Kapan Waktu yang Tepat untuk Prenatal Yoga?

Setiap ibu hamil memiliki level aktivitasnya masing-masing. Ada yang memutuskan berhenti bekerja saat mengetahui dirinya hamil, ada pula yang masih melanjutkan aktivitasnya seperti biasa sampai batas waktu tertentu. Semakin banyak kegiatan yang Mama lakukan, tentu masalah kehamilan yang Mama rasakan akan semakin beragam.

Tapi kami paham, ada beberapa dari Mama yang masih merasa belum siap dengan perubahan serta masalah saat kehamilan sehingga hal ini dapat menyebabkan kelelahan secara fisik dan mental. Nggak apa-apa Ma! Mama masih bisa mengatasi hal tersebut dengan beberapa terapi contohnya yoga untuk ibu hamil.

Fungsi prenatal yoga

Sebuah kutipan dari americanpregnancy.org, yoga untuk ibu hamil atau disebut juga sebagai prenatal yoga merupakan cara terbaik untuk menjaga pikiran serta tubuh Mama tetap sehat saat masa kehamilan, meningkatkan kekuatan, dan fleksibilitas. Yoga untuk ibu hamil juga dapat membantu Mama untuk melatih teknik pernapasan dan menambah relaksasi sebagai bekal yang baik untuk menghadapi proses persalinan yang lebih nyaman.

Buat Mama yang masih bertanya-tanya kapan waktu yang tepat dan aman untuk mencoba yoga untuk ibu hamil?

Jawabannya : Tergantung dengan kondisi kehamilan serta kesehatan Mama.

Kesimpulan ini kami kutip dari website resmi prenatalyogacenter.com, yang mengatakan bahwa setiap pelatih Yoga memiliki alasan masing-masing mengenai penentuan kapan waktu yang aman untuk mencoba prenatal Yoga.

Mama dapat melakukan prenatal Yoga mulai dari kehamilan trimester pertama dengan catatan Mama sudah dapat mengatasi mual dan muntah juga tidak merasakan efek yang negatif saat setelah melakukan latihan Yoga. Mintalah beberapa modifikasi gerakan yang aman untuk Mama lakukan sesuai dengan level fleksibilitas tubuh Mama.

Setelah Mama mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melakukan prenatal Yoga, berikut informasi yang dikutip dari mayoclinic.org mengenai perubahan positif yang akan tubuh Mama rasakan saat rutin berlatih Yoga.

1. Pernapasan

Saat sesi latihan Yoga untuk ibu hamil, Mama akan didorong untuk fokus pada pengaturan keluar dan masuknya napas. Berlatih pernapasan secara rutin dengan prenatal Yoga dapat membantu Mama mengelola napas untuk menghindari sesak napas saat kehamilan juga saat mengalami kontraksi selama persalinan.

2. Peregangan Otot

Berlatih Yoga untuk ibu hamil juga dapat bermanfaat untuk meregangkan otot Mama agar tidak kaku. Meregangkan otot leher dan lengan dengan lembut bisa mengurangi nyeri persendian yang sering dirasakan ibu hamil.

3. Postur

Variasi gerakan Yoga untuk ibu hamil seperti berdiri, duduk, atau berbaring di lantai dengan transisi yang halus dan lembut akan meningkatkan tingkat fleksibilitas, kekuatan, dan keseimbangan Mama. Perbaikan postur juga bisa Mama rasakan ketika rutin melakukan Yoga. Apabila kurang nyaman, mintalah instruktur Yoga Mama untuk merekomendasikan alat pendukung pada gerakan yang sulit dilakukan, bisa seperti bantal, selimut, atau belts.

4. Relaksasi

Sama seperti Yoga pada umumnya, Yoga untuk ibu hamil juga bermanfaat meningkatkan rasa rileks. Pada setiap akhir sesi kelas Yoga, biasanya Mama akan melakukan gerakan Savasana yang dilakukan berbaring untuk melemaskan kembali otot-otot dan mengatur ulang pernafasan serta detak jantung ke level normal.

Tidak jarang para instruktur Yoga akan memasangkan lagu-lagu yang dapat membuat Mama merasa santai, distimulasi mengelola pikiran dengan sugesti yang positif. Semua rangkaian tersebut dapat mewujudkan kesadaran diri serta ketenangan batin Mama.

Ternyata lengkap juga ya, Ma manfaat Yoga untuk ibu hamil! Untuk Mama yang baru pertama kali melakukan Yoga, bisa dipastikan badan Mama akan sakit keesokan harinya karena otot dan sendi belum terbiasa. 

Untuk penanganan aman di rumah Mama hanya perlu mengoleskan minyak yang bisa membantu meredakan otot yang tegang sehabis berolahraga. Pastikan cari yang tidak punya efek samping pada tubuh Mama, juga perkembangan bayi di dalam perut.

Baca juga: Kandungan di Minyak Pijat yang Mama Wajib Hindari

Rangkaian produk dari Mama’s Choice akan menjawab keluhan Mama saat masa hamil atau menyusui. Kami berkomitmen menjaga mutu produk yang aman dan nyaman dipakai untuk ibu hamil dan juga menyusui. Memberikan inovasi produk-produk yang melewati tahapan uji klinis dari laboratorium kami di Singapore. Dengan standar teknologi yang tinggi, sudah dipastikan semua produk Mama’s Choice Hypoallergenic alias tidak menimbulkan iritasi.

Termasuk Mama’s Choice Herbal Oil yang bisa membantu meredakan nyeri otot, mengurangi rasa pegal, sakit punggung dengan formula 100% dari bahan natural tanpa bahan kimia berbahaya.

 

Keutamaan Mama’s Choice Herbal Oil

  • Minyak zaitun berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh dan meremajakan tekstur kulit Mama
  • Grapeseed (minyak biji anggur) dengan aroma yang segar sehingga membangkitkan suasana hati Mama agar lebih berenergi sepanjang hari
  • Cajuput (kayu putih), bermanfaat untuk mengobati masalah pada sistem pernapasan serta meredakan nyeri otot dan sendi.
  • Kandungan 100% dari minyak esensial alami tanpa pewangi, dan pewarna buatan
  • Teruji klinis Dermatologis tanpa efek samping iritasi
  • Halal
  • Terdaftar resmi BPOM

Selain itu, Mama’s Choice Herbal Oil tidak mengandung Methyl Salicilate yang berpotensi membahayakan janin dan dapat menyebabkan perdarahan pada saat melahirkan. Biasanya terdapat dalam koyo atau krim pijat. 

Hadir dengan ukuran 100ml dengan botol pump sehingga produk Mama’s Choice Herbal Oil ini sangat mudah Mama bawa kemanapun.

Jadi, kini Mama bisa #BebasPegalDenganAlami di manapun dan kapanpun yang Mama butuhkan. Seperti sahabat dekat, Mama’s Choice ingin selalu menemani Mama setiap saat.

 

SHARE THIS POST

anita

anita

Biasa dipanggil Thatha, senang menulis sejak SMP. Ibu dari satu orang anak laki-laki. Pencinta travelling, kopi, fotografi, dan tanaman hias. "Put your own oxygen mask on first so you have enough air to breathe and energy for yourself before you can assist and give to others.” –NN , adalah prinsip hidupnya menjalani peran sebagai ibu, istri, penulis dan pribadi seutuhnya.

Featured Article
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Jangan Panik Saat Bayi Rewel Tumbuh Gigi, Lakukan 3...
Learn more
Card image
Pumping ASI? Kenali Risiko dan Manfaatnya, Yuk, Ma!
Learn more
Card image
Normalkah Jika Janin Terlalu Aktif Bergerak? Simak...
Learn more
Mama's Choice

Item has been added
to your cart.

Checkout