Jangan Terburu-buru! Kenali Prosedur Suntik Putih dan Bahayanya Pada Kehamilan

Kulit putih, kencang dan awet muda nampaknya merupakan hal yang banyak diidamkan wanita Indonesia. Berbagai pilihan cara bisa ditempuh untuk mendapatkan kulit yang ideal. Salah satu cara instan yang beberapa tahun ini cukup populer adalah dengan suntik putih. 

Dengan prosedur ini, Mama bisa mendapatkan kulit putih dalam waktu yang singkat. Tapi, apa Mama sudah tau tentang suntik putih secara lebih dalam?

Apa itu suntik putih?

vitamin C injection

Suntik putih merupakan sebuah prosedur kecantikan dimana larutan vitamin C di suntik ke dalam pembuluh darah secara perlahan. Biasanya, larutan ini memiliki campuran lain seperti kolagen atau glutathione dan disuntikkan pada  otot atau pembuluh darah. Suntik vitamin C dipercaya mampu memperindah tampilan kulit dengan khasiat-khasiat berikut

  • Merawat kulit keriput dan kemerahan
  • Mengencangkan dan memutihkan kulit
  • Mengatasi warna kulit tidak merata
  • Membantu pembentukkan kolagen 
  • Mengurangi perkembangan tumor otak, tumor pada indung telur atau tumor pankreas
  • Menghambat sel kanker
  • Menangani defisiensi vitamin C

Tetapi menurut University of York, Centre for Reviews and Dissemination, tidak ada bukti klinis yang signifikan untuk membuktikan bahwa injeksi vitamin C yang digunakan secara tunggal atau dalam kombinasi dengan glutathione dan kolagen dapat meningkatkan elastisitas kulit (anti penuaan dan anti kerut) serta memutihkan kulit.

Meskipun penelitian laboratorium menunjukkan efek potensial dari vitamin C untuk meningkatkan elastisitas dan kecerahan kulit, penelitian ini adalah bukti tingkat rendah.

Baca juga: Mama, Begini 3 Cara Atasi Masalah Kulit Kusam Saat Hamil

Suntik putih pada masa kehamilan, amankah?

pregnancy injection

Pada kenyataannya, suntik putih atau suntik vitamin C bukanlah prosedur yang tidak beresiko. Belum ada penelitian yang cukup untuk menyatakan apakah kandungan dari suntik vitamin C aman digunakan pada masa kehamilan. Tetapi glutathione yang merupakan zat kimia untuk memutih kan kulit dapat mengganggu pertumbuhan kulit bayi sejak dari masa kandungan atau saat menyusui. Atas dasar hal ini, maka suntik putih saat hamil tidak disarankan.

Apa saja efek dari suntik putih atau vitamin c?

 

1. Sensitivitas kulit yang meningkat

Injeksi vitamin C akan mengurangi jumlah melanin dalam kulit. Melanin sendiri memiliki peran untuk meregenerasi dan memberikan warna pada kulit. Kurangnya kadar melanin akan menyebabkan kulit jadi lebih sensitif terhadap berbagai kondisi kerusakan kulit.

2. Gangguan pencernaan

Kebutuhan harian vitamin C pada manusia adalah sebesar 40 mg, sedangkan prosedur suntik putih dapat memasukan vitamin C sebesar 1000 mg pada satu waktu. Jika tubuh menerima dosis vitamin C yang tinggi dalam waktu singkat, maka gangguan pencernaan seperti diare, mual, perut kembung atau peningkatan jumlah kencing akan terjadi. 

3. Rambut rontok

Tubuh Mama juga bisa menolak adanya tambahan vitamin C yang dimasukkan lewat suntikkan. Asupan vitamin C yang tinggi ke dalam tubuh dapat menyebabkan kerontokan rambut yang tidak biasa. 

4. Meningkatkan risiko penyakit kronis

Penumpukan vitamin C pada tubuh dapat berubah menjadi racun sehingga memicu kerusakan hati dan batu ginjal. Selain itu, berkurangnya jumlah melanin pada tubuh membuat kulit kehilangan proteksi, sehingga lebih sensitif terhadap sinar UV dan dapat memicu kanker kulit. 

Nah, sekarang Mama sudah tau kan dampak apa saja yang bisa dihasilkan oleh prosedur suntik putih. Pilihlah cara yang lebih aman untuk kesehatan calon buah hati dan Mama sendiri. Gunakan produk kecantikan yang terbuat dari bahan natural dan alami sehingga aman untuk kesegaran dan kecantikan kulit semasa hamil. 

Sebenarnya Mama bisa kok mendapatkan kulit yang cerah dan segar alami lewat moisturizer dan face wash. Jika Mama ragu, mama bisa buktikan dengan produk dari Mama’s Choice. Diformulasikan khusus untuk Mama hamil dan menyusui, kandungan alami nya yang aman dan efektif membuat kulit berkilau mampu mengusir kulit kusam Mama pada masa kehamilan. Dijamin bebas paraben dan alkohol, deh. 

Penasaran khasiatnya? Cobain sekarang aja, yuk!

banner to pdp

Referensi: Alodokter, Dokter Sehat

SHARE THIS POST

Avatar

fakhrana

Seorang wanita yang menumpahkan perasaannya pada kata, karena ia percaya kata memiliki kuasa. Terus menulis hingga terasa penuh dan terisi, selalu senang ketika menginspirasi.

Featured Article
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Jangan Panik Saat Bayi Rewel Tumbuh Gigi, Lakukan 3...
Learn more
Card image
Pumping ASI? Kenali Risiko dan Manfaatnya, Yuk, Ma!
Learn more
Card image
Normalkah Jika Janin Terlalu Aktif Bergerak? Simak...
Learn more
Mama's Choice

Item has been added
to your cart.

Checkout