#DiRumahAja : 6 Permainan Obati Rasa Bosan

Mama's Summary

Bosan selama #dirumahaja wajar banget menghampiri semua anggota keluarga. Yang penting gimana kita mengakalinya, di antaranya melibatkan semua anggota keluarga bermain salah satu dari 6 permainan ini. Selama mencoba!

Kehidupan #DiRumahAja dijalani hampir semua keluarga di Indonesia, sejak diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB terkait meminimalkan penyebaran virus COVID-19 oleh pemerintah 16 Maret 2020 lalu. Kini masyarakat diimbau untuk bekerja, belajar, dan beribadah #Dirumahaja. 

Nah, nggak heran nih ketika sudah hampir dua bulan Mama #DirumahAja rasa bosan sering menghampiri. Wajar aja, kok, Ma,  yang penting bagaimana mengendalikan rasa bosan ini, nggak diluapkan jadi emosi negatif berupa marah-marah ke anak anak dan pasangan. Kalau sudah terjadi gimana dong? ya, kami mengerti kok Ma, Mama juga manusia biasa 🙂 *sini group hug dulu. 

Begitu juga dengan anak-anak, lumrah aja mereka dihinggapi rasa bosan. Biasanya ketemu belasan, hingga puluhan teman-temannya di sekolah, kini suka nggak suka hanya anggota keluarganya yang sehari-hati berinteraksi dengan dia. 

Coba, deh, lakukan lima permainan ini sekeluarga untuk mengusir bosan #DirumahAja.

1. Monopoli

Salah satu permainan yang seru untuk dimainkan walau sedang #DirumahAja adalah monopoli. Board game yang satu ini memang masih banyak digemari karena sangat mengasyikan dan bisa bikin pemainnya lupa waktu. Misi utama dalam permainan monopoli adalah menguasai petak-petak berupa wilayah yang bisa “dibangun” beberapa properti seperti rumah dan hotel. Setiap peserta akan diberikan sejumlah uang untuk membayar pajak, membeli aset, atau membayar sejumlah denda-denda. Permainan ini dikemas dalam sistem ekonomi sederhana yang bisa menjadi media edukasi kepada anak-anak untuk bijak dalam membeli dan menjual aset. Jangan lupa sediakan camilan yang bisa menambah kemeriahan memainkan permainan ini, ya, Ma.

2. UNO Kartu atau UNO Stacko

Permainan berikutnya yang bisa Mama mainkan saat #DirumahAja adalah kartu UNO, ada yang berbentuk kartu ada pula yang balok, keduanya sama-sama seru. Misalnya bermain kartu UNO, bisa dilakukan oleh anak-anak ataupun orang dewasa, Ma. Mencocokan kartu dengan warna dan angka juga bisa jadi sarana belajar anak yang baru memulai belajar menghitung dan mengenal warna. Ada bagian yang paling mengasyikan dalam bermain kartu UNO, yaitu menyerukan kata “UNO!” saat ada lawan yang “stock” kartu di tangannya hanya menyisakan satu kartu. Jika lawan tersebut tidak menyadari, dirinya akan diberi kartu tambahan yang artinya perlu waktu lagi untuk menjadi pemenang.

3. Membuat origami

Origami merupakan kesenian melipat kertas yang berasal dari negeri sakura. Asah kreativitas dan keterampilan Mama dan si Kecil dengan berbagai bentuk origami yang menggemaskan. Tidak hanya mengasyikan, menurut penelitian bahwa membuat origami membantu mengembangkan koordinasi pada tangan dan mata, melatih sistem motorik halus, dan konsenterasi mental. Menggunakan tangan saat melipat kertas dapat membantu memaksimalkan stimulus area otak. Bingung ingin membuat origami bentuk apa dan bagaimana cara membuatnya? Mama bisa melihat tutorial origami di Youtube dan ajak Si Kecil untuk menirukannya. Jangan lupa berikan motivasi anak untuk bersabar dalam setiap prosesnya. Pesan kami, pilih bentuk yang sederhana aja, Ma, jangan malah jadinya stres nggak bisa menyelesaikan bentuk yang dimau, hihihi

4. Bermain bayangan jari

Anak balita dipastikan akan terperangah melihat Mama Papa-nya dalam kegelapan memainkan gerakan tangan  di depan tembok atau media lainnya. Formasi tangan yang dibentuk sedemikian rupa menjadi aneka karakter binatang. Jangan lupa, minta mereka berkreasi juga, ya, Ma. Media yang pas untuk dijadikan permainan role model, misalnya “ketika kelinci tersesat bersama kancil di hutan.”

5. Berkemah dalam rumah

What? “Harus banget mendirikan tenda, nih?” Hahaha, nggak kok, Ma. Kalau punya dan ruangan atau halaman mumpuni, ya, silakan, malah lebih menjiwai, kan?. Yang kami maksud di sini, tenda dengan peralatan seadanya, tapi nggak kalah seru. Membetangkan sprei di antara sofa, lalu lengkapi dengan alas tidur, berikut dengan bantal. Biarkan si kecil tidur di situ, dengan suasana penerangan yang termaram. Ya hitung-hitung mengobati rasa kangen bertualang di alam terbuka. 

6. Mencari benda dengan warna tertentu

“Coba tolong ambilin Mama 3 benda yang berwarna merah/ada banyak warna merahnya!”

Waaah, kebayang nggak tuh, Ma? si kecil bakalan semangat mengasah jiwa kompetitifnya. Bendanya bebassss, mau apa aja, jangan dibatasi, yang penting warna yang kita kehendaki dia penuhi. Untuk anak-anak jadi ajang yang sangat menyenangkan untuk mengenal angka dan warna. Kalau berhasil menjalankan misinya, jangan lupa kasih reward, Ma, boleh makan cokelat atau sesederhana dapat pelukan dari Mama dan pasangan 🙂

Sedang banyak waktu #DirumahAja itu berarti Mama sedang dikasih kesempatan lebih luas untuk membangun suasana rumah tetap nyaman dan menyenangkan. Semoga keenam ide permainan tersebut bisa membantu menghilangkan bosan, ya, Ma. 

SHARE THIS POST

Mama's Choice Team

Mama's Choice Team

Kami tim yang terdiri dari Ibu, Ayah dan para Ahli yang berkomitmen dengan sepenuh hati agar Mama & keluarga memperoleh informasi jujur dan mendapat pilihan yang lebih baik dalam kehidupan dengan menciptakan produk aman, halal dan natural.

Featured Article
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Jangan Panik Saat Bayi Rewel Tumbuh Gigi, Lakukan 3...
Learn more
Card image
Pumping ASI? Kenali Risiko dan Manfaatnya, Yuk, Ma!
Learn more
Card image
Normalkah Jika Janin Terlalu Aktif Bergerak? Simak...
Learn more