Susah Tidur Saat Hamil Tua? Lakukan 9 Cara Ini, Ma!

Semakin tua usia kandungan, semakin sulit melakukan berbagai kebiasaan. Salah satunya, hamil tua susah tidur! Apakah Mama juga salah satu yang mengalaminya?

Hamil tua susah tidur, apa penyebabnya?

Sebuah studi oleh National Sleep Foundation Amerika Serikat menyatakan bahwa, 78% wanita hamil mengalami gangguan tidur.

Namun, kesulitan tidur saat hamil ini lebih sering terjadi pada trimester ketiga, daripada pada trimester pertama dan kedua.

Kesulitan tidur pada trimester ketiga dapat disebabkan oleh berbagai hal. Salah satu penyebab yang paling umum adalah karena ukuran perut (rahim) yang sudah sangat besar, dan membuat seorang ibu hamil sulit untuk berbaring dengan nyaman.

insomnia saat hamil

Sering buang air kecil, kram kaki, atau bahkan rasa cemas menjelang persalinan juga akan membuat ibu hamil kesulitan untuk tidur. 

Tak hanya itu, ternyata ada beberapa faktor lain yang menyebabkan ibu hamil tua susah tidur nyenyak, diantaranya:

  • Sakit punggung. Akibat pembesaran rahim, otot punggung menjadi tegang dan menyebabkan rasa sakit, yang dapat mengurangi kualitas tidur.
  • Asam lambung naik dan perut sakit. Rahim yang semakin membesar dapat mendorong asam lambung naik kembali ke esophagus (kerongkongan). Hal ini dapat terjadi pada trimester ketiga kehamilan, dan dapat sangat mengganggu kualitas tidur.
  • Sesak napas. Rahim yang membesar juga akan menekan diafragma yang terletak di bawah paru-paru. Tekanan yang meningkat ini akan membuat Bumil sesak napas, sehingga sulit untuk tidur.
  • Cemas berlebihan. Kegembiraan, kekhawatiran, pikiran tentang kesehatan bayi dan perubahan gaya hidup saat hamil tua dapat membuat ibu hamil terlalu cemas dan terjaga semalaman.

Cara mengatasi susah tidur saat hamil tua

Untuk mengatasi gangguan tidur saat hamil, yuk, kita lakukan cara-cara di bawah ini, Ma!

1. Jangan minum terlalu banyak air sebelum tidur

Jika penyebab utama Mama sulit tidur adalah sering buang air kecil, sebaiknya batasi asupan cairan 1 jam sebelum tidur. Letakkan 1 gelas di meja samping tempat tidur untuk menjaga Mama dari dehidrasi, terlebih lagi saat bangun tidur di pagi hari.

2. Batasi kafein

Mulai kurangi minuman tinggi kafein seperti teh, kopi, dan cokelat. Kafein mengandung zat yang bisa menghilangkan kantuk dan tetap aktif meskipun waktu tidur telah tiba.

3. Lakukan diet seimbang

Mengonsumsi makanan sehat yang kaya vitamin B dan magnesium juga dapat mengatasi masalah kesusahan tidur saat hamil tua. Hal ini karena kekurangan vitamin B6 dapat menyebabkan insomnia. Sementara itu, kekurangan magnesium dapat menyebabkan kram kaki yang mengganggu kualitas tidur.

4. Rutin berolahraga

Usahakan berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari. Ibu hamil dapat berjalan santai, atau mengikuti kelas olahraga renang atau kelas prenatal yoga.

posisi tidur ibu hamil yang baik dan benar

5. Tidur posisi miring ke kiri

Cobalah untuk tidur di sisi kiri tubuh dan letakan bantal di antara kaki dan di belakang punggung sebagai penyangga tambahan. Posisi ini akan membuat Mama lebih nyaman dan mudah untuk tertidur.

Jika Mama ingin yang lebih praktis, Mama bisa menggunakan bantal hamil.

6. Gunakan pakaian yang nyaman

Untuk mengatasi masalah tidur saat hamil tua, Mama baiknya menggunkan pakaian tidur longgar dan nyaman. Gunakan pakaian dengan bahan kain katun yang menyerap keringat dan nyaman. Yang paling penting, hindari untuk menggukan pakaian ketat saat tidur.

7. Tidak harus tidur di kasur

Berbaring di tempat tidur mungkin tidak nyaman selama trimester ketiga kehamilan. Jika Mama merasa lebih nyaman untuk tidur di kursi atau sofa yang nyaman, Mama boleh saja tidur di sana. Yang terpenting, tetap cukupi waktu tidur Mama, ya!

8. Pillow talk

Cara ini bisa sekaligus menjadi momen me-time bersama Papa. Lakukan ini secara rutin untuk mempersiapkan rencana-rencana kehidupan di masa mendatang, terutama tentang masa depan si kecil setelah lahir kelak.

Sembari bercerita, Mama juga bisa meminta bantuan Papa untuk mengusap punggung dengan lembut agar tidur lebih cepat.

9. Relaksasi

Mama juga bisa meminta bantuan Papa untuk memijat perlahan pada bagian punggung serta betis. Hal ini juga bisa membantu meredakan sakit punggung serta kram kaki.

Jangan lupa, gunakan Mama’s Choice Relaxing Massage Oil agar proses pemijatan semakin lembut dan terasa efeknya, ya! Dengan wangi bunga lavender yang sangat menenangkan, hal ini juga bisa membantu Mama mendapatkan kualitas tidur yang lebih nyaman.

Psst, Mama juga bisa meneteskan formula produk ini ke bantal sehingga Mama bisa menghirupnya agar lebih cepat tidur. Berdasarkan penelitian, lavender mampu meningkatkan kualitas tidur serta memperbaiki mood sehingga kecemasan bisa berkurang.

Jangan khawatir, formula Mama’s Choice Relaxing Massage Oil 100% alami sehingga aman untuk digunakan serta dihirup ibu hamil dan menyusui.

Tertarik mencoba? Klik banner sekarang juga dan dapatkan gratis ongkir ke seluruh Indonesia!*

Referensi: Momjunction, Baby Centre

SHARE THIS POST

Tya

Tya

Gemar menulis dan bercerita. Membagikan kisah, pengalaman dan inspirasi melalui kata-kata. Perempuan yang terlihat melodrama, tapi suka tertawa. Sedang bersiap-siap menanti kehadiran si kecil dalam hidupnya. Agar semakin menyenangkan, berceritalah ia. Di sini.

Featured Article
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Jangan Panik Saat Bayi Rewel Tumbuh Gigi, Lakukan 3...
Learn more
Card image
Pumping ASI? Kenali Risiko dan Manfaatnya, Yuk, Ma!
Learn more
Card image
Normalkah Jika Janin Terlalu Aktif Bergerak? Simak...
Learn more
Mama's Choice

Item has been added
to your cart.

Checkout