Search

Ini Pilihan Sheet Mask yang Aman untuk Ibu Hamil Menyusui

Memiliki wajah cerah alami adalah impian semua perempuan, termasuk ibu hamil dan menyusui. Namun saat hamil dan menyusui, Mama perlu semakin berhati-hati dengan skincare yang dipakai lho, termasuk urusan sheet mask. Ingin tetap bisa maskeran setiap hari? Berikut tips memilih sheet mask yang aman untuk ibu hamil dan menyusui!

Bolehkah Menggunakan Sheet Mask Saat Hamil dan Menyusui?

Sheet mask sangat disukai oleh perempuan, karena serum yang terkandung di dalamnya dapat melembapkan dan menyejukkan kulit wajah. Nah pertanyaannya, apakah rutinitas ini boleh dilanjutkan saat hamil dan menyusui?

Jawabannya, tentu saja boleh. Namun saat hamil, Mama perlu lebih mencermati komposisi di dalam sheet mask tersebut. Sebaiknya Mama memilih sheet mask tanpa bahan-bahan kimia yang dapat membahayakan kandungan dan yang bisa mengiritasi kulit, apalagi jika ingin digunakan setiap hari.

Kandungan yang Perlu Dihindari Saat Hamil dan Menyusui

Nyatanya, produk perawatan tubuh apapun yang Mama gunakan saat masa kehamilan dan menyusui dapat berpengaruh pada keselamatan janin, kualitas ASI, hingga kesehatan bayi yang sering Mama peluk dan cium.

Kandungan-kandungan berikut ini perlu dihindari selama kehamilan dan menyusui.

1. Retinol

Retinol atau retinyl palmitate merupakan kandungan bahan aktif turunan vitamin A yang kerap dimasukkan dalam skincare dan sheet mask, karena bisa mengatasi penuaan dini, jerawat, dan mengangkat sel kulit mati.

Namun, kebanyakan dokter menganjurkan agar Mama menghindari bahan ini selama hamil dan menyusui. Retinol diketahui berpotensi menyebabkan cacat lahir tertentu, dan karena itu mungkin tidak aman jika terserap kulit Mama lalu masuk dalam ASI yang dikonsumsi bayi, sekalipun jumlahnya minimal.

2. Pewangi buatan

Pewangi mungkin tidak berisiko fatal untuk kesehatan. Namun pewangi dapat memperburuk migrain pada ibu hamil. Dan dengan tingginya intensitas kontak kulit antara Mama menyusui dan bayi, pewangi dalam sheet mask yang Mama pakai dapat menyebabkan iritasi atau reaksi alergi pada kulit bayi yang sensitif. Agar lebih aman, hindari bahan ini ya, Ma.

3. Salicylic acid

Salicylic acid atau asam salisilat adalah senyawa yang digunakan untuk mengobati berbagai masalah kulit, seperti jerawat. Namun dosis salicylic acid yang berlebihan terbukti dapat menyebabkan komplikasi kehamilan dan cacat lahir.

4. Alkohol

Tak hanya untuk ibu hamil menyusui, penggunaan sheet mask beralkohol sebaiknya dihindari siapa saja. Selain menghilangkan minyak alami kulit, penggunaan alkohol terus menerus dapat merusak pelindung kulit dan membuat pori-pori terbuka. Karena sifatnya ini, alkohol berpotensi mengiritasi kulit yang sensitif, bahkan bisa mengakibatkan penuaan dini.

5. Benzoyl peroxide

Benzoyl peroxide digunakan untuk membunuh bakteri penyebab jerawat. Menurut FDA, bahan ini membawa risiko pada kesehatan janin, dan ibu menyusui perlu memastikan bayi tidak bersentuhan atau menjilat area kulit setelah menggunakan bahan ini.

Jika tidak ingin ambil risiko, Mama dapat menggunakan tea tree yang lebih aman dan alami untuk mendapatkan efek yang sama.

6. Phyenoxyetanol

Bukti menunjukkan bahwa saat diserap kulit, phyenoxyetanol dapat menyebabkan masalah reproduksi, bersifat toksin, dan membahayakan janin yang belum berkembang. Daripada ambil risiko, ibu menyusui juga sebaiknya menghindari penggunaan phyenoxyetanol.

Itu dia 6 bahan yang sebaiknya dihindari ibu hamil dan menyusui. Untuk mengetahui apakah sheet mask yang Mama pakai aman untuk ibu menyusui atau tidak, Mama cukup mengecek komposisinya di balik kemasan.

Ini Sheet Mask yang Aman untuk Ibu Hamil Menyusui!

Sheet Mask yang Aman untuk Ibu Hamil Menyusui

Untuk Mama yang senang mengisi waktu me time dengan maskeran, Mama’s Choice Sheet Mask hadir sebagai pilihan masker yang aman untuk ibu hamil menyusui.

Berbeda dari sheet mask pada umumnya, masker ini 100% bebas alkohol, paraben, serta pewangi buatan, sehingga tidak mengiritasi kulit yang sensitif dan aman untuk kandungan ibu hamil serta ibu menyusui.

Mama’s Choice Sheet Mask 6pcs Rp 109.000 | Free Scrunchie (Hemat 37%)

Mama's Choice Hair and Body Wash, sampo bayi tidak perih di mata

Dengan 2 varian yang bisa dipilih sesuai jenis masalah kulit, yakni Revitalizing dengan Madu dan Centella asiatica untuk melembapkan kulit kering kusam, serta Soothing Protective dengan Timun dan Tea Tree untuk mengurangi minyak dan jerawat. Keduanya telah teruji secara dermatologis, aman untuk kulit sensitif, tidak menyebabkan alergi, dan Halal.

Penggunaan teratur sheet mask ini dapat membantu memperbaiki tekstur kulit, mengurangi sebum berlebih, menenangkan kulit berjerawat dan kemerahan. Hasilnya, wajah lebih segar, kenyal, dan glowing!

Kerennya lagi, Mama’s Choice Natural Sheet Mask Soothing Protective merupakan produk skincare yang ramah lingkungan. Masker ini bersifat biodegradable, yaitu mudah terurai. Jadi sambil merawat kulit, Mama bisa tetap ikut menjaga lingkungan.

Yuk lengkapi skincare Mama selama menyusui dengan rangkaian perawatan wajah yang aman dari Mama’s Choice lainnya: Face Wash dan Moisturizer.

Penasaran dengan produk sheet mask dari Mama’s Choice? Segera dapatkan di sini dengan harga spesial!

 

Sumber:

Mayoclinic.org

Medicalnewstoday.com

Aoafamily.com

Drugs.com

SHARE THIS POST

Maureen

Menjadi orang tua milenial bagaikan dua sisi mata uang: menyenangkan sekaligus penuh tantangan. I mean, juggling between the career and family is never easy, right? Tapi, kata menyerah tidak ada dalam kamus kita! Mari bersama terus belajar memberi yang terbaik untuk keluarga & buah hati ❤

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi & Cara Mengatasi Agar...
Learn more
Card image
Tips Lengkap Pumping ASI: Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more

Your Cart (0)

Close

Add Rp90,000 to earn shipping rebates!

Mini Cart

Your cart is empty.

Shop now