Search

Ciri Ciri Janin Sehat & Normal dalam Kandungan per Trimester

Selamat atas kehamilan Mama! Dengan adanya kehidupan baru di perut Mama, maka Mama perlu tahu ciri ciri janin sehat dan normal dalam kandungan kuat. Apa saja? Yuk simak artikel berikut ini!

Trimester Kehamilan

Janin dalam rahim Mama akan berkembang selama sekitar 40 minggu atau 9 bulan. Fase kehamilan terbagi menjadi tiga trimester sesuai dengan usia kehamilannya.

Trimester pertama adalah saat kandungan berusia 1-14 minggu. Trimester kedua berlangsung di usia kandungan 14-27 minggu. Sementara trimester ketiga terjadi saat usia kandungan menginjak 27-40 minggu.

Setiap trimester berlangsung selama 12-14 minggu atau per tiga bulan. Ada beberapa ciri-ciri kandungan kuat yang bisa Mama perhatikan dalam setiap trimester kehamilan.

Ciri Ciri Kandungan Sehat Pada Trimester Pertama

Trimester pertama kehamilan diwarnai dengan beragam perubahan fisik dan emosional. Inilah beberapa hal yang umumnya akan Mama rasakan pada trimester pertama.

1. Perubahan pada payudara

Payudara Mama akan terasa bengkak, lebih sensitif atau sakit. Ketidaknyamanan ini akan berkurang dalam beberapa minggu karena tubuh sedang menyesuaikan diri dengan perubahan hormon.

2. Mual

Sebagian Ibu hamil mengalami morning sickness pada trimester awal kehamilan. Mama dapat mengatasinya dengan menghindari perut kosong dan minum Pregnancy Supplement Morning Sickness Relief.

suplemen herbal ibu hamil
Pregnancy Supplement Morning Sickness Relief Rp 99.000 (Hemat 34%)

3. Kelelahan

Di awal kehamilan, kadar hormon progestron melonjak, hal ini dapat membuat Mama tertidur. Istirahatlah sebanyak mungkin. Lakukan diet sehat dan olahraga untuk meningkatkan energi.

4. Ngidam

Mama mungkin akan jadi sangat ingin makanan tertentu, atau jadi lebih sensitif terhadap bau tertentu. Hal ini bisa terjadi karena adanya perubahan hormon dalam tubuh Mama.

5. Sering buang air kecil

Perubahan hormon membuat tubuh Mama bekerja lebih keras dari biasanya sehingga Mama merasa perlu pipis lebih sering dari biasanya.

6. Mood swing

Tidak hanya perubahan fisik, sebagian Ibu hamil akan merasakan perubahan emosi yang drastis. Hal ini disebabkan karena hormon kehamilan dapat memicu perubahan suasana hati yang lebih intens dari biasanya.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Perut terasa Begah & Kembung saat Hamil Muda

Ciri Ciri Kandungan Sehat Pada Trimester Kedua

Bagi sebagian Mama, trimester kedua adalah masa yang paling nyaman. Karena tubuh sudah beradaptasi dengan perubahan hormon dan perut Mama belum terlalu besar sehingga tidak menghalangi kegiatan Mama. Walau demikian, beberapa hal di bawah normal terjadi selama trimester kedua.

1. Perut dan payudara membesar

Rahim dalam perut Mama mengembang untuk memberi ruang tumbuh bagi janin. Payudara Mama secara bertahap juga akan ikut membesar.

2. Perubahan kulit dan stretch mark

Ciri Ciri Janin Sehat & Normal dalam Kandungan Kuat per Trimester

Perubahan hormon memicu peningkatan sel pigmen di kulit. Akibatnya akan muncul beberapa bercak gelap serta stretch mark di beberapa bagian kulit Mama.

3. Pusing

Ada perubahan sirkulasi darah yang membuat Mama akan merasa pusing. Atasi dengan minum banyak cairan dan jangan berdiri dalam waktu lama.

4. Kaki kram

Kram kaki biasa terjadi seiring dengan membesarnya perut Mama. Sering-seringlah beraktifitas fisik supaya kram tidak berkepanjangan.

Baca juga: Cara Mengatasi Pegal saat Hamil Trimester 2

Ciri Ciri Kandungan Sehat Pada Trimester Ketiga

Trimester ketiga bisa jadi paling melelahkan, tapi semua itu akan terbayarkan dengan hadirnya sang buah hati. Ini dia beberapa hal yang akan Mama rasakan yang juga merupakan ciri ciri kandungan kuat di trimester ketiga kehamilan.

1. Sesak nafas

Rahim yang membesar membuat diafragma tertekan sehingga bernafas jadi lebih sulit. Bergeraklah lebih pelan dan duduk tegak untuk memberi ruang bagi paru-paru.

2. Sakit punggung

Semakin membesarnya perut Mama membuat otot di area punggung dan panggul bekerja lebih ekstra. Berikan pijatan lembut di area yang pegal dengan menggunakan Herbal Oil.

3. Sering buang air kecil

Janin yang bergerak lebih dalam ke panggul membuat kandung kemih mendapat banyak tekanan. Akibatnya Mama jadi lebih sering pipis.

4. Kaki bengkak

Pembengkakan di area kaki disebabkan adanya perubahan hormon, cairan ekstra serta penambahan berat badan. Mungkin Mama akan perlu ukuran sepatu yang lebih besar.

5. Kontraksi Braxton Hicks

Mama mungkin akan merasakan kontraksi palsu setelah beraktivitas fisik atau berhubungan intim. Kenali perbedaan kontraksi palsu dengan kontraksi asli supaya Mama tahu kapan akan melahirkan.

Itulah yang akan Mama rasakan dalam setiap fase kehamilan. Barangkali terasa aneh atau tidak nyaman, tapi jangan khawatir sebab tanda-tanda di atas merupakan ciri janin sehat dan normal dalam kandungan.

Selain itu, Mama dapat menyempurnakan kehamilan dengan menggunakan produk-produk yang aman, halal, dan natural untuk Ibu hamil. Mulai dari sabun cuci muka, perawatan mulut, hingga maternity legging  dan produk berkualitas lainnya yang bebas dari toksin.

Selamat menyambut kelahiran Si Kecil ya, Ma!

Klik banner di bawah ini untuk cek dan belanja berbagai kebutuhan ibu hamil dengan harga spesial!

Artikel terkait: Nesting Saat Hamil Trimester 3 adalah Tanda Mau Melahirkan

Sumber:

mayoclinic.org

pampers.com

SHARE THIS POST

Ambar Arum

Senang belajar dan berbagi info tentang ibu, anak, dan keluarga. Sebab harta yang paling berharga adalah keluarga. Setuju kan? Semoga bermanfaat ya!

COMMENTS

0 Comments
Leave a comment

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi & Cara Mengatasi Agar...
Learn more
Card image
Tips Lengkap Pumping ASI: Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more

Your Cart (0)

Close

Belanja Rp90,000 lagi untuk dapat free ongkir!

Mini Cart

Your cart is empty.

Shop now