Apakah Stretch Mark Permanen? Kenali 7 Fakta & Cara Mengatasinya

Mama's Summary

  • Stretch mark bisa dicegah sejak awal kehamilan.
  • Stretch mark juga bisa disebabkan oleh faktor genetik.
  • Tidak semua ibu hamil mengalami stretch mark, namun ada juga yang sangat rentan mendapatkan stretch mark.

Mama, punya masalah munculnya stretch mark? Meski tidak membahayakan, namun masalah ini membuat banyak perempuan risau dan tidak percaya diri. Biasanya guratan ini muncul pada area perut, paha, pinggul, payudara, lengan atas, dan punggung bagian bawah.

Apa itu stretch mark?

Stretch mark adalah bekas peregangan kulit yang akibat jaringan kolagen yang pecah di lapisan dermis. Ketika jaringan kolagen tidak lagi berfungsi dengan baik, kulit akan kehilangan elastisitasnya dan menimbulkan bekas berupa guratan.

Meski bisa terjadi pada siapa saja tak terbatas pada usia dan jenis kelamin, masalah ini kerap melanda ibu hamil. Bahkan, kondisinya bisa menjadi semakin parah pasca melahirkan.

Agar Mama tidak khawatir jika mengalaminya, yuk, kita pahami 7 fakta stretch mark yang wajib Mama ketahui!

1. Tidak semua ibu mengalaminya

Stretch mark bisa dicegah, tapi tidak bisa dihilangkan.

Stretch mark adalah salah satu hal mengintai ibu hamil. Karena seiring waktu, ukuran perut ibu hamil yang semakin membesar. Akibatnya, kulit semakin lama akan semakin meregang. Selain itu, kenaikan berat badan juga bisa menimbulkan peregangan kulit pada bagian-bagian tubuh. Itulah sebabnya mengapa perlu menjaga kelembapan kulit perut senantiasa, apalagi selama masa kehamilan.

Menurut University of Michigan Health System, 50-90% perempuan mengalami stretch mark. Namun, tidak semua ibu hamil mengalaminya, kok. Tentu, semua bergantung pada tingkat elastisitas kulit masing-masing yang juga plus pola hidup yang sehat.

2. Bisa akibat faktor genetik

Stretch mark tidak sama dengan selulit. Tapi keduanya sama-sama bersifat permanen.

Jika orang tua Mama memiliki stretch mark, Mama memiliki potensi yang besar untuk memilikinya juga. Sebab, faktor genetik mempengaruhi elastisitas kulit masing-masing manusia.

Pengaruh genetik, tentu kita tidak bisa menghindarinya. Tapi kita bisa melakukan pencegahan dengan cara terbaik sejak awal kehamilan, serta melakukan perawatan yang tepat untuk menghilangkannya.

3. Warna garisnya mengikuti warna kulit

warna kulit perut ibu hamil

Dilansir dari WebMD, stretch mark memiliki beberapa warna seperti merah muda, ungu, bahkan abu-abu. Warna ini terus berubah seiring berjalannya waktu, yang menandakan kondisi elastisitas kulit yang semakin memburuk.

Umumnya, jika Mama memiliki warna kulit terang, garisnya akan muncul dengan warna merah muda terlebih dahulu. Sementara untuk warna kulit yang lebih gelap, warna yang muncul adalah ungu kecoklatan dan lebih muda dari warna kulit asli.

4. Bermula dari kulit gatal saat hamil

Gatal gatal saat hamil

Awal mula peregangan kulit terjadi, biasanya akan menimbulkan reaksi gatal pada kulit. Terlebih lagi, perubahan hormon yang memicu reaksi pada tubuh ini.

Faktanya, semakin Mama menggaruk bagian tubuh yang gatal, maka guratan akan lebih cepat muncul. Jadi, untuk mengantisipasi hal ini, sebaiknya Mama meredakan rasa gatal dengan pelembap kulit seperti body lotion dari lidah buaya alias aloe vera.

Tapi daripada susah mencari pelembap aloe vera yang aman untuk ibu hamil, langkah paling efektif untuk mengurangi risiko adalah adalah menggunakan Mama’s Choice Stretch Mark Cream. Selain bisa meminimalkan risiko sedari dini, krim perawatan peregangan kulit ini juga bisa melembapkan kulit area perut, pinggul, pantat dan paha.

5. Apakah membahayakan janin?

Stretch mark cream untuk ibu hamil

Meskipun peregangan kulit sangat mengganggu, tapi tentu saja kondisi ini sama sekali tidak membahayakan janin atau kehamilan! Mama boleh berlega hati, karena masalah ini hanya sebatas mengganggu penampilan.

6. Tidak bisa dicegah? Itu mitos!

stretch mark cream terbaik

Mama’s Choice Stretch Mark Cream (100 ml) | Rp. 99,000,- 

Kabar baiknya, Mama bisa mencegah stretch mark! Bahkan jika sudah terlanjur muncul, ia bisa memudar seiring berjalannya waktu. Tapi, sebelum muncul di tubuh Mama, sebaiknya Mama melakukan pencegahan sedini mungkin, bahkan sejak awal kehamilan. Mama perlu menggunakan Mama’s Choice Stretch Mark Cream setiap hari supaya elastisitas, kelembapan dan jumlah kolagen pada lapisan dermis kulit Mama bisa meningkat.

7. Apakah permanen? Bisa jadi!

Stretch mark bisa dihilangkan dengan laser atau tindakan khusus dari dermatologis.

Jika guratan kulit sudah terlanjur muncul, jangan sedih dulu. Mama hanya perlu fokus untuk adalah memudarkannya. Memang mustahil untuk menghilangkannya dalam waktu yang singkat, tapi bukan tidak mungkin ia akan hilang sedikit demi sedikit dengan dibantu penggunaan Mama’s Choice Stretch Mark Cream.

Tertarik untuk mencobanya? Simak 3 alasan mengapa produk ini banyak difavoritkan oleh para ibu muda di Indonesia di sini.

krim penghilang stretch mark terbaik review

Mama’s Choice Stretch Mark Cream (100 ml) | Rp. 99,000,- 

Mau diskon tambahan dan gratis ongkir ke seluruh Indonesia? Kunjungi Mama’s Choice di Shopee sekarang dan buktikan kejujuran manfaat bahan-bahan kami untuk kesehatan Mama serta buah hati 🙂

cara mengatasi gatal saat hamil

SHARE THIS POST

Tya

Tya

Gemar menulis dan bercerita. Membagikan kisah, pengalaman dan inspirasi melalui kata-kata. Perempuan yang terlihat melodrama, tapi suka tertawa. Sedang bersiap-siap menanti kehadiran si kecil dalam hidupnya. Agar semakin menyenangkan, berceritalah ia. Di sini.

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Jangan Panik Saat Bayi Rewel Tumbuh Gigi, Lakukan 3...
Learn more
Card image
Harus Pumping ASI? Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more
Mama's Choice

Item has been added
to your cart.

Checkout