Mengikuti Tren Foto Bayi Baru Lahir dengan Aman

Sebagai orang tua, pasti kita ingin mengabadikan momen berharga bersama anak. Salah satunya adalah ketika ia baru lahir ke dunia dengan wujudnya yang menggemaskan. Karena alasan tersebut, kini banyak orang tua yang mengabadikan foto bayi mereka lewat baby photoshoot.

Mengikuti tren memang sah-sah saja. Apalagi jika Mama sampai mendapatkan foto bayi lucu yang dapat dikenang sepanjang masa. Sepertinya berharga sekali ya, Ma? Tetapi, ada satu hal yang perlu Mama ketahui. Foto bayi atau baby photoshoot dapat menyakiti bayi pada saat proses pengambilannya. 

Jadi sebelum memotret bayi baru lahir, kenali terlebih dahulu yuk Ma pose apa saja yang kurang aman untuk dilakukan si kecil.

5 Pose Foto Bayi yang Berbahaya untuk Ditiru Sendiri

Mungkin Mama pernah browsing dan mencari inspirasi foto bayi lucu yang ingin Mama tiru. Tapi Mama tau nggak, kalau foto bayi yang Mama liat di internet pada umumnya dilakukan oleh fotografer profesional. Pada kenyataannya, banyak dari pose-pose bayi itu tidak benar-benar terjadi. Alias… di photoshop, Ma! :p

Mama masih bisa kok melakukan baby photoshoot meski tanpa fotografer profesional. Tapi Mama harus ekstra hati-hati. Ini dia 6 pose foto bayi yang tidak kami anjurkan untuk ditiru sendirian.

Baca juga: Mama’s Choice Raih Penghargaan Top Choice Versi Pembaca theAsianparent

1. Bayi dalam box

Pemotretan untuk bayi biasanya dilakukan saat mereka berusia tidak lebih dari 10 hari. Hal ini dikarenakan tulang mereka yang masih lentur dan belum seutuhnya menyatu. Dalam keadaan ini, bayi akan jadi lebih mudah diletakkan di dalam benda kecil seperti kotak box, sangkar atau properti lainnya.

bayi dalam box

Sebenarnya, pose seperti ini terbilang cukup aman dan tidak terlalu berbahaya. Yang perlu Mama perhatikan adalah ukuran properti yang tidak terlalu sempit atau dipenuhi banyak barang. Buat si kecil tetap merasa nyaman dengan memastikan bahwa properti memiliki ruang yang luas untuknya sehingga ia tidak merasa tergencet. 

2. Bertopang dagu

Duh, membayangkannya saja sudah gemas sendiri, ya? Pose ini memang merupakan salah satu pose favorit para orang tua. Sayangnya, bayi baru lahir tidak memiliki tenaga yang cukup untuk menopang kepala di atas kedua tangannya. 

bayi bertopang dagu
Sumber: https://www.laurenmurphyphotography.com/

Artinya, si kecil membutuhkan bantuan untuk tetap menegakkan kepala di atas kedua tangannya. Hal ini tentu memerlukan tenaga profesional baik dalam segi pengambilan gambar dan juga pengeditan. Jangan coba untuk mengambil foto seperti ini sendirian pose ya, Ma.

3. Kepala yang bertumpu pada lengan

Pose yang ini juga nggak kalah menggemaskan dan nggak kalah berbahayanya dengan pose bertopang dagu. Selain karena lengan bayi belum cukup kuat, bagian leher pun juga belum mampu menegakkan kepala yang merupakan bagian terberat pada tubuhnya. Dengan kata lain, bayi harus mendapatkan dukungan untuk membuat kepalanya tegak.

Tidak jauh berbeda dengan bertopang dagu. Jika pose ini benar-benar mencuri hati Mama, maka Mama perlu menyewa tenaga ahli untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan meminimalisir risiko yang ada.

4. Menggantung

menggantung di ranting

Menggantungkan si kecil pada properti seperti ranting atau kain merupakan ide yang brilian. Namun lagi-lagi Mama nggak boleh melakukannya sendiri. Jika Mama menemukan foto menggantung seperti ini di internet, Mama bisa memastikan bahwa foto tersebut adalah hasil editan!

Tentu saja bayi tidak benar-benar digantung. Para fotografer profesional yang mengambil foto ini menggunakan trik khusus untuk membuatnya terlihat seperti melayang. jika Mama kekeh ingin memfoto si kecil dengan pose ini, siapkan budget lebih untuk menyewa fotografer ya, Ma.

5. Duduk 

bayi duduk

Baik duduk di kursi, di lantai, di kasur atau di mana pun itu, bayi baru lahir tidak bisa melakukan itu. Yah, lagi-lagi photoshop dan fotografer profesional deh, Ma. Trik yang para fotografer lakukan adalah dengan mendudukan bayi di pangkuan orang tuanya. Sisanya, biarkan photoshop yang bekerja.

Itu dia 5 pose foto bayi yang tidak bisa Mama lakukan sendiri. Meski membutuhkan tenaga profesional, memiliki foto buah hati yang lucu dan unik merupakan hal berharga yang bisa Mama pegang sepanjang masa. Terlepas dari itu semua, Mama harus tetap mengutamakan keselamatan si kecil, ya. #PilihanAmanMama adalah awal untuk segalanya.

beli sekarang

SHARE THIS POST

Avatar

fakhrana

Seorang wanita yang menumpahkan perasaannya pada kata, karena ia percaya kata memiliki kuasa. Terus menulis hingga terasa penuh dan terisi, selalu senang ketika menginspirasi.

Featured Article
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Jangan Panik Saat Bayi Rewel Tumbuh Gigi, Lakukan 3...
Learn more
Card image
Pumping ASI? Kenali Risiko dan Manfaatnya, Yuk, Ma!
Learn more
Card image
Normalkah Jika Janin Terlalu Aktif Bergerak? Simak...
Learn more