Siwak atau Miswak, Pengganti Fluoride yang Aman dan Alami

Mama's Summary

  • Pasta gigi yang mengandung siwak bisa menjadi alternatif pasta gigi untuk ibu hamil.
  • Siwak mengandung zat fluorida alami yang dapat memperkuat struktur gigi.
  • Penggunaan siwak telah direkomendasikan oleh WHO.

Mama mungkin sudah tidak asing lagi dengan siwak atau miswak. Siwak adalah batang kayu tanaman salvadora persica yang punya segudang manfaat untuk kesehatan gigi, gusi, dan mulut. Bahkan, tumbuhan yang banyak dijumpai di daerah Timur Tengah ini juga bisa menjadi pengganti fluoride, lho!

Siwak adalah bahan alami untuk membersihkan gigi

Mama, sejak tahun 1986, World Health Organization (WHO) telah merekomendasikan miswak sebagai alternatif pembersih alami untuk gigi dan mulut. Hal ini tentu didukung dengan beragam penelitian yang telah membuktikan manfaat miswak untuk kesehatan manusia.

Siwak bisa mengganti fluoride

Siwak adalah salah satu cara tradisional untuk membersihkan mulut, khususnya bagi masyarakat Timur Tengah. Nilai-nilai sejarah telah mencatat khasiat siwak, yang sampai kini masih bisa kita rasakan manfaatnya, Ma. Bagaimana tidak, berbagai zat alami yang bermanfaat terkandung di dalam satu batang ini.

Apa saja yang terkandung di dalam siwak?

Adapun beberapa zat alami yang terkandung di dalam siwak antara lain:

  • Sulfur alami dan antiseptik

Penelitian dari US. National Library of Medicine menyebutkan bahwa siwak mengandung sulfur alami dan antiseptik. Kedua zat ini dapat membunuh bakteri jahat yang ada di dalam mulut sehingga plak dan juga gigi berlubang bisa dicegah sedini mungkin.

  • Antibacterial acids (astringents)

Selain itu, miswak juga mengandung antibacterial acids seperti astringents yang dapat mencegah bakteri tumbuh dalam jangka waktu yang lama di area gusi. Dengan demikian, gusi pun tidak akan rentan terhadap infeksi atau peradangan yang gejalanya ditunjukkan dengan kondisi bengkak atau berdarah.

  • Vitamin C, klorida, pottasium, sodium bicarbonate

Senyawa-senyawa ini mampu membuat kondisi mulut tidak kering, sehingga dapat mencegah peradangan pada jaringan mulut seperti sariawan. Selain itu, senyawa di atas juga mampu mencegah abrasi atau pengikisan gigi secara alami, serta menghilangkan noda yang menempel pada gigi.

  • Kalsium oksida

Sebagaimana kalsium pada umumnya, fungsinya adalah untuk memperkuat enamel gigi dan membuat struktur gigi tidak mudah goyah.

  • Enzim antioksidan

Siwak mengandung enzim antioksidan seperti enzim peroksidase, katalase, serta polifenoloksidase yang memiliki sifat antikarsinogenik, atau mencegah kanker. Enzim-enzim tersebut juga mampu meminimalisir rasa nyeri pada gigi dan gusi yang meradang.

  • Minyak atsiri

Minyak ini dapat keluar secara alami dari batang miswak yang telah digunakan. Fungsinya adalah mampu membuat nafas menjadi lebih segar, sehingga bau mulut bisa dicegah.

  • Fluorida alami

Inilah sebabnya mengapa fluoride bisa digantikan oleh siwak. Siwak mengandung senyawa fluoride alami yang berfungsi untuk mencegah pembusukan sisa makanan pada sela gigi dan gusi. Hasilnya, gigi berlubang dapat dicegah dan remineralisasi struktur gigi pun dapat berlangsung dengan baik.

Baca juga: Pasta gigi tanpa fluoride lebih sehat, bagaimana faktanya?

Siwak adalah pengganti fluoride pada pasta gigi

Bagi kesehatan, khususnya bagi ibu hamil dan menyusui, pasta gigi dengan fluoride kurang direkomendasikan. Hal ini terkait dengan penelitian yang menunjukkan bahwa fluoride bisa mengganggu pertumbuhan janin dan bayi jika masuk ke dalam tubuh.

Siwak mengandung banyak zat alami untuk kesehatan mulut dan gigi.

Dengan khasiatnya yang bisa menggantikan fungsi fluoride dalam menjaga kesehatan gigi dan gusi, pasta gigi yang mengandung siwak pun bisa menjadi alternatif terbaik bagi Mama, khususnya yang sedang hamil serta menyusui.

Tanpa harus khawatir tertelan karena mual, pasta gigi dengan siwak tentu jauh lebih menyehatkan, alami, dan tidak menimbulkan efek samping bagi kesehatan, baik untuk tubuh Mama ataupun si buah hati. Terlebih lagi, pasta gigi siwak pun bisa digunakan segala usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa, sehingga cocok digunakan untuk pasta gigi keluarga.

Pasta gigi siwak, tren baru untuk hidup yang lebih sehat

siwak

Tertarik menggunakan siwak untuk perawatan gigi dan mulut, Ma? Tak perlu lagi susah payah menggunakan kayu miswak secara alami layaknya zaman dulu.

Mama bisa menemukan formulasi terbaru dari Mama’s Choice Toothpaste yang mengandung siwak sebagai bahan utamanya. Mama’s Choice Toothpaste tidak menggunakan fluoride sehingga siwak akan menggantikan fungsi fluoride untuk menguatkan enamel gigi.

Selain itu, pasta gigi ini juga diperkaya dengan bahan alami terpilih lainnya seperti kalsium, mint, serta allantoin. Lebih aman, halal, dan natural dalam merawat kesehatan gigi serta gusi.

Pasta gigi untuk ibu hamil dan menyusui pertama di Indonesia

Tahukah Mama? Mama’s Choice Toothpaste adalah pasta gigi aman untuk ibu hamil dan menyusui yang pertama di Indonesia, lho!

Pasta gigi ini juga family friendly, sehingga aman untuk digunakan oleh keluarga, termasuk anak-anak yang sudah mulai belajar menyikat gigi.

Pasta gigi ini aman karena tidak menggunakan bahan kimia seperti fluoride, SLS, triclosan dan juga formaldehyde. Tentunya, kesehatan Mama dan janin atau bayi akan terjaga seiring dengan kondisi gigi dan mulut yang semakin baik setiap harinya. Bukankah kesehatan keluarga adalah prioritas utama? Yuk, mulai sekarang dengan menentukan #PilihanAmanMama! 

Tersedia harga promosi, Rp. 39,000,- dari harga normal Rp. 49,000,-! Klik banner untuk dapatkan promonya sekarang.

Pasta Gigi Mama's Choice

Mama’s Choice Toothpaste | Rp. 39,000,- | Diskon 20% dari harga normal Rp. 49,000,-

SHARE THIS POST

Tya

Tya

Gemar menulis dan bercerita. Membagikan kisah, pengalaman dan inspirasi melalui kata-kata. Perempuan yang terlihat melodrama, tapi suka tertawa. Sedang bersiap-siap menanti kehadiran si kecil dalam hidupnya. Agar semakin menyenangkan, berceritalah ia. Di sini.

Featured Article
Card image
Yuk, Simak Serunya Event Mama's Choice di Bandung!
Learn more
Card image
Tak Cuma Bumil, Ibu Menyusui Juga Tidak Boleh Stres!
Learn more
Card image
Sering Cemas Saat Hamil? Pastikan Mama Tahu Cara...
Learn more
Card image
6 Cara Ini Bisa Mencegah Stretch Mark Selama Hamil!...
Learn more