Search

Macam-Macam Gendongan Bayi Baru Lahir Sesuai Umur

Bagi orang tua baru, Mama dan Papa tentu harus tahu macam-macam gendongan bayi. Terutama macam-macam gendongan bayi sesuai umur. Sebab bayi yang baru lahir tubuhnya masih rentan, sehingga Mama perlu berhati-hati untuk menggendongnya.

Untungnya, Mama sudah mengunjungi artikel yang tepat. Karena berikut ini, Mama akan diberikan informasi mengenai macam-macam gendongan bayi. Agar tidak salah, yuk langsung simak gendongan bayi berikut ini.

1. Ring Sling

Macam Macam Gendongan Bayi Baru Lahir Sesuai Umur

Ring sling merupakan kain panjang, biasanya berukuran sekitar 2 meter, dan memiliki dua cincin di salah satu ujungnya. Gendongan ini dapat digunakan untuk bayi yang baru lahir ataupun batita. Yang penting, Mama harus menggendong Si Kecil dalam posisi tegak dengan punggung, bahu, dan pinggul yang ditopang. 

Untuk menggunakannya, Mama perlu memilih sisi tubuh mana yang dijadikan penopang utama dalam menggendong Si Kecil. Kemudian masukkan ujung kain pada cincin dan selipkan lagi di bawah cincin lainnya. 

Ring sling akan menciptakan kantung untuk bayi Mama yang berasal dari satu bahu ke pinggul yang berlawanan. 

Ring sling akan memudahkan Mama untuk menggendong bayi di depan maupun di pinggul. Tetapi sayangnya, gendongan ini rentan membuat Mama sakit punggung karena hanya menopang bayi di sati sisi bahu saja.

2. Hipseat

Macam Macam Gendongan Bayi Baru Lahir Sesuai Umur

Hipseat merupakan gendongan yang menyertakan penyangga bokong bayi yang dipasang pada pinggul Mama. Gendongan hipseat dianggap lebih bermanfaat daripada penggunaan kereta dorong pada anak karena dapat meningkatkan bonding serta pencernaan yang lebih sehat. 

Penggunaan gendongan hipseat memang tergolong mudah bagi pemula. Selain itu, bantalan pendukung akan membebaskan tangan Mama dan Papa dalam menggendong karena sudah ada penopang tambahan untuk bayi. Tetapi rata-rata gendongan ini dianjurkan untuk anak berusia 3 bulan ke atas, atau sudah memiliki kemampuan menopang leher secara mandiri. 

3. Meh Dai Carrier

Meh Dai merupakan gendongan yang memiliki dua tali untuk bahu dan dua tali yang perlu diikatkan pada pinggang Mama. Gendongan ini akan mendekapkan bayi dengan tubuh Mama. Meh Dai Carrier terdiri dari beberapa jenis, yaitu gendongan di bagian depan, belakang, atau pinggul Mama.

Namun, untuk menggunakan gendongan jenis ini, Mama perlu memastikan ikatannya benar dan kencang demi keamanan bayi yang digendong. Mama juga harus melakukan latihan khusus untuk mengikat kain gendongan dengan benar. Gendongan ini bisa digunakan pada bayi yang baru lahir hingga berusia 3 tahun. 

4. Backpack Carrier

Macam-Macam Gendongan Bayi Baru Lahir Sesuai Umur

Gendongan bayi yang satu ini dirancang untuk dikenakan seperti ransel. Biasanya, gendongan ini memiliki tali bahu yang empuk dengan tali tambahan untuk mengencangkan gendongan di bagian pinggang dan dada. 

Gendongan ini dirancang khusus untuk Mama gunakan dalam durasi yang cukup lama. Backpack carrier biasanya digunakan saat Mama dan Papa membawa Si Kecil melakukan wisata alam.

Tetapi sayangnya, gendongan ini hanya dapat digunakan pada anak yang sudah bisa duduk dan memiliki kemampuan kontrol leher yang baik. 

5. Geos/Geos 2 in 1

Geos merupakan gendongan yang terbuat dari potongan kain yang panjang hingga dapat membungkus Mama dan bayi sekaligus.

Seperti Mama’s Choice Comfy Baby Carrier, tipe gendongan ini termasuk nyaman karena kainnya dapat menyebar ke seluruh punggung, dan menggunakan otot punggung dan bahu secara merata. 

Macam-Macam Gendongan Bayi Baru Lahir Sesuai Umur

Cara penggunaannya pun mudah, pertama Mama perlu merentangkan gendongan ke arah depan dengan dua tangan agar kain tidak melilit. Kemudian kalungkan gendongan ke leher, dan pisahkan kedua sisi tangan membentuk X agar Mama dapat memasukkan tangan ke masing-masing sisi. 

Lalu kendurkan ikatan di bagian luar pinggang Mama. Masukkan bayi dengan gendongan membelah selangkangan. Kemudian balut menyilang dengan ikatan bagian luar, dan kencangkan. 

Diskon 25% untuk Mama’s Choice Comfy Baby Carrier! | Rp 149.000 Rp 199.000

Jadi, Mama sudah tahu macam-macam gendongan bayi yang sesuai dengan umur Si Kecil kan? Yuk, langsung saja pelajari dan dicoba oleh Mama dan Papa ya. Jangan lupa untuk menyesuaikan gendongan bayi baru lahir dengan gendongan yang sesuai ya!

Klik banner di bawah ini untuk cek dan belanja produk berkualitas dengan harga spesial!

Artikel terkait: Cara Memakai Gendongan Bayi Kaos (Geos) 2in1 yang Mudah

Sumber:

littlebabygear.com

momlovesbest.com

nct.org.uk

innobaby.com

SHARE THIS POST

Annisa Nur Fitriani

Seorang perempuan yang menyukai beragam proses belajar, mulai dari mendengar, mengamati, dan menulis. Baginya, semua tempat adalah sekolah, dan semua Mama adalah guru yang berharga.

COMMENTS

11 Comments
Leave a comment

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi & Cara Mengatasi Agar...
Learn more
Card image
Tips Lengkap Pumping ASI: Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more

Your Cart (0)

Close

Belanja min Rp300K dapat Rp55,000 off dan free ongkir

Mini Cart

Your cart is empty.

Shop now