Rambut Rontok Setelah Melahirkan, Normal Nggak, Ya?

Rambut rontok setelah melahirkan dialami banyak Mama, pertanyaannya sekarang, normal nggak, sih?

Banyak dari Mama yang tidak menyadari bahwa fenomena rambut rontok memang akan terjadi pada sebagian ibu, setelah melahirkan. Ternyata hal ini juga dialami oleh Mama Febby, Head of Customer Experience.

Mama Febby kaget, saat habis keramas dan menyisir, rambut rontok bertebaran di lantai. Awalnya ia mengira ini hal yang biasa saja, dan akan mereda seiring berjalannya waktu. Tapi ternyata seiring berjalannya waktu, dan ada tindakan penanganan khusus, menimbulkan efek yang sangat fatal. Garis rambutnya kini melebar, volume rambut menipis, dan juga tampak gejala kebotakan.

Penyebab rambut rontok setelah melahirkan

Mama Febby baru tersadar bahwa kondisi yang ia alami sudah serius. Sampai akhirnya dirinya menemukan sebuah artikel dari todaysparent.com, seorang pakar masalah kulit kepala dan rambut dari Asosiasi Internasional Trichologist Australia bernama David Salinger menyebutkan rambut rontok setelah melahirkan merupakan efek samping yang normal dialami 90% wanita, kejadian ini dalam bahasa medisnya bernama postpartum alopecia.

Postpartum Alopecia bisa terjadi setelah melahirkan karena pada masa kehamilan terjadi peningkatan produksi kadar esterogen dan progesteron dalam tubuh Mama. Ketika hamil rambut akan terasa lebih tebal dan jarang mengalami kerontokan, bahkan terlihat anak rambut di sekitar kulit kepala Mama. 

Lalu pasca persalinan, produksi dua hormon tadi akan kembali ke level normal. Berbanding lurus dengan pertumbuhan rambut yang kembali ke sedia kala. Hal ini yang membuat rambut terlihat rontok dari biasanya.

Jumlah rambut rontok yang normal

David Salinger juga menambahkan, jumlah kerontokan pada rambut yang normal harusnya tidak melebihi 80 helai setiap harinya dan untuk kondisi ibu baru melahirkan akan mengalami 5x lebih banyak kerontokan. Itu tandanya akan terjadi sekitar 400 helai rambut yang rontok dan ini akan berkurang seiring waktu.

Tapi bagaimana kalau rambut rontok tidak juga berkurang, atau bahkan lebih parah? Kalau sudah seperti ini bisa jadi Mama mengalami gangguan kesehatan yang lain. Pastikan kadar gula, zat besi, dan vitamin D Mama terpenuhi, ya.

Tiga cara atasi rambut rontok setelah melahirkan

Jika masih belum mendapati hasil yang signifikan, tenang dulu, ya, Ma. Diingat, semua ini ada sebab dan ujungnya, kok, kita barengi dengan usaha. Seperti tiga hal di bawah ini yang bisa Mama coba.

1. Hindari hair dryer dan catokan

Untuk sementara waktu, membiarkan rambut Mama “istirahat”, dari sentuhan hair dryer dan catokan bisa jadi pilihan yang bijak. Karena panas dari alat-alat tersebut akan membuat rambut Mama semakin rapuh. Solusinya, keringkan rambut Mama secara alami saja atau kalau ingin datang ke acara penting, styling rambut Mama dengan model cepol atau gunakan jepit rambut juga sudah manis, kok, Ma.

2. Menggunakan Hair Treatment yang Tepat

Jangan cemas apalagi sampai panic buying ya Ma, segala semua hair care Mama coba tanpa paham kandungannya aman atau tidak. Terlebih kalau Mama juga sedang menyusui. Harus ekstra teliti, apakah kandungannya aman dan cocok untuk ibu menyusui, dan pastikan tidak memberikan efek negatif untuk Mama dan bayi. 

Kami di Mama’s Choice mengerti, Mama ingin menyeimbangkan kehidupan sebagai pribadi seutuhnya, dan peran sebagai ibu. Tapi, dalam perjalanannya ada banyak rasa khawatir yang mampir. Salah satunya soal penampilan seputar rambut.

Layaknya jalinan pertemanan atau persahabatan, kami ingin selalu ada di saat Mama butuh bantuan, dalam hal ini #KurangiWorry permasalahan rambut rontok Mama, lewat Mama’s Choice Treatment Shampoo & Conditioner Strengthen & Nourish. Hair care kami diformulasikan khusus untuk ibu hamil dan menyusui. Bebas SLS dan paraben, jadi Mama nggak perlu khawatir akan keamanannya. Selain itu, semua bahan yang terkandung halal dan natural.

Nah, salah satu bahan natural yang kami gunakan adalah Kiwi! Ayooo, Mama adakah yang tahu, bahwa buah Kiwi juga bermanfaat, lho, untuk menstimulasi pertumbuhan rambut baru. Wah, keren, ya, Ma? Kebaikan Kiwi untuk tubuh luar dan dalam, ternyata.

Si hijau segar Kiwi akan berkerja sama dengan Kemiri untuk menguatkan akar rambut Mama, supaya mengurangi kerontokan. Caranya dengan mengaktifkan sel induk pada folikel rambut (tempat tumbuhnya rambut, berupa lubang kecil yang terdapat di kulit kepala). Ditambah Green Pea, atau lazim disebut Kacang Polong. Kalau si hijau kecil bulat, tugasnya mengembalikan kesehatan rambut Mama.

Semua bahan natural yang tadi kami sebutkan akan bersinergi #KurangiRontok Mama, karena rambut Mama layak tampil sehat hingga ke akarnya, dalam keadaan hamil maupun menyusui.

3. Perhatikan nutrisi makanan

Sudah memerhatikan perawatan rambut yang aman untuk Mama. Sekarang waktunya fokus ke asupan makanan. Seperti yang sudah disinggung sekilas di awal artikel, mengatasi rambut rontok setelah melahirkan bisa Mama mulai dengan memerhatikan nutrisi dari asupan makanan yang Mama konsumsi sehari-hari. Pastikan konsumsi protein harian Mama tercukupi, baik itu yang sumbernya dari hewani atau nabati. Karena sebagian besar folikel pada rambut, terbentuk dari protein dalam tubuh Mama.

Semua perubahan yang terjadi saat, selama, dan setelah melahirkan memang wajar dialami setiap Mama, termasuk kejadian rambut rontok setelah melahirkan seperti ini. Hal yang Mama perlukan hanya tenang, dan sikapi semuanya dengan bijak. Pilihlah produk yang memang sudah terbukti aman dan teruji klinis, ini harus menjadi fokus Mama setiap saat. Baik itu saat masa kehamilan, sehabis melahirkan, ataupun menyusui.

Semoga Mama bisa terus mempercayai kami sebagai solusi di setiap fase perjalanan Mama sebagai ibu. Produk yang kami lahirkan dikembangkan selama lebih dari 1 tahun oleh para ahli, ibu, ayah dan juga praktisi terbaik. Tak lupa melibatkan puluhan ribu ibu hamil dan menyusui, untuk mengetahui dengan tepat apa yang mereka butuhkan di masa kehamilan dan menyusui. Menciptakannya dengan sepenuh hati, dan menjamin kualitas terbaik agar Mama aman dan nyaman setiap saat. 

SHARE THIS POST

anita

anita

Biasa dipanggil Thatha, senang menulis sejak SMP. Ibu dari satu orang anak laki-laki. Pencinta travelling, kopi, fotografi, dan tanaman hias. "Put your own oxygen mask on first so you have enough air to breathe and energy for yourself before you can assist and give to others.” –NN , adalah prinsip hidupnya menjalani peran sebagai ibu, istri, penulis dan pribadi seutuhnya.

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Jangan Panik Saat Bayi Rewel Tumbuh Gigi, Lakukan 3...
Learn more
Card image
Harus Pumping ASI? Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more
Mama's Choice

Item has been added
to your cart.

Checkout