Biar Anak Nggak Gampang Sakit, Ini Fakta dan 3 Cara Aman Bersihkan Mainan Anak

Menjadi orangtua bisa mengubah sifat kita yang mungkin tadinya santai menjadi hygiene-freak, terutama menyangkut kebersihan perlengkapan si kecil ya, Ma. Dalam hal ini mainan. 

Fakta : bakteri yang nempel di mainan si kecil 5X lebih banyak daripada kamar mandi

Biar Anak Nggak Gampang Sakit - Mama's Choice

Dari penelitian dilakukan sejumlah ilmuwan di Amerika Serikat, ternyata mainan terdapat 5 kali lebih banyak kuman dan bakteri dibanding dudukan toilet. Ngeri yaa, Ma. Nggak kebayang kalau mainan itu sampai masuk ke mulut si kecil. Bisa-bisa mereka kena diare, infeksi saluran pernapasan, demam, dsb. 

Makanya membersihkan mainan adalah rutinitas yang wajib dilakukan. Masalahnya, kandungan pembersih yang ada di pasaran belum tentu aman untuk si kecil. Misalnya kandungan alkohol yang dapat membuat kulit si kecil kering bahkan alergi.

Efek samping alkohol untuk bersihkan mainan anak

Biar Anak Nggak Gampang Sakit - Mama's Choice

Di masa pandemi ini kita harus semakin giat memastikan semua benda yang sering disentuh si kecil bebas dari kuman dan bakteri baik di dalam ataupun di luar rumah agar mereka terhindar dari penyakit.

Sayangnya, hampir semua produk pembersih serbaguna menggunakan alkohol. Tapi tahukah Mama kalau alkohol dapat menyebabkan kulit kering dan iritasi pada kulit? Kalau alkohol saja bisa membuat kulit orang dewasa menjadi kering dan iritasi, kebayang nggak sih, Ma, kalau alkohol tersentuh kulit bayi yang masih sensitif atau yang memiliki kondisi tertentu seperti eksim?

Selain itu kandungan Klorin pada produk pembersih serbaguna juga dapat menyebabkan masalah pernapasan dan iritasi pada mulut dan mata. Jadi pastikan kandungan pembersih serbaguna bebas alkohol dan klorin yaa, Ma.

3 Cara tepat bersihkan mainan

Lalu bagaimana sih cara yang tepat bersihkan mainan agar si kecil nggak gampang sakit? Simak panduan aman dan efektif yang bisa Mama terapkan.

  • Cuci tangan sebelum menyentuh mainan anak

Pastikan Mama sudah mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer agar kuman dan bakteri di tangan tidak berpindah ke mainan si kecil.

  • Pisahkan mainan berdasarkan bahan

Kumpulkan mainan berdasarkan bahan untuk memudahkan Mama dalam membersihkannya. Mainan dengan bahan plastik bisa dibersihkan dengan air mengalir lalu keringkan dengan lap bersih. Sedangkan mainan dengan bahan kain,  sebaiknya dicuci 3-4 hari sekali.

  • Gunakan cairan pembersih serbaguna tanpa kandungan alkohol & klorin

Sebelum mainan diberikan ke si kecil, semprotkan cairan pembersih serbaguna dengan bahan alami agar mainan terbebas dari kuman dan bakteri. 

Biar Anak Nggak Gampang Sakit - Mama's Choice

Mama’s Choice Baby Multi-Purpose Cleaner bisa menjadi pilihan aman Mama untuk bersihkan mainan dan segala permukaan benda yang sering disentuh si kecil. Keutamaan Mama’s Choice Baby Multi-Purpose Cleaner :

  • 100% natural, tanpa bahan kimia berbahaya seperti alkohol, klorin, paraben, dan pewarna buatan yang menyebabkan iritasi pada kulit bayi
  • Formulanya food grade, sehingga aman dan cocok untuk si kecil
  • Diperkaya Chamomile, Rosemary, Lavender dan Rosehip sebagai antibakteri alami, 3 kali lebih efektif membunuh kuman dan bakteri penyebab penyakit
  • Tidak meninggalkan residu berbahaya
  • Bersertifikat halal

Selain mainan si kecil, Mama’s Choice Baby Multi-Purpose Cleaner juga bisa digunakan untuk membersihkan kursi makan, meja popok, stroller, dudukan toilet, box bayi dan permukaan lainnya.

Yuk, Ma, #kurangiworry untuk kebersihan perlengkapan si kecil dengan Mama’s Choice Baby Multi-Purpose Cleaner.

 

SHARE THIS POST

anita

anita

Biasa dipanggil Thatha, senang menulis sejak SMP. Ibu dari satu orang anak laki-laki. Pencinta travelling, kopi, fotografi, dan tanaman hias. "Put your own oxygen mask on first so you have enough air to breathe and energy for yourself before you can assist and give to others.” –NN , adalah prinsip hidupnya menjalani peran sebagai ibu, istri, penulis dan pribadi seutuhnya.

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Jangan Panik Saat Bayi Rewel Tumbuh Gigi, Lakukan 3...
Learn more
Card image
Harus Pumping ASI? Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more
Mama's Choice

Item has been added
to your cart.

Checkout