulit menempel.

Terlebih ketika ibu hamil dan menyusui sedang memungkinkan menjalankan ibadah puasa. Otomatis asupan cairan sedang mengalami penurunan. Bagaimana cara mengakali, tetap mendapatkan kulit lembap, walau sedang berpuasa? Berikut ada empat cara yang bisa Mama tempuh.

1. Strategi minum air putih

Untuk dapat memenuhi asupan cairan selama berpuasa, Mama butuh strategi menentukan porsi minum. Khusus untuk Mama yang sedang mengandung disarankan mengonsumsi setidaknya 2,5 liter per hari, dan untuk ibu menyusui 2,8 liter per hari. Jumlah tersebut bisa Mama bagi dua, diminum ketika buka dan sahur. Untuk memudahkan, sediakan botol minum ukuran minimal 1 liter, ya, agar mudah menghitungnya.

Kenapa, sih, kulit kita butuh asupan air putih yang mumpuni? Karena menurut penelitian, kulit terdiri dari beberapa jaringan sel yang tercipta oleh cairan, tanpa asupan cairan yang cukup, sel organ pada kulit tidak dapat bekerja secara optimal yang mengakibatkan kulit kering, kencang, dan terkelupas. Jika kondisi ini dibiarkan maka kulit Mama akan rentan mengalami kerutan. 

2. Hindari mandi dengan air yang terlalu panas

Menurut Dr. Harry Dao, seorang asisten profesor dermatologi dari Baylor College of Medicine “kulit kering merupakan penyebab utama dari gatal dan iritasi, sehingga penting untuk menghindari mandi dengan air yang terlalu panas”. Jika Mama merasakan kulit yang tertarik kencang sehabis mandi air panas, sebaiknya jangan lakukann hal ini saat kondisi kulit Mama sedang kering mengelupas. Mandilah dengan suhu hangat suam-suam kuku atau air dengan suhu ruangan.

3. Rajin menggunakan moisturizer

Moisturizer merupakan basic skincare yang wajib Mama gunakan untuk menjaga kelembapan kulit setiap hari. Tidak hanya melembapkan, saat ini banyak produk moisturizer yang menawarkan hasil lainnya seperti mencerahkan dan menghaluskan.

Di sisi lain, Mama wajib kritis dan pintar dalam memilih produk moisturizer yang aman. Apalagi jika Mama sedang mengandung atau menyusui. Mama wajib memastikan kandungan dari moisturizer yang Mama gunakan aman untuk Mama dan bayi.

Sebagai penyedia produk kebutuhan ibu hamil dan menyusui, Mama’s Choice menyadari bahwa menjalani peran sebagai ibu dengan minim rasa khawatir akan membuat seorang Mama maksimal memberikan kasih sayangnya kepada buah hati tersayang.

Salah satunya dengan menghadirkan Mama’s Choice Daily Protection Moisturizer, merupakan produk pertama di Indonesia sebagai skincare yang Aman, Halal dan Natural, fokus memenuhi kebutuhan ibu hamil dan juga menyusui. 

Mengapa Mama’s Choice Daily Protection Moisturizer cocok untuk ibu hamil dan menyusui?

  • Kandungan moisturizer yang alami dari ekstrak beras dapat mencerahkan wajah.
  • Mengandung mineral sunscreen sebagai pelindung wajah Mama dari paparan sinar UVA dan UVB dengan SPF 25PA++.
  • Mengandung Hyaluronic Acid yaitu kandungan pelembap yang aman untuk ibu hamil dan menyusui yang berfungsi mengunci kadar air dalam kulit.
  • Tidak mengandung aroma, dan alkohol.
  • Teruji klinis dermatologis tidak menimbulkan alergi.
  • Bersertifikat Halal dan terdaftar BPOM.

Baca juga: Kategori Skincare yang Aman Untuk Ibu Hamil dan yang Perlu Dihindari

4. Konsumsi makanan dengan kandungan air tinggi

Istilah “you are what you eat” memang sangat tepat. Karena kondisi kesehatan Mama sangat berpengaruh dari apa yang Mama konsumsi. Untuk itu, cara agar kulit wajah tetap lembap dengan cara alami adalah dengan mengonsumsi makanan alami berupa sayur dan buah yang mengandung banyak cairan. Jika Mama termasuk orang yang tidak bisa minum air putih terlalu banyak, bantu dengan  mengonsumi buah seperti semangka, pir, strawberry, kiwi dan sejenisnya. Untuk sayuran, semua sayuran hijau seperti pakcoy, bayam, sawi hijau mengandung cairan yang cukup menghidrasi tubuh Mama seharian dan juga memenuhi kebutuhan cairan pada sel kulit.

Semoga kiat seputar cara agar kulit wajah tetap lembap tersebut bisa membantu mengatasi kulit kering Mama selama menjalankan ibadah puasa, ya. Jangan lupa bagikan informasi ini juga kepada Mama lainnya, ya, karena banyak Mama di luar sana juga yang harus merasakan bahwa dirinya berhak cantik dengan kulit yang sehat walau sedang mengandung ataupun menyusui.

 

SHARE THIS POST

Mama's Choice Team

Mama's Choice Team

Kami tim yang terdiri dari Ibu, Ayah dan para Ahli yang berkomitmen dengan sepenuh hati agar Mama & keluarga memperoleh informasi jujur dan mendapat pilihan yang lebih baik dalam kehidupan dengan menciptakan produk aman, halal dan natural.

Featured Article
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Jangan Panik Saat Bayi Rewel Tumbuh Gigi, Lakukan 3...
Learn more
Card image
Pumping ASI? Kenali Risiko dan Manfaatnya, Yuk, Ma!
Learn more
Card image
Normalkah Jika Janin Terlalu Aktif Bergerak? Simak...
Learn more