Search

8 Manfaat Tahu untuk Ibu Hamil, Bolehkah Makan Setiap Hari?

Tahu adalah salah satu makanan favorit orang Indonesia. Apalagi saat hamil dan dilanda mual, tahu mungkin menjadi makanan “penyelamat” ibu hamil karena rasanya yang ringan dan aroma yang tidak menyengat. Tapi, apakah Mama sudah mengetahui manfaat dan risiko makan tahu untuk ibu hamil atau bolehkah makan sering-sering? Baca tips selengkapnya di sini

8 Manfaat Tahu untuk Ibu Hamil

manfaat tahu untuk ibu hamil

Menurut WebMD, tahu mengandung asam amino esensial yang tidak dapat dibuat oleh tubuh manusia. Protein tahu bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan menyehatkan kulit.

Berikut adalah manfaat tahu untuk ibu hamil dan janin:

1. Tinggi Protein

Saat hamil, Mama memerlukan setidaknya 40 hingga 70 gram protein setiap harinya. Tahu merupakan sumber protein nabati yang rendah kolesterol sehingga baik untuk pertumbuhan dan perkembangan sel serta otot janin.

2. Sumber Kalsium

Saat hamil, kebutuhan kalsium ibu hamil bertambah sebab Mama harus menjaga kesehatan tulangnya dan perkembangan bayi sekaligus. Tahu juga menjadi sumber kalsium yang baik untuk perkembangan tulang dan gigi bayi yang sedang tumbuh.

3. Membantu Produksi Sel Darah

Tahu juga kaya akan zat besi dan tembaga, yang membantu pengiriman oksigen ke seluruh tubuh. Tercukupinya hemoglobin (sel darah merah) akan membantu menciptakan energi dan melepaskan oksigen dalam tubuh Mama. Zat besi juga membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

4. Mengandung Antioksidan

Antioksidan dalam tahu, yakni Flavonoid dan Isoflavonoid diketahui bekerja dengan cara yang persis seperti obat hipertensi. Ia bermanfaat dalam mencegah timbulnya penyakit potensial. Mengonsumsi tahu sebelum dan selama kehamilan dapat membantu melindungi bayi dari diabetes dan obesitas di kemudian hari.

5. Menjaga Berat Badan

Meski kaya akan protein nabati, tahu merupakan pilihan makanan yang baik untuk ibu hamil karena rendah kalori. Hal ini bisa membantu Mama merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama, sehingga peningkatan berat badan Mama pun tetap terjaga di batas normal.

6. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Karena terbuat dari kacang kedelai, tahu kaya akan asam lemak omega 3 yang membantu Mama menghindari potensi pembekuan darah dan mencegah penyumbatan arteri. Tahu membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda.

7. Baik untuk Rambut dan Kulit

Tahu mengandung cukup banyak keratin, yang merupakan protein penting untuk pertumbuhan rambut. Selain itu, tahu juga kaya akan kalsium, vitamin E, dan protein yang mampu memperlambat pengurangan kolagen, sehingga baik untuk menjaga elastisitas kulit.

8. Meningkatkan Hormon Esterogen

Di dalam tahu terkandung phytoestrogen, yakni senyawa kimia yang memiliki struktur kimia menyerupai hormon esterogen pada tubuh manusia. Hormon esterogen berperan penting pada tubuh wanita hamil untuk mempersiapkan produksi air susu.

Tips Memakan Tahu untuk Ibu Hamil

apakah ibu hamil boleh makan tahu gejrot

Meski merupakan sumber nutrisi yang sangat baik bagi ibu hamil dan janin, makan tahu juga ada aturannya. Sebab tahu merupakan makanan yang mudah terkontaminasi dan berisiko untuk kesehatan. Untuk itu, berikut tips untuk ibu hamil yang ingin mengonsumsi tahu.

  1. Ibu hamil boleh memasukkannya sebagai menu makanan harian, selama masih dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan.
  2. Pilih tahu yang segar dari pasar. Jangan makan tahu yang sudah asam atau tidak yakin dengan keamanan dan kebersihannya.
  3. Tahu perlu dimasak hingga mencapai suhu 74°C minimal selama 15 detik untuk mematikan kuman. Setelah matang, segera makan sebelum dingin.
  4. Tahu yang sudah matang hanya boleh berada di suhu ruang maksimal dua jam, atau segera simpan di kulkas. Dapat disimpan dalam kulkas dengan suhu 4°C selama 7 hari.

manfaat tahu untuk ibu hamil

Di Indonesia, terdapat banyak jenis tahu, mulai dari tahu putih, tahu kuning, tahu susu, tahu telur, tahu sumedang, dan lain-lain. Semuanya bisa diolah menjadi masakan yang lezat dan bergizi untuk ibu hamil. Berikut adalah masakan tahu yang aman untuk disantap ibu hamil:

  1. Tahu goreng – ibu hamil boleh makan tahu goreng, hanya jangan terlalu banyak karena proses penggorengan menambahkan lemak jenuh yang tinggi.
  2. Tahu di sup, semur, atau baso – pastikan Mama makan tahu dalam keadaan panas dan jika membeli dari luar, Mama yakin tahu tersebut diproses aman tanpa boraks.
  3. Balado tahu – meski pedas, menu ini aman untuk ibu hamil serta bagus untuk menambah nafsu makan di saat mual!

Baca juga: Cara Menghilangkan Mual Saat Hamil

Pastikan Keamanan Mama Saat Hamil

Nah, jadi sudah tahu kan Ma. Tahu aman dimakan oleh ibu hamil selama Mama yakin akan kebersihan dan keamanannya. Apalagi di masa pandemi, sebaiknya makan tahu yang Mama simpan dan olah sendiri di rumah.

Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kesehatan kehamilan supaya aman hingga hari persalinan ya, Ma. Tetap semangat menjalankan pola hidup sehat, seperti makan makanan bernutrisi, berolahraga, serta menjauhi segala toksin dalam keseharian dengan beralih ke produk yang natural dan aman.

WB_Bun1 - mobile

Untuk produk perawatan ibu hamil, menyusui dan bayi yang aman, natural dan Halal, percayakan pilihan Mama hanya pada Mama’s Choice!

Klik pada banner untuk belanja perawatan lengkap kami dengan Gratis Ongkir!*

Mama's Choice

 

 

Sumber:

Pregnancyfoodchecker.com

Parenting.firstcry.com

Webmd.com

SHARE THIS POST

Maureen

Menjadi orang tua milenial bagaikan dua sisi mata uang: menyenangkan sekaligus penuh tantangan. I mean, juggling between the career and family is never easy, right? Tapi, kata menyerah tidak ada dalam kamus kita! Mari bersama terus belajar memberi yang terbaik untuk keluarga & buah hati ❤

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi & Cara Mengatasi Agar...
Learn more
Card image
Tips Lengkap Pumping ASI: Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more

Your Cart (0)

Close

Belanja min Rp200K dapat diskon Rp25,000 dan free ongkir

Mini Cart

Your cart is empty.

Shop now