Serba Serbi Stretch Mark, Penyebab dan Penanganannya

Stretchmark sebenarnya tidak hanya bisa terjadi pada Ibu hamil saja, siapapun bisa mengalaminya baik perempuan atau laki-laki. Stretch mark muncul pada pertumbuhan atau penyusutan kulit secara drastis dan yang kulitnya mengandung sedikit kolagen.

Guratan pada kulit ini dapat muncul di berbagai bagian tubuh, seperti perut, paha, pinggul, payudara, lengan atas, dan punggung bagian bawah.

Serba Serbi Stretch Mark

Menurut Medical News Today, ada 2 tipe stretch mark berdasarkan penampilan atau warnanya :

  • Striae rubrae: Stretch mark berwarna pink atau merah
  • Striae albae: Stretch mark berwarna putih

Jenis stretch mark lainnya adalah :

  • Stretch mark yang terjadi karena proses kehamilan atau lebih dikenal dengan Striae Gravidarum
  • Stretch mark abu-abu atau hitam, biasanya terjadi pada orang yang memiliki kulit lebih gelap yang disebut dengan Striae Nigrae 
  • Tanda stretch berwarna biru tua / keunguan, juga berlaku untuk mereka yang memiliki kulit lebih gelap atau yang memiliki nama lain Striae Caerulea
  • Stretch mark karena kulit yang menipis. Ini dapat berkembang pada mereka yang menderita sindrom Cushing (kumpulan gejala yang muncul akibat kadar hormon kortisol yang terlalu tinggi dalam tubuh),  karena penggunaan kortikosteroid yang berkepanjangan atau setelah prosedur bedah operasi. Jenis stretch mark ini juga sering disebut dengan Striae Atrophicans

Gejala Kemunculan Stretch Mark

Sebelum kemunculannya, biasanya kulit akan terlihat tipis atau berwarna merah muda. Biasanya ditandai juga dengan rasa gatal yang muncul yang ingin digaruk.

Penanda awal biasanya terlihat sebagai kerutan, kemudian garis-garis yang warnanya mulai perlahan terlihat berbeda dari bagian kulit lainnya seperti warna merah, pink, ungu, coklat, tergantung pada warna dasar kulit.

Apabila mulai merasakan gatal, usahakan untuk tidak menggaruk kulit namun bisa menggunakan pelembab kulit dengan bahan alami yang dapat membantu meredakan gatal seperti lidah buaya atau aloe vera.

Baca: Manfaat Aloe Vera pada Stretch Mark Cream 

Penyebab dan Faktor Risiko

Peregangan kulit atau stretch mark disebabkan oleh :

  1. Kehamilan: Ada sekitar 50 – 90% mama yang akan mengalami kemunculan stretch mark pada kehamilan atau setelah melahirkan.
  2. Pubertas : Pertumbuhan pesat yang biasa terjadi pada anak-anak remaja
  3. Pertumbuhan berat badan yang cepat : Kenaikan atau penurunan berat badan yang terlalu cepat dapat menimbulkan stretch mark.
  4. Kondisi medis : Kondisi medis. seperti sindrom Marfan dan Sindrom Cushing
  5. Penggunaan Kortikosteroid : Penggunaan losion dan krim yang mengandung kortikosteroid dalam waktu lama dapat menurunkan kadar kolagen pada kulit. Padahal, kolagen berfungsi menguatkan dan menyangga kulit dan dapat mengirangi risiko kemunculan stretch mark.

Baca : 3 Cara Menghindari Bahan Toksin Yang Berbahaya Untuk Mama dan Bayi 

Stretch mark dapat hilang namun dalam jangka waktu yang cukup panjang. Cara terbaik untuk mencegah kemunculan stretch mark adalah dengan mempersiapkan kulit untuk menjadi lembab dan memiliki kadar kolagen yang cukup baik.

Kurangi juga menggaruk kulit terlalu kasar, ya. Apabila gatal cukup diusap dengan lembut atau gunakan lotion dengan bahan alami.

Penanganan Stretch Mark dengan Mama’s Choice Stretch Mark Cream

krim penghilang stretch mark terbaik

Stretch Mark Cream Rp 99.000 | (harga sebelumnya Rp 129.000, sekarang diskon 23%)

Mama’s Choice sebagai lini terbaru di Indonesia yang khusus menyediakan produk aman, halal dan natural bagi Ibu hamil. Mama’s Choice Stretch Mark Cream diciptakan untuk merawat  kulit selama dan setelah kehamilan. Dengan bahan utama : Lipobelle soyaglycone (kacang soya) dapat meningkatkan produksi kolagen serta mengencangkan kulit; dan Aloe Vera yang melembabkan sekaligus membantu meredakan gatal. Keunggulan lainnya : 

  • Formula aman, tanpa alkohol dan bebas paraben
  • Teruji secara dermatologis dan anti-alergi, cocok untuk semua jenis kulit
  • Mencegah dan memudarkan stretch mark, serta meredakan rasa gatal
  • Dengan olive oil, shea butter dan jojoba oil yang intensif melembabkan serta mengencangkan kulit

Pencegahan lebih baik daripada mengobati. Apabila sudah terlanjur muncul, gunakan Stretch Mark Cream Mama’s Choice sesering mungkin, konsumsi buah-buahan, sayur dan juga minum air putih yang banyak untuk membantu pemulihan dan elastisitas kulit dari dalam. Seperti kasih ibu kepada keluarga, kecantikan kulit  harus terawat sepanjang masa. Gak papa kok, Ma, merawat diri sedini mungkin dengan #PilihanAmanMama yang bebas toksin dan dengan manfaat maksimal. Mama’s Choice, aman dari hati untuk mama dan bayi. 

SHARE THIS POST

Rahne Putri

Rahne Putri

Ibu dari satu anak laki-laki berusia 3 tahun. Saya percaya, ketika Ibu berbahagia, maka keluarganya juga akan bahagia. Berada di Mama’s Choice, adalah salah satu kesempatan yang saya ambil untuk membantu perjalanan para Ibu menjadi lebih nyaman dengan diri dan pilihan-pilihan yang akan diciptakan untuk keluarga

Featured Article
Card image
Yuk, Simak Serunya Event Mama's Choice di Bandung!
Learn more
Card image
Tak Cuma Bumil, Ibu Menyusui Juga Tidak Boleh Stres!
Learn more
Card image
Sering Cemas Saat Hamil? Pastikan Mama Tahu Cara...
Learn more
Card image
6 Cara Ini Bisa Mencegah Stretch Mark Selama Hamil!...
Learn more