Begini Cara Pasta Gigi Tanpa Fluoride Melindungi Gigi!

Mama's Summary

  • Tak ada fluoride pada pasta gigi? Tidak masalah! Masih banyak alternatif bahan natural lain yang lebih sehat dan aman untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.
  • Fungsi fluoride untuk melindungi gigi dan gusi, bisa digantikan dengan kalsium dan juga siwak. Positifnya, kedua bahan alami ini tidak menyebabkan efek samping sedikitpun baik jangka pendek ataupun jangka panjang.

Mama, sudah tahu kan kalau pasta gigi tanpa fluoride lebih aman melindungi gigi? Dilansir dari American Cancer Society, kadar fluoride yang berlebihan bisa menyebabkan osteoporosis dan pada akhirnya akan memudahkan sel kanker tumbuh di dalam tubuh.

Tapi, bagaimana sih, kinerja pasta gigi tanpa fluoride? Apakah tetap bisa melindungi gigi dan gusi secara menyeluruh? Simak penjelasannya lebih lanjut di artikel Mama’s Choice berikut ini, yuk!

Siwak dan kalsium sebagai pengganti fluoride

siwak dapat menggantikan fungsi fluoride

Meskipun fluoride tidak disarankan, tapi fluoride tetap banyak digunakan sebagai salah satu komponen utama pasta gigi. Di sini, fluoride berfungsi untuk menguatkan gigi, membersihkan enamel gigi, serta mencegah gigi berlubang.

Sayangnya, jarang sekali pasta gigi yang menampilkan berapa banyak kadar fluoride yang terdapat dalam produknya. Padahal, jika dikonsumsi atau kontak dengan tubuh dalam jumlah yang terlalu banyak, fluoride bisa menjadi zat yang bisa membahayakan kesehatan.

Pada dasarnya, peran fluoride untuk menguatkan gigi bisa digantikan dengan beberapa bahan lain. Adapun beberapa alternatif zat alami yang bisa menggantikan fungsi fluoride, antara lain:

  • Kalsium
  • Siwak
  • Teh hijau
  • Klorofil

Beberapa zat di atas memiliki fungsi yang hampir sama untuk kesehatan gigi dan mulut. Jika terdapat beberapa bahan lain yang mendukung, bahan-bahan tersebut tentu akan saling melengkapi.

Seperti halnya siwak dan kalsium, kedua zat ini sama-sama berfungsi menguatkan gigi dan diperoleh dari bahan yang aman dan alami.

Alternatif bahan alami lainnya juga bisa diperoleh dari daun teh hijau dan klorofil. Selain menguatkan akar gigi, kedua zat ini juga dapat mencegah adanya peradangan pada gusi dan mulut.

Kalsium pada pasta gigi sudah mencukupi

Fungsi kalsium untuk kesehatan gigi

Tanpa adanya fluoride pada pasta gigi, fungsi kalsium pada dasarnya sudah memenuhi kebutuhan seseorang untuk menjaga kesehatan dan kekuatan gigi. Terlebih lagi, beberapa pasta gigi juga diperkaya dengan takaran kalsium yang cukup tinggi, untuk memberikan perlindungan ekstra pada gigi dan gusi.

Misalnya, dengan memangkas kadar fluoride dan menggantikannya dengan lebih banyak kadar kalsium, pasta gigi tanpa fluoride tetap optimal untuk menguatkan gigi dengan cara yang aman, sehat, dan alami.

Terlebih lagi jika pasta gigi tanpa fluoride tersebut juga dilengkapi dengan bahan alami yang juga bermanfaat untuk kesehatan gigi dan gusi, seperti Mama’s Choice Maternity Toothpaste dengan ekstrak siwak dan klorofil di dalamnya. 

Pasta gigi tanpa fluoride, jauh lebih sehat dan aman

Bagi ibu hamil dan menyusui, fluoride sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi karena bisa berdampak pada kesehatan janin atau bayi. Tentu, pasta gigi tanpa fluoride merupakan pilihan yang jauh lebih aman, sehat, dan bermanfaat karena tidak memberikan efek samping sedikitpun bagi tubuh. 

Peran fluoride yang dapat digantikan dengan alternatif bahan alami lainnya, tetap bisa memenuhi kebutuhan kesehatan gigi dan mulut Mama, kok! Pasta gigi tanpa fluoride akan tetap bekerja secara optimal dan membantu Mama merawat kesehatan gigi dan gusi selama masa kehamilan hingga menyusui.

Lebih menguntungkannya lagi, pasta gigi tanpa fluoride jauh lebih sehat dan bisa digunakan untuk anak-anak serta keluarga. Selamat mencoba, ya, Ma!

Baca juga: 4 keuntungan memilih pasta gigi tanpa fluoride, apa saja, ya?

Mama, yuk jadi yang pertama mencoba produk Mama’s Choice secara eksklusif! Daftar di sini untuk dapatkan kesempatannya. Gratis!

 

SHARE THIS POST

Tya

Tya

Gemar menulis dan bercerita. Membagikan kisah, pengalaman dan inspirasi melalui kata-kata. Perempuan yang terlihat melodrama, tapi suka tertawa. Sedang bersiap-siap menanti kehadiran si kecil dalam hidupnya. Agar semakin menyenangkan, berceritalah ia. Di sini.

Featured Article
Card image
9 Manfaat Siwak dalam Pasta Gigi, Ternyata Seefektif...
Learn more
Card image
Perut Kencang Saat Hamil, Pertanda Apa?
Learn more
Card image
Gigi Lebih Sensitif, Kapan Sebaiknya Ibu Hamil Ke...
Learn more
Card image
Agar Bayi Tak Tersedak, Lakukan 6 Posisi Menyusui yang...
Learn more