Search

Allantoin, Senyawa Alami dan Halal dengan Beragam Manfaat

Mama's Summary

  • Allantoin banyak ditemukan pada produk pelembap kulit dan pasta gigi.
  • Allantoin merupakan bahan yang aman dan halal. Umumnya, diperoleh dari tumbuhan comfrey, buah berry, dan tanaman lobak.
  • Bagi kesehatan gigi dan gusi, allantoin efektif mengatasi gusi berdarah dan iritasi.

Allantoin adalah zat yang pasti sudah tidak asing lagi bagi para penggemar skincare dari Korea atau Jepang. Kandungan ini sering dipakai dalam produk perawatan untuk kulit berjerawat, produk perawatan mulut, atau produk-produk sun care.

Tapi sebenarnya, apa itu allantoin? Apa saja khasiatnya untuk kulit? Simak penjelasan selengkapnya di sini.

Apa Itu Allantoin?

Allantoin adalah senyawa alami yang diperoleh dari organisme, baik bakteri, hewan, dan juga tanaman. Fungsi allantoin adalah mempercepat pertumbuhan sel dan jaringan baru pada kulit. Karena itu, senyawa ini banyak digunakan pada produk perawatan kulit serta pasta gigi.

Bagaimana pengaruhnya? Seberapa efektif zat ini untuk kesehatan dan kecantikan tubuh? 

8 fungsi allantoin untuk kecantikan kulit

Melembabkan kulit dengan alantoin

Beberapa manfaat allantoin untuk kulit menurut para ahli dari US National Library of Medicine antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Mempercepat proses pertumbuhan sel dan jaringan kulit baru yang lebih sehat, sehingga sel kulit mati dapat tergantikan dalam waktu yang lebih singkat.
  2. Menghidrasi dan melembapkan kulit.
  3. Mengecilkan pori-pori kulit.
  4. Menyamarkan bekas luka, kemerahan, dan bekas jerawat.
  5. Zat pendingin kulit dan pencegah iritasi.
  6. Mengurangi rasa gatal dan mencegah kulit kering/mengelupas.
  7. Membuat kulit terasa lebih lembut dan bersih.
  8. Mempercepat penyembuhan luka, ruam kulit, biang keringat, atau kulit mengelupas.

5 manfaat allantoin untuk kesehatan gigi dan mulut

mencegah sariawan dengan allantoin

Luka pada mulut seperti gusi berdarah, sariawan, ataupun gingivitis pun akan jarang terjadi jika Mama merawat kesehatan gigi dan mulut dengan pasta gigi yang mengandung allantoin.

Beberapa manfaat allantoin untuk kesehatan gigi dan mulut antara lain:

  1. Melindungi jaringan mulut dari luka dan iritasi.
  2. Mencegah sariawan dan gusi berdarah.
  3. Mempercepat pertumbuhan jaringan baru pada rongga mulut jika terjadi luka atau sariawan.
  4. Membuat permukaan membran mulut menjadi lebih lembap dan bersih, sehingga meminimalisir menumpuknya kuman dan bakteri yang berpotensi menyebabkan infeksi.
  5. Mencegah kondisi mulut kering.

Bagus sekali ya manfaat allantoin bagi kesehatan mulut. Karenanya, akan jauh lebih baik jika perawatan mulut dan gigi Mama juga dilengkapi dengan zat ini.

Salah satu pasta gigi yang dilengkapi dengan allantoin kini telah hadir di dekat Mama, yaitu Mama’s Choice Toothpaste. Formulasi alami dari siwak, ekstrak mint, serta klorofilnya bebas fluoride dan SLS, sehingga 100% aman bagi ibu hamil. 

Mama’s Choice Toothpaste Rp 39.000 (Hemat 20%)

Apakah allantoin halal atau haram?

Allantoin merupakan zat yang halal untuk digunakan. Hal ini dapat ditinjau dari sumber utama allantoin berasal, yaitu:

1. Ekstraksi bahan alami

Sumber alami zat ini umumnya diperoleh dari tumbuh-tumbuhan, beberapa diantaranya ialah comfrey, chamomile, benih gandum, lobak, serta bearberry. Sumber ini banyak dijadikan alternatif penggunaan untuk produk perawatan dan kesehatan.

2. Sintesis kimia

Selain itu, senyawa ini juga bisa didapatkan dari proses sintesis kimia yang dibuat secara khusus dari urea dan asam glioksilat. Hasil dari proses sintesis kimia juga banyak digunakan sebagai bahan produk kecantikan dan kesehatan. 

3. Produksi alami dari tumbuhan

Zat ini secara alamiah juga dapat ditemukan pada urin hewan atau manusia. Hal ini disebabkan karena adanya pengolahan nitrogen di dalam tubuh manusia atau hewan.

Sayangnya, karena terdapat dalam urin, zat ini seringkali disalahartikan sebagai zat yang beracun bagi tubuh. Padahal, allantoin yang digunakan untuk produk kesehatan dan kecantikan tidak berasal dari urin.

Penggunaan allantoin untuk kesehatan dan kecantikan diperoleh dari ekstrak zat alami yang didapat dari tumbuh-tumbuhan serta dari sintesis kimia. Hal ini tentu akan menjamin keamanan dan kebersihan suatu produk, serta dapat menjaga fungsi dan khasiatnya.

Apakah allantoin aman untuk ibu hamil dan menyusui?

amankah allantoin untuk ibu hamil

Tentu saja. Khususnya yang diekstraksi dari tumbuhan alami, allantoin aman digunakan untuk ibu hamil dan menyusui. Proses sintesis kimianya pun dinilai tidak membahayakan kehamilan atau proses menyusui sama sekali. Seperti halnya Mama’s Choice Toothpaste yang juga aman digunakan untuk ibu hamil dan menyusui, dengan manfaat mencegah gusi berdarah dan sariawan yang umumnya terjadi selama kehamilan.

Pada produk apa saja allantoin bisa didapatkan?

manfaat allantoin untuk kesehatan kulit

Dilansir dari WebMD, alantoin memiliki sifat emollient, yaitu dapat melembapkan kulit sekaligus mencegah iritasi dan gatal. Itulah sebabnya mengapa zat ini banyak digunakan pada produk pelembap kulit seperti:

  • Body lotion
  • Pelembap wajah
  • Sampo
  • Bedak bayi
  • Soothing gel
  • Masker
  • Sunscreen

Selain itu, sifat emollient dari allantoin juga dapat diaplikasikan untuk perawatan mulut dan gigi, yang membuat zat ini banyak ditemukan pada:

  • Pasta gigi
  • Obat kumur

Pasta gigi alami dengan allantoin

The Food and Drug Administration (FDA) USA merekomendasikan allantoin sebagai senyawa aktif yang baik jika terdapat dalam produk perawatan kulit serta produk kesehatan mulut.

Zat ini teruji tidak berpotensi menyebabkan iritasi, tidak membawa sifat alergi pada hormon apapun, dan tidak membawa turunan racun sedikitpun, sehingga tergolong sebagai zat yang aman untuk digunakan ibu hamil dan menyusui.

Mama’s Choice Toothpaste adalah rekomendasi pasta gigi yang aman, halal, dan natural yang mengandung allantoin di dalamnya. Dalam produk ini, allantoin berfungsi untuk mencegah iritasi dinding mulut, kondisi mulut yang kering, dan gusi berdarah yang umumnya terjadi selama kehamilan. 

 

Dengan adanya zat allantoin, Mama bisa menyikat gigi saat hamil dengan aman dan nyaman. Tanpa rasa mual, dengan rasa yang segar.

Klik banner di bawah ini untuk cek dan belanja produk berkualitas dengan harga spesial!

 

SHARE THIS POST

Tya

Gemar menulis dan bercerita. Membagikan kisah, pengalaman dan inspirasi melalui kata-kata. Perempuan yang terlihat melodrama, tapi suka tertawa. Sedang bersiap-siap menanti kehadiran si kecil dalam hidupnya. Agar semakin menyenangkan, berceritalah ia. Di sini.

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi & Cara Mengatasi Agar...
Learn more
Card image
Tips Lengkap Pumping ASI: Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more

Your Cart (0)

Close

Belanja min Rp300K dapat Rp55,000 off dan free ongkir

Mini Cart

Your cart is empty.

Shop now