8 Cara Berkomunikasi dengan Janin Agar Bayi Lahir Cerdas, Coba Yuk!

Sebuah kabar baik untuk Mama! Dilansir dari laman Lohud, ibu hamil yang aktif berbicara dengan janin di dalam kandungannya, dapat melahirkan bayi dengan kemampuan bahasa yang lebih cerdas. Yuk, cari tahu cara berkomunikasi dengan janin!

Dikutip dari Web MD, penelitian juga menunjukkan bahwa bayi bisa menyerap bahasa sejak mereka masih berada di dalam rahim, mulai dari usia kandungan 26 minggu. Bayi baru lahir juga sudah bisa mengetahui perbedaan bahasa ibu dengan bahasa yang diucapkan oleh orang lain setelah mereka dilahirkan.

Ternyata, ada banyak cara untuk berkomunikasi dengan janin. Selain membuatnya terlahir cerdas, chemistry antara Mama dengan calon bayi juga bisa terbangun sejak dini.

Lakukan 8 cara ini untuk berkomunikasi dengan janin

berbicara dengan janin

1. Ajak janin bercengkrama

Seperti dengan menanyakan, “Adek lagi apa di dalam sana, sayang?“, “Sudah bisa ngapain aja?“, atau sounding sejak dini tentang harapan-harapan Mama pada tumbuh kembangnya kelak.

Mungkin terlihat lucu dan tidak masuk akal, tapi penelitian telah membuktikannya; aktif berbicara dengan janin dapat membangun kedekatan yang baik antara Mama dan bayinya.

2. Mendengarkan lagu bersama

Ketika Mama mendengarkan lagu tanpa earphone, sebetulnya bayi juga sudah bisa mendengarkannya. Pilih lagu-lagu dengan irama yang tenang, damai, atau yang memiliki kata-kata positif. Lantunan ayat suci Al-Quran juga bisa menjadi pilihan bagi Mama yang muslim 🙂

3. Membacakan buku cerita

Janin akan mengenali suara ibunya secara alami. Ia akan mempelajari dan mengingatnya sejak dalam kandungan. Untuk itu, jika Mama membaca suatu cerita yang positif, jangan hanya dibaca dalam hati. Ucapkan agar si calon bayi juga ikut mendengar, ya, Ma.

4. Mengajak membaca doa

Ini cukup mengharukan. Mengajarkannya tentang doa dan harapan sejak di dalam kandungan. Hal ini juga bisa sekaligus menerapkan kebiasaan berdoa sebelum memulai segala sesuatu.

5. Menuliskan pesan untuk si kecil

Ma, ini cara yang unik… sekaligus mengharukan. Tuliskan harapan Mama untuk si kecil pada secarik kertas, dan bacakan dengan tenang sambil memberikan sugesti positif pada janin. Mama juga bisa menyimpan surat ini, dan menggunakannya untuk media belajar membaca bagi si kecil nantinya. Duh, manisnya! 🙂

6. Abadikan kehamilan Mama

Tak ada salahnya mengabadikan setiap perubahan bentuk tubuh Mama selama kehamilan. Meski terdengar sedikit narsis, tapi hal ini sangat baik untuk mengenang masa-masa indah ini, Ma! Tunjukkan foto dan ceritakan si kecil tentang pengalaman Mama selama mengandungnya 🙂

7. Menstimulasi gerakan janin

Ajak janin untuk memberikan gelombang cinta sebagai tanda ia mendengar Mama. Beberapa cara yang bisa Mama lakukan untuk menstimulasi gerakan janin adalah membelai atau mengusap perut, menepuk perut secara perlahan, makan makanan manis yang sekiranya janin juga menyukainya, serta olahraga ringan.

8. Berikan sugesti positif untuk kelancaran dalam proses persalinan

Jangan lupa, hari persalinan nanti adalah proses kerjasama Mama dengan si calon bayi. Berikan sugesti positif kepada si kecil sejak dalam kandungan agar proses persalinan menjadi lancar tanpa hambatan.

Katakan, “Nanti bisa keluar dari perut Mama dengan mudah ya, Nak..“, “Nanti bantuin Mama ya, Nak, pas mau lahir kasih tau jangan mendadak..“, atau “Lahirnya pas ada Papa atau keluarga lain di rumah aja ya, sayang, biar Mama nggak sendirian.”, dan lain-lain.

Nah, jangan lupa juga untuk melibatkan Papa dalam setiap aktivitas ini. Semakin dekat komunikasi Mama dengan janin, semakin erat juga chemistry yang terbangun saat bayi Mama lahir nanti.

Selamat mencoba, Ma! 🙂

Untuk merawat diri selama kehamilan dan menyusui dengan aman, nyaman, serta tenang, pastikan #PilihanAmanMama sudah menjadi yang utama. Dapatkan promo menarik dan gratis biaya pengiriman ke seluruh Indonesia dengan klik di sini atau klik banner.

Baca sekarang:

SHARE THIS POST

Tya

Tya

Gemar menulis dan bercerita. Membagikan kisah, pengalaman dan inspirasi melalui kata-kata. Perempuan yang terlihat melodrama, tapi suka tertawa. Sedang bersiap-siap menanti kehadiran si kecil dalam hidupnya. Agar semakin menyenangkan, berceritalah ia. Di sini.

Featured Article
Card image
Yuk, Simak Serunya Event Mama's Choice di Bandung!
Learn more
Card image
Tak Cuma Bumil, Ibu Menyusui Juga Tidak Boleh Stres!
Learn more
Card image
Sering Cemas Saat Hamil? Pastikan Mama Tahu Cara...
Learn more
Card image
6 Cara Ini Bisa Mencegah Stretch Mark Selama Hamil!...
Learn more