Mulut Pahit Saat Hamil? Lakukan Cara Ini Agar Nafsu Makan Tetap Terkendali

“Duh kenapa ya mulut aku kok rasanya pahit, seperti terasa ada logamnya terus. Padahal sudah gosok gigi?” Nah, Mama mengalami mulut pahit saat hamil juga? Tenang, Mama tidak sendiri, kok!

Kondisi mulut pahit umumnya wajar dialami oleh setiap ibu hamil, khususnya di awal trimester pertama. Secara medis, kondisi mulut pahit seperti ini juga disebut dengan dysgeusia.

Tentu saja, salah satu faktor utamanya adalah perubahan hormon. Hormon selama kehamilan ini rupanya yang memicu timbulnya rasa logam atau pahit di mulut karena adanya perubahan sensorik. Ya, lidah dan area mulut saat hamil ikut menjadi lebih sensitif!

Biasanya kondisi ini bisa membuat morning sickness menjadi lebih parah. Tak jarang kondisi ini pun membuat makanan terasa lebih pahit atau meninggalkan rasa tidak enak setelah mengonsumsi makanan.

penyebab mulut pahit saat hamil

Kapan biasanya ibu hamil mengalami mulut pahit?

Penelitian menunjukkan bahwa kondisi ini akan lebih sering muncul saat usia kehamilan trimester pertama, lalu akan membaik pada kehamilan usia lebih akhir.

Kondisi ini bisa menghilang setelah melahirkan namun pada beberapa ibu bisa bertahan lebih panjang. Hal ini bisa terjadi lebih parah khususnya ketika Mama sudah mengalami morning sickness atau bahkan hiperemesis gravidarum. 

Begitu juga jika Mama terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan pemanis buatan, maupun mengonsumsi makanan-makanan berbau tajam seperti bawang, petai, atau jengkol.

Apa penyebab mulut pahit pada ibu hamil?

dysgeusia pada ibu hamil

Dysgeusia ini bisa terjadi karena pengaruh hormone kehamilan, khususnya hormon estrogen. Hormon ini menjadi faktor pengendali indera perasa pada ibu hamil.

Tingkat estrogen ini bisa memengaruhi fluktuasi indera perasa sehingga bisa menyebabkan adanya rasa logam di mulut. Peningkatan retensi air selama kehamilan pun diketahui bisa memengaruhi kondisi dysgeusia.

Selain karena faktor hormonal, ada beberapa kondisi lain yang berhubungan dengan kondisi mulut pahit saat hamil, di antaranya :

  • Kondisi mulut yang kering
  • Mengalami infeksi di mulut
  • Efek dari vitamin maupun suplemen
  • Efek dari obat resep
  • Mengalami radang gusi
  • Penyakit ginjal
  • Penyakit hati
  • Pengobatan kanker
  • Kondisi kanker

Pada beberapa kondisi, memang kondisi ini perlu pemeriksaan lebih lanjut khususnya bila mengalami gejala abnormal lainnya, Ma. Namun pada kebanyakan kasus, kondisi mulut pahit sama sekali tidak membahayakan kehamilan.

Cara mengatasi mulut pahit saat hamil

cara mengatasi mulut pahit saat hamil

Ada beberapa kebiasaan sederhana yang bisa ibu hamil lakukan untuk membantu mengatasi kondisi mulut pahit ini. Beberapa hal yang bisa dilakukan antara lain :

  • Mengunyah permen karet tanpa gula saat ingin ngemil diketahui bisa membantu mengatasi rasa mual dan rasa pahit di mulut
  • Mengonsumsi biskuit asin sedikit demi sedikit saat waktu ngemil untuk menghilangkan rasa logam di mulut
  • Minum banyak air putih agar mulut tidak kering dan tidak terasa pahit
  • Mengonsumsi makanan pedas dalam jumlah yang tidak terlalu banyak untuk menyamarkan rasa pahit dan menghindari sembelit
  • Minum jus jeruk, rasa asam bisa menyamarkan rasa pahit dan logam yang dirasakan
  • Mengonsumsi apel hijau untuk mengurangi rasa pahit
  • Minum air jahe hangat saat setelah mengalami morning sickness
  • Memilih peralatan makan dari plastik dibanding alat makan yang terbuat dari logam
  • Menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan pasta gigi yang aman ibu hamil
  • Membersihkan sela-sela gigi dengan mouthwash yang aman untuk ibu hamil

Mama's Choice Mouthwash

Mama’s Choice Mouthwash (100 ml) | Rp 29,000

Mama’s Choice Mouthwash hadir sebagai obat kumur non-alkohol dan non-fluoride yang juga diperkaya dengan bahan-bahan natural. Beberapa diantaranya ialah klorofil, allantoin, serta ekstrak mint.

Formula yang aman, halal dan natural ini tentu bisa digunakan untuk ibu hamil dan menyusui. Selain tanpa alkohol dan tanpa fluoride, mouthwash alami ini juga tidak mengandung triclosan, sehingga tidak akan mengganggu pertumbuhan janin di dalam kandungan ataupun bayi yang menerima ASI.

Produk ini akan membantu Mama menetralkan kondisi mulut agar tidak dipenuhi rasa asam yang mengakibatkan mulut menjadi pahit. Selain itu, pH mulut juga akan lebih seimbang dengan penggunaan yang rutin.

Kumur-kumur dengan Mama’s Choice Mouthwash selama 30 detik setiap setelah menyikat gigi. Cara ini terbukti ampuh untuk meredakan kondisi mulut pahit selama kehamilan.

Tertarik mencoba? Klik banner untuk mendapatkan gratis pengiriman ke seluruh Indonesia*.

deodoran untuk bau badan ibu hamil

Referensi: Parenting Firstcry, Healthline

SHARE THIS POST

Tya

Tya

Gemar menulis dan bercerita. Membagikan kisah, pengalaman dan inspirasi melalui kata-kata. Perempuan yang terlihat melodrama, tapi suka tertawa. Sedang bersiap-siap menanti kehadiran si kecil dalam hidupnya. Agar semakin menyenangkan, berceritalah ia. Di sini.

Featured Article
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Jangan Panik Saat Bayi Rewel Tumbuh Gigi, Lakukan 3...
Learn more
Card image
Pumping ASI? Kenali Risiko dan Manfaatnya, Yuk, Ma!
Learn more
Card image
Normalkah Jika Janin Terlalu Aktif Bergerak? Simak...
Learn more
Mama's Choice

Item has been added
to your cart.

Checkout