New Normal untuk Ibu Hamil, Apa Saja yang Harus Disiapkan?

Beradaptasi dengan new normal tidak mudah, termasuk persiapan new normal untuk ibu hamil, tapi pasti bisa. Asalkan kita tahu apa saja yang harus dipersiapkan!

Baru saja menikmati masa-masa kehamilan, lalu datang lagi situasi yang butuh penyesuaian ekstra – new normal! Tenang Mama, jangan panik duluan, ya. Kita cari tahu dulu bersama-sama tentang new normal ini. 

Definisi New Normal?

Seperti yang Mama mungkin juga sudah tahu, wacana diberlakukan New Normal sudah diberitakan di mana-mana. Menilik definisinya dikutip dari Kompas.com 20 Mei 2020, Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmita mengatakan, new normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal.

Poinnya secara garis besar kita semua akan beraktivitas seperti sedia kala di luar rumah, hidup “berdampingan” dengan COVID-19. Tentu saja wajib menerapkan sejumlah SOP perilaku hidup sehat agar terhindari dari paparan virus.

Selain itu secara bertahap fasilitas umum akan dibuka, misalnya perkantoran, rumah ibadah, mall, restoran, tempat rekreasi dan lain-lain. Nah, khusus ibu hamil bagi ibu hamil di Jakarta, Anies Baswedan menegaskan dalam siaran langsung akun Youtube Pemprov DKI Jakarta, Kamis (4/6/2020), bahwa ibu yang sedang hamil tidak boleh memasuki kawasan rekreasi, baik itu indoor maupun outdoor.

Yaaa, menurut saya, sebagai tindakan preventif lebih baik masih meminimalkan kegiatan di luar ruangan yang bertemu dengan banyak orang. Mencegah masih jauh lebih baik daripada mengobati, toh?

Lalu ibu hamil harus mempersiapkan apa saja? 

Untuk Mama yang sedang hamil, tapi terkondisikan keluar rumah secara regular karena berbagai alasan, khususnya yang harus kembali kerja, Mama’s Choice mencoba merangkum perlengkapan apa saja yang sebaiknya Mama bawa dalam tas. 

– Tisu kering

– Tisu basah

– Hand sanitizer

– Sabun cair

Mama’s Choice Relaxing Massage Oil

Mama's Choice Product listing (4)

Hirup aromanya ketika Mama sedang merasa lelah atau dilanda stres karena pekerjaan. Aroma lavendernya, perlahan akan memberikan efek menenangkan.

Mama’s Choice Herbal Oil

Pas sampai kantor, badan pegal-pegal karena dibonceng pak suami di motor, nyetir mobil sendiri, atau mengejar jadwal keberangkatan MRT? Olesin aja di bagian tubuh yang terserang pegal. Kandungan minyak Cajuput akan bekerja menghangatkan, dan mengendurkan otot-otot Mama yang kaku. Aromanya juga nggak menyengat dan ganggu Mama selama kerja.

– Botol/termos air panas + Mama’s Choice Pregnancy Supplement Morning Sickness Relief

Untuk Mama yang baru saja menginjak kehamilan trimester pertama tapi udah harus ngantor, jangan absen menyimpan, ini, ya. Kandungan jahe dan lemonnya yang perlahan mengalir di tenggorokan, mampu meredakan rasa mual Mama.

– Pouch make up, jangan lupa sertakan Mama’s Choice Daily Protection Moisturizer

Moisturizer sekaligus mineral sunscreen ini, akan memberikan manfaat ganda untuk Mama. Mengunci kelembapan dari dalam sekaligus melindungi Mama dari paparan sinar matahari.

– Masker cadangan

– Bekal makan siang + camilan

– Alat ibadah pribadi

Selain itu, untuk Mama yang punya riwayat kesehatan khusus, penting untuk lebih dulu konsultasi ke obgyn masing-masing. Untuk memastikan selama berakvitas di luar ruangan Mama dan janin terjamin keselamatannya. 

Dari segi psikis, juga butuh persiapan khusus!

Kata Irma Gustiana Andriani, M.Psi, Psi (Psikolog Anak & Keluarga dan Founder @ruangtumbuh.id), saat akan menghadapi kenormalan yang baru ibu hamil perlu mendapatkan dukungan atau support dari pasangan dari keluarga dan juga tenaga medis serta teman-teman yang positif, untuk membuat seorang ibu ini lebih siap dan lebih positif menghadapi era baru nanti.

Mama harus proaktif memperkaya diri dengan informasi

Selain itu, Irma juga menjelaskan, tak kalah penting Mama menggali informasi terkait new normal yang akan dihadapi.

“Cari informasi yang lengkap terpercaya mengenai situasi yang terkait dengan episode era baru tersebut sehingga dengan mengedukasi diri maka pikiran menjadi lebih positif dan lebih tenang,” jelas Irma.

Irma juga mengingatkan Mama, “jangan lupa untuk melakukan aktivitas yang bisa membuat pikiran dan tubuh dalam keadaan tenang dan nyaman sehingga janin pun akan tetap sehat di kandungan misalnya dengan meditasi, yoga relaksasi dan lain sebagainya.”

 

SHARE THIS POST

anita

anita

Biasa dipanggil Thatha, senang menulis sejak SMP. Ibu dari satu orang anak laki-laki. Pencinta travelling, kopi, fotografi, dan tanaman hias. "Put your own oxygen mask on first so you have enough air to breathe and energy for yourself before you can assist and give to others.” –NN , adalah prinsip hidupnya menjalani peran sebagai ibu, istri, penulis dan pribadi seutuhnya.

Featured Article
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Jangan Panik Saat Bayi Rewel Tumbuh Gigi, Lakukan 3...
Learn more
Card image
Pumping ASI? Kenali Risiko dan Manfaatnya, Yuk, Ma!
Learn more
Card image
Normalkah Jika Janin Terlalu Aktif Bergerak? Simak...
Learn more
Mama's Choice

Item has been added
to your cart.

Checkout