Nyeri Ulu Hati Saat Hamil, Apa Sebabnya?

Dada terasa sakit, nafas hampir sesak, dan nyeri pada ulu hati. Hal ini sering dirasakan oleh ibu hamil terlebih lagi memasuki usia trimester ketiga. Tapi, apa sebenarnya penyebab nyeri ulu hati saat hamil?

Penyebab nyeri ulu hati saat hamil

sakit di ulu hati saat hamil

Pada dasarnya, perubahan hormon selama kehamilan dapat mengganggu sistem pencernaan, dan menyebabkan kelebihan gas dan sembelit saat hamil. Kelebihan gas dan sembelit inilah yang  dapat berisiko menyebabkan sakit perut bagian kiri atau area ulu hati. 

Hormon yang meningkat drastis selama kehamilan membuat pencernaan lebih lambat. Akibatnya, gas dan asam lambung meningkat dan membuat perut terasa sakit serta sesak hingga berpengaruh ke ulu hati.

Apakah nyeri ulu hati saat hamil berbahaya?

ulu hati nyeri saat hamil

Pada dasarnya, nyeri ulu hati tidak berbahaya untuk kesehatan janin di dalam kandungan asalkan ditangani dengan tepat.

Sebab, masalah nyeri ulu hati ini sangat berkaitan erat dengan pencernaan. Umumnya, ibu hamil yanag mengalami nyeri ulu hati akan kehilangan nafsu makan. Padahal, selama kehamilan, kebutuhan nutrisi wajib terpenuhi.

Kondisi ini juga memicu mual dan muntah berlebihan. Namun, Mama juga perlu mewaspadai jika Mama memiliki riwayat penyakit jantung. Adapun gejala penyakit jantung dengan nyeri ulu hati ini serupa tapi tak sama.

Tentu saja, masalah nyeri ulu hati juga tidak menjadi berbahaya jika ditangani dengan konsumsi obat yang tepat. Pastikan selalu konsumsi obat-obatan dari resep dokter kandungan sehingga Mama tidak kelebihan dosis atau berisiko salah obat.

Jangan panik, atasi nyeri ulu hati dengan 6 cara ini

1. Makan sedikit, tapi sering

Selama hamil, Mama wajib mengonsumsi makanan kaya nutrisi demi perkembangan janin. Untuk mengatasi nafsu makan yang hilang akibat nyeri ulu hati, Mama harus tetap menjaga pola makan yang teratur.

Makanlah dalam porsi sedikit tapi sering. Usahakan jangan terlalu lapar saat kana makan dan jangan terlalu kekenyangan saat mengakhiri makan.

2. Hindari kafein

Kafein dapat memicu asam lambung dan menyebabkan perut terasa penuh. Hal ini tentu akan memperparah kondisi nyeri ulu hati selama hamil.

3. Hindari makanan pemicu asam lambung

Sama halnya seperti kafein, sebaiknya Mama juga menghindari berbagai makanan pemicu asam lambung. Contohnya adalah makanan pedas, makanan asam, bersantan dan berlemak.

mengatasi nyeri ulu hati dengan jahe hangat

4. Jahe hangat

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat menetralkan asam lambung. Rendam 1 ruas jahe yang telah dihancurkan ke dalam secangkir air hangat. Konsumsi 2-3 kali sehari untuk meredakan nyeri ulu hati sekaligus menjaga stamina tubuh.

5. Kompres dengan air hangat

Manfaatkan botol air panas atau botol kaca yang ada di rumah. Isi dengan air panas dan kompres ke bagian dada dan perut selama 15-20 menit.

6. Latihan pernafasan

Nyeri ulu hati jika dibiarkan bisa mengakibatkan nafas sesak. Untuk itu, tak ada salahnya Mama mencoba melatih pernapasan di pagi hari saat udara masih sangat sejuk.

Untuk mengulanginya saat sore hari, Mama bisa melakukannya di rumah. Gunakan Mama’s Choice Relaxing Massage Oil sebagai aromaterapi dengan menggunakan diffuser favorit Mama.

Mama’s Choice Relaxing Massage Oil (100 ml) | Rp 99,000

Aromanya, hmm… Sangat menenangkan! Diperkaya dengan lavender oil, produk ini juga dapat meningkatkan kualitas tidur Mama, lho!

Tertarik mencoba? Klik banner sekarang untuk cari tahu informasinya! Masih ada diskon tambahan hingga 40% dan gratis biaya kirim ke seluruh Indonesia!*

Mama's Choice

 Referensi: How to Adult, Doctors Health Press

SHARE THIS POST

Tya

Tya

Gemar menulis dan bercerita. Membagikan kisah, pengalaman dan inspirasi melalui kata-kata. Perempuan yang terlihat melodrama, tapi suka tertawa. Sedang bersiap-siap menanti kehadiran si kecil dalam hidupnya. Agar semakin menyenangkan, berceritalah ia. Di sini.

Featured Article
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Jangan Panik Saat Bayi Rewel Tumbuh Gigi, Lakukan 3...
Learn more
Card image
Pumping ASI? Kenali Risiko dan Manfaatnya, Yuk, Ma!
Learn more
Card image
Normalkah Jika Janin Terlalu Aktif Bergerak? Simak...
Learn more
Mama's Choice

Item has been added
to your cart.

Checkout