Search

Rambut Rontok Setelah Melahirkan, Normal Nggak, Ya?

Banyak Mama mengalami rambut rontok setelah melahirkan. Jumlahnya pun tidak tanggung-tanggung, segenggam rambut bisa rontok sekaligus saat disisir. Kondisi ini normal nggak, ya?

Banyak dari Mama berpikir hal ini normal, dan akan mereda. Tapi ternyata seiring berjalannya waktu, garis kulit kepala kian melebar, volume rambut menipis, dan muncul gejala kebotakan. Sebelum terlambat, yuk cari tahu penyebab dan cara mengatasinya!

Penyebab rambut rontok setelah melahirkan

penyebab rambut rontok setelah melahirkan ibu menyusui

Direktur Asosiasi Internasional Trichologist (Ahli Rambut) Australia, David Salinger, menyebutkan rambut rontok setelah melahirkan (postpartum alopecia) merupakan efek samping yang normal dialami 90% wanita.

Postpartum Alopecia atau telogen effluvium merupakan kondisi rambut rontok yang mendadak setelah melahirkan. Kondisi ini dikarenakan oleh peningkatan produksi kadar esterogen dan progesteron pada masa kehamilan yang mengubah siklus rambut sehingga lebih tebal dan jarang mengalami kerontokan. 

Lalu pasca persalinan, produksi dua hormon tadi akan kembali ke level normal. Hal ini yang membuat rambut mendadak lebih rontok dari biasanya.

Jumlah rambut rontok yang normal

Dokter David Salinger juga menambahkan, jumlah kerontokan pada rambut yang normal adalah 80 helai setiap harinya. Namun ibu baru melahirkan akan mengalami 5x lebih banyak kerontokan atau sekitar 400 helai rambut. Kerontokan ini biasanya memuncak pada empat bulan setelah melahirkan dan berlangsung hingga kurang lebih enam bulan. 

Tapi bagaimana kalau rambut rontok tidak juga berkurang, atau bahkan lebih parah? Kalau sudah seperti ini bisa jadi Mama mengalami gangguan kesehatan yang lain. Pastikan kadar gula, zat besi, dan vitamin D Mama terpenuhi, ya.

Tiga cara atasi rambut rontok setelah melahirkan

1. Hindari bahan kimia, hair dryer dan catokan

cara merawat rambut kering dan mengembang, cara merawat rambut mengembang, cara merawat rambut agar tidak mengembang

Untuk sementara waktu, membiarkan rambut Mama “istirahat” dari bahan kimia seperti cat rambut, serta panas hair dryer dan catokan bisa jadi pilihan yang bijak. Karena paparan panas dan bahan kimia akan membuat rambut Mama semakin rapuh.

Cukup keringkan rambut Mama menggunaakan handuk dengan ditepuk-tepuk. Atau kalau ingin hadir ke acara penting, styling rambut Mama dengan model cepol atau gunakan jepit rambut juga sudah manis, kok, Ma.

2. Perhatikan nutrisi makanan

Selain perawatan rambut, Mama perlu fokus ke asupan nutrisi, apalagi bila Mama menyusui. Pastikan konsumsi protein dan zat besi harian Mama tercukupi, baik dari sumber hewani atau nabati. Karena sebagian besar folikel pada rambut, terbentuk dari protein dalam tubuh Mama.

3. Menggunakan Hair Treatment yang Cocok

cara menyuburkan rambut setelah melahirkan secara alami

Melihat rambut rontok yang parah, tak perlu cemas apalagi sampai panic buying dengan membeli segala macam hair care tanpa mengecek apakah kandungannya aman atau tidak. Mama perlu ekstra teliti, apakah kandungannya aman dan cocok untuk ibu menyusui, dan pastikan tidak memberikan efek negatif untuk bayi. 

Shampoo, conditioner dan vitamin rambut yang beredar di pasaran pada umumnya mengandung bahan kimia keras seperti: phthalates (parfum), SLS (pembuat busa), silikon, serta paraben (pengawet). Bayangkan jika bahan ini terkena rambut setiap hari. Bukannya sehat, rambut malah semakin kering, rapuh, dan rontok.

Semakin alami perawatan rambut yang Mama pakai, rambut akan semakin sehat.

Memilih perawatan rambut harian yang bebas dari bahan kimia berbahaya serta mengandung nutrisi alami adalah cara terbaik untuk mengembalikan keindahan rambut Mama.

Mama’s Choice Anti Hair Fall Kit adalah rangkaian perawatan rambut berisi shampoo, conditioner, dan serum yang diformulasikan secara khusus untuk masalah rambut ibu hamil dan menyusui. Ketiganya mengandung kiwi, candlenut, dan green pea yang bekerja secara alami untuk menutrisi, menguatkan akar rambut, dan merangsang pertumbuhannya.

Shampo Anti Rontok untuk Ibu Hamil Menyusui
Jadi Member Mama’s Choice & dapatkan ketiganya hanya Rp 265.050 (HEMAT 46%) di sini!

Mama's Choice Hair and Body Wash, sampo bayi tidak perih di mata

Mama’s Choice Anti Hair Fall Kit aman untuk semua jenis rambut, tidak membuat lepek, dan 100% aman untuk ibu hamil menyusui. Hasilnya, rontok berkurang dan rambut tumbuh lebih lebat!

7 dari 10 Mama sudah membuktikan rambut rontok berkurang dengan pemakaian rutin Mama’s Choice Anti Hair Fall Kit selama 1 minggu.

Coba sendiri, dan rasakan perubahan signifikan pada keindahan rambut Mama setelah detoks menggunakan perawatan rambut Mama’s Choice yang Aman, Halal, dan Natural.

review mama's choice anti hair fall kit

Nah, sekarang Mama tidak khawatir lagi dengan masalah rambut rontok setelah melahirkan kan? Semoga informasi ini membantu Mama ya!

Dapatkan produk perawatan ibu hamil dan menyusui yang aman lainnya dengan harga spesial dan gratis ongkir* di sini!

serum rambut ibu hamil dan menyusui

SHARE THIS POST

anita

Biasa dipanggil Thatha, senang menulis sejak SMP. Ibu dari satu orang anak laki-laki. Pencinta travelling, kopi, fotografi, dan tanaman hias. "Put your own oxygen mask on first so you have enough air to breathe and energy for yourself before you can assist and give to others.” –NN , adalah prinsip hidupnya menjalani peran sebagai ibu, istri, penulis dan pribadi seutuhnya.

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi & Cara Mengatasi Agar...
Learn more
Card image
Tips Lengkap Pumping ASI: Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more

Your Cart (0)

Close

Belanja min Rp300K dapat Rp55,000 off dan free ongkir

Mini Cart

Your cart is empty.

Shop now