Penyebab & Cara Mengatasi Rambut Rontok Saat Menyusui

Oh tidak! Rambut Mama mulai berguguran. Pasti banyak di antara Mama pasti mengeluhkan perihal rambut rontok saat menyusui, bukan? Kondisi ini biasanya muncul ketika bayi menginjak usia 3 bulan dan bisa berlangsung dalam waktu lama. Tapi tenang Ma, ayo cari tahu penyebab rambut rontok saat menyusui dan cara mengatasinya di sini!

Penyebab Rambut Rontok Saat Menyusui

Rambut rontok saat hamil - Mama's Choice

Selama masa kehamilan, rambut Mama mungkin akan terlihat berkilau dan lebih tebal karena adanya peningkatan kadar hormon estrogen dan progesteron. Tapi justru setelah melahirkan, masalah kerontokan rambut mulai muncul.

Nyatanya, hampir seluruh ibu di dunia mengalami masalah kerontokan rambut. Hal ini juga diungkapkan oleh dermatologis Sejal Shah, MD, yang menyatakan bahwa selama kehamilan ada banyak perubahan hormon yang terjadi dan salah satu hal yang dilakukan oleh perubahan hormon tersebut ialah mendorong pertumbuhan rambut. Namun, setelah kehamilan selesai, hormon Mama akan kembali normal.

“Hormon Anda akan kembali normal, sehingga terjadi penurunan kadar estrogen. Hal inilah yang memicu kerontokan kembali terjadi,” ujar dr. Shah.

Nah, fenomena ini ternyata dalam istilah medis disebut sebagai telogen effluvium, Ma. Secara umum, ada beberapa penyebab telogen effluvium, salah satunya peristiwa melahirkan yang memicu jumlah rambut rontok lebih banyak karena memasuki fase istirahat.

Menurut dr. Shah, butuh waktu sekitar tiga bulan untuk memasuki fase rambut rontok. Maka, tidak heran kalau selama ini kerontokan rambut Mama yang menyusui terjadi baru sekitar tiga bulan pascapersalinan.

Berapa Lama Rambut Akan Rontok?

Rambut rontok saat hamil - Mama's Choice

Tenang Ma, jangan panik. Rambut yang rontok selama menyusui tidak akan membuat Mama menjadi botak. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penyebab rambut rontok saat menyusui ialah hormon yang baru saja kembali normal. Jadi, sebetulnya Mama jangan terlalu khawatir saat melihat rambut yang rontok lumayan banyak, ya.

Jika Mama memberikan ASI bagi Si Kecil, kerontokan rambut akan berkurang setelah Mama mulai menyapih, atau mulai memberi susu formula, atau saat mulai memberi MPASI. Namun, mengASIhi atau tidak, umumnya rambut rontok pasca melahirkan ini akan benar-benar kembali normal ketika anak sudah menginjak usia satu tahun.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Saat Menyusui

Nah, setelah tahu apa penyebabnya, sekarang bagaimana ya cara mengatasi rambut rontok saat menyusui? Berikut beberapa tips yang bisa Mama terapkan untuk menguranginya.

1. Potong Rambut

Beberapa Mama lebih memilih memotong pendek rambutnya selama masa menyusui. Selain lebih simple, rambut yang pendek pun lebih sedikit membutuhkan waktu dan biaya perawatan. Dengan rambut yang simple pun, rambut rontok saat menyusui akan jauh lebih berkurang lho, Ma.

2. Hindari Pemanasan Rambut

Untuk mencegah kerontokan lebih parah terjadi, sebaiknya selama masa ini hindari dulu penggunaan alat-alat panas seperti hair dryer serta alat catokan. Selain itu, hindari semua jenis perawatan dengan bahan kimia seperti mewarnai rambut, highlight, perms, smoothing sampai semua kembali normal ya, Ma.

3. Gunakan Perawatan Rambut yang Tepat

Untuk mengurangi rambut rontok saat menyusui, tentu Mama juga harus menggunakan perawatan rambut yang tepat, nih. Misalnya saja pilih sampo yang memiliki bahan alami sehingga bisa menutrisi rambut dengan lebih baik. Jangan lupa gunakan pula kondisioner yang punya formula ringan dan aman agar memperpanjang siklus hidup rambut.

Baca juga: Bahan-bahan dalam Sampo yang Wajib Dihindari Ibu Hamil

Rambut rontok saat hamil - Mama's Choice

Salah satu sampo dan kondisioner yang bisa Mama coba ialah Mama’s Choice Treatment Shampoo & Treatment Conditioner. Rangkaian perawatan rambut dari Mama’s Choice ini khusus diformulasikan untuk memecahkan masalah kerontokan rambut ibu hamil dan menyusui.

Keduanya mengandung dari bahan-bahan alami untuk menutrisi rambut seperti kiwi, kemiri, dan green pea. Selain itu, Mama’s Choice Treatment Shampoo & Treatment Conditioner sudah teruji klinis mencegah rambut rontok dan meningkatkan kekuatan rambut lho, Ma.

Mama perlu mempertimbangkan mengganti sampo dan kondisioner  yang Mama gunakan ke Mama’s Choice Treatment Shampoo & Treatment Conditioner karena produk ini bebas bahan kimia berbahaya seperti SLS, Paraben, serta telah lolos uji Hypoallergenic. Halal lagi!

4. Terapkan Pola Makan Sehat

Merawat bayi yang baru lahir bisa jadi amat melelahkan. Terlebih jika Mama harus menyusui. Ada banyak tekanan dan stres yang dialami ketika seorang ibu memutuskan untuk memberikan ASI eksklusif bagi anaknya.

Untuk itu, demi menjaga kesehatan tubuh, menutrisi dari dalam tubuh seperti menjaga pola makan sehat adalah wajib hukumnya. Pastikan nutrisi seperti zat besi, feritin, zinc, dan vitamin D juga tercukupi. Perbanyak konsumsi makanan sehat yang kaya protein untuk membantu proses pertumbuhan rambut.

5. Konsumsi Vitamin

Setelah melahirkan, dokter kandungan Mama mungkin masih tetap meresepkan vitamin-vitamin yang Mama konsumsi selama masa kehamilan kemarin. Hal ini wajar, karena ternyata konsumsi vitamin pasca lahiran dan selama masa menyusui pun bisa mengurangi rambut rontok dan tentunya meningkatkan kualitas ASI.

Nah, itulah penyebab dan cara mengatasi rambut rontok saat menyusui. So, #KurangiWorry, terapkan gaya hidup sehat, dan kurangi stres untuk mengurangi kerontokan rambut dan ASI yang berlimpah.

Semangat, Ma!

 

SHARE THIS POST

anita

anita

Biasa dipanggil Thatha, senang menulis sejak SMP. Ibu dari satu orang anak laki-laki. Pencinta travelling, kopi, fotografi, dan tanaman hias. "Put your own oxygen mask on first so you have enough air to breathe and energy for yourself before you can assist and give to others.” –NN , adalah prinsip hidupnya menjalani peran sebagai ibu, istri, penulis dan pribadi seutuhnya.

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Jangan Panik Saat Bayi Rewel Tumbuh Gigi, Lakukan 3...
Learn more
Card image
Harus Pumping ASI? Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more
Mama's Choice

Item has been added
to your cart.

Checkout