Ketiak Menghitam Saat Hamil, Apakah Akan Permanen?

Ketiak hitam saat hamil membuat kita jadi tak percaya diri ya, Ma. Kira-kira, kondisi ini akan permanen, nggak, ya?

Idealnya, kulit ketiak memiliki warna yang sama dengan bagian kulit lainnya. Lalu, kenapa sih ibu hamil rentan memiliki ketiak yang menghitam tiba-tiba?

Penyebab ketiak hitam saat hamil

1. Perubahan hormon

Pada masa kehamilan, produksi pigmen melanin dalam tubuh cenderung meningkat. Peningkatan melanin ini selanjutnya akan memicu pembentukan Melanocyte Stimulating Hormone (MSH). Melanocyte Stimulating Hormone inilah yang memicu kulit ketiak ibu hamil menghitam dibanding biasanya. 

Tak hanya ketiak, terdapat area tubuh lain yang akan cepat menghitam dibanding biasanya seperti puting payudara, paha bagian dalam dan leher. Sayangnya, menggelapnya area ini tidak dapat dicegah dan diindari, karena disebabkan oleh perubahan hormon selama hamil.

kulit menghitam saat hamil

2. Waxing berlebihan

Waxing dan mencabut bulu ketidak memang aman dilakukan selama kehamilan. Namun waxing dan mencabut bulu ketiak juga dapat dapat menyebabkan peradangan kulit. Sayangnya, peradangan kulit ini juga dapat membuat kulit ketiak makin menghitam.

3. Penumpukkan sel kulit mati

Penumpukan sel kulit mati di ketiak juga dapat menyebabkan kulit ketiak menghitam. Sel kulit mati biasanya muncul dari keringat berlebih yang tidak langsung dibersihkan.

Untuk mengatasi hal ini, Mama disarankan untuk melakukan eksfoliasi sebanyak 1 kali dalam seminggu dapat mengangkat sel-sel kulit mati, yang berwarna lebih gelap daripada sel-sel kulit sehat di bawahnya.

Apakah ketiak hitam akan permanen?

Jawabannya tidak. Ketiak hitam bisa kembali lagi seperti semua dalam jangka waktu tertentu. Lama atau tidaknya penyesuaian warna kulit ketiak, bergantung pada cara Mama merawat ketiak sehari-hari. Untuk itu, yuk segera simak tips mengatasinya di bawah ini!

Cara mengatasi kulit ketiak hitam saat hamil

bolehkah ibu hamil menggunakan deodoran

Jika Mama mengalami ketiak hitam saat hamil, Mama bisa melakukan 7 cara ini untuk mengatasinya:

1. Gunakan cuka apel

Cuka sari apel memiliki kandungan asam amino dan laktat yang dapat membantu membersihkan sel-sel kulit dari ketiak. Selain itu, sifat astringennya juga mampu membuka sumbatan pori-pori, sehingga dapat mencerahkan kulit ketiak secara berkala.

Tuangkan cuka apel organik ke atas kapas, tepuk ke area ketiak dan biarkan sampai benar-benar kering sebelum dicuci. Ulangi setiap hari untuk hasil yang cepat dan efektif.

2. Gel aloe vera

Sifat antibakteri lidah buaya dapat menenangkan kulit yang meradang dan mencerahkan ketiak yang gelap. Cukup potong daun segar lidah buaya, dan ambil ekstrak gel lidah buayanya. Oleskan lapisan gel ini pada ketiak dan biarkan mengering selama 10-15 menit. Bilas dengan air dan gunakan terapi ini setiap hari untuk hasil terbaik.

Mama juga bisa menggunakan gel lidah buaya organik yang tersedia di pasaran, jika Mama tidak dapat menemukan tanaman lidah buaya.

ketiak hitam

3. Minyak zaitun

Usapkan minyak zaitun secara perlahan ke permukaan ketiak. Minyak zaitun bisa membantu membersihkan sisa-sisa kotoran agar tidak semakin mengendap menjadi sel kulit mati.

Lakukan ini secara berkala. Mama juga bisa menggunakan produk Mama’s Choice Relaxing Massage Oil untuk melakukan tips ini. Setelahnya, jangan lupa bilas dengan lap bersih yang dibasahi dengan air hangat, ya.

4. Gunakan deodoran secara rutin

Tapi, jangan menggunakan sembarang deodoran ya, Ma. Kebanyakan deodoran mengandung alumunium klorida dan paraben. Kandungan alumunium klorida berfungsi untuk mengurangi keringat, sedangkan paraben menjaga molekul pada deodoran tetap stabil dan tahan lama.

Padahal, kedua zat tersebut termasuk zat yang seharusnya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil. Untuk itu, pastikan Mama memilih deodoran tanpa paraben yang lebih aman untuk ibu hamil!

Loh, memangnya ada, produk deodoran tanpa paraben? Tentu saja ada!

Mama’s Choice Deodorant diformulasikan aman untuk digunakan ibu hamil dan menyusui. Produk ini akan membantu Mama mendapatkan ketiak yang wangi, bebas bau, dan kulit ketiak yang lebih cerah. Tentunya, bebas paraben dan bebas alkohol!

Penasaran seperti apa produknya? Pastikan Mama jadi yang paling pertama memilikinya! Klik banner untuk informasi selengkapnya. Ada diskon hingga 40% spesial untuk Mama!

SHARE THIS POST

Tya

Tya

Gemar menulis dan bercerita. Membagikan kisah, pengalaman dan inspirasi melalui kata-kata. Perempuan yang terlihat melodrama, tapi suka tertawa. Sedang bersiap-siap menanti kehadiran si kecil dalam hidupnya. Agar semakin menyenangkan, berceritalah ia. Di sini.

Featured Article
Card image
Jangan Panik Saat Bayi Rewel Tumbuh Gigi, Lakukan 3...
Learn more
Card image
Pumping ASI? Kenali Risiko dan Manfaatnya, Yuk, Ma!
Learn more
Card image
Normalkah Jika Janin Terlalu Aktif Bergerak? Simak...
Learn more
Card image
Ketiak Menghitam Saat Hamil, Apakah Akan Permanen?
Learn more