Search

Tips Perawatan Rambut yang Aman Dilakukan Saat Ibu Hamil

Rambut adalah mahkota wanita, Mama setuju? Tentu saja ya. Jika rambut sehat dan lebat, tanpa makeup sekalipun Mama tetap akan terlihat cantik menawan. Begitu pula saat hamil, rambut ibu tetap memerlukan perawatan, hanya saja harus dilakukan dengan cara yang aman.

Perawatan Dasar Rambut Ibu Hamil

Seperti anggota tubuh yang lain, rambut dapat hidup dan tumbuh dengan baik jika diberikan nutrisi yang sesuai. Pada masa kehamilan, saat nutrisi banyak diserap oleh janin, mungkin sebagian Mama jadi mengalami masalah rambut kusam dan rontok yang parah.

Kalau sudah begini, harus bagaimana ya? Tenang, Mama masih bisa mengembalikan keindahan rambut dengan langkah perawatan rambut yang aman untuk ibu hamil berikut ini.

cara menyuburkan rambut setelah melahirkan secara alami

1. Membersihkan rambut

Keramas wajib dilakukan secara teratur agar rambut bebas ketombe, apalagi jika ibu hamil sering berkeringat. Frekuensinya bisa disesuaikan dengan jenis rambut Mama. Jika rambut cukup lembap, maka bisa dilakukan setiap hari. Tapi jika rambut cenderung kering, cukup 2 hari sekali.

2. Melembapkan rambut

Conditioner adalah perawatan rambut yang wajib dimiliki ibu hamil. Jangan bilang, “sudah coba segala cara untuk mengatasi rambut rontok” jika belum mencoba rutin memakai conditioner.

Mama akan merasakan perubahan rambut yang signifikan dengan pemakaian conditioner harian, karena ia dapat:

  • Memperbaiki kutikula rambut yang terbuka
  • Menjaga kelembapan rambut agar lebih kuat dan tidak rapuh
  • Memaksimalkan penyerapan manfaat shampoo yang sebelumnya digunakan
  • Melapisi rambut untuk melindungi dari kerusakan akibat styling dan polusi
  • Mengurangi rambut kusut dan rontok

Baca juga: Manfaat Conditioner untuk Rambut Rontok

3. Menutrisi rambut

Setelah rambut bersih dan lembap, inilah saat yang tepat untuk memberikan nutrisi ekstra dengan penggunaan serum atau tonic. Serum atau tonic mengandung nutrisi tambahan yang bisa merangsang pertumbuhan rambut, membuatnya lebat dan mudah diatur.

Semua Sudah Dilakukan, Tapi Masih Rontok juga?

Bisa saja masalahnya terletak pada pilihan hair care harian Mama, seperti shampoo, conditioner, bahkan vitamin rambut.

Shampoo, conditioner dan vitamin rambut yang beredar di pasaran pada umumnya mengandung bahan kimia keras seperti: phthalates (parfum), SLS (pembuat busa), silikon, serta paraben (pengawet). Bayangkan jika bahan ini terkena rambut setiap hari. Bukannya sehat, rambut malah semakin kering, rapuh, dan rontok.

Bahan-bahan ini pun dapat mengganggu kerja hormon serta kesehatan ibu hamil dan janin, apalagi hormon janin yang berjenis kelamin laki-laki. Karena itu, cermati lagi yuk produk perawatan rambut yang Mama gunakan!

Semakin alami perawatan rambut yang Mama pakai, rambut akan semakin sehat.

Shampoo dan Conditioner yang Aman untuk Ibu Hamil

Memilih shampoo dan conditioner yang bebas dari bahan kimia berbahaya serta mengandung nutrisi alami adalah cara terbaik untuk mengembalikan keindahan rambut Mama.

Mama’s Choice Shampoo dan Conditioner adalah rangkaian perawatan rambut yang diformulasikan secara khusus untuk masalah rambut ibu hamil dan menyusui. Keduanya mengandung kiwi, candlenut, dan green pea yang bekerja secara alami untuk menutrisi, menguatkan akar rambut, dan merangsang pertumbuhannya.

shampo dan conditioner perawatan rambut yang aman untuk ibu hamil
Paket 2in1 Haircare Series (Shampoo + Conditioner) Rp 179.000 (Hemat 44%)

Kuatkan Rambut dengan Hair Serum

Tak hanya menggunakan shampoo dan conditioner, Mama dapat menutrisi dan mengembalikan kekuatan rambut dengan Mama’s Choice Strengthening Hair Serum. Vitamin rambut ini berbahan dasar tumbuhan dan diperkaya dengan Kemiri, Kiwi, dan Green Pea yang cocok untuk semua jenis rambut dan 100% aman untuk ibu hamil menyusui.

 Mama’s Choice Strengthening Hair Serum Rp 109.000 (Hemat 39%)

Dengan formula yang mudah meresap dan tidak membuat lepek, Mama’s Choice Hair Strengthening Serum dapat menyuburkan, menguatkan, serta melindungi rambut dan kulit kepala. Hasilnya, rontok berkurang dan rambut tumbuh lebih lebat!

Coba sendiri, dan rasakan perubahan signifikan pada keindahan rambut Mama setelah detoks menggunakan perawatan rambut Mama’s Choice yang Aman, Halal, dan Natural!

Tips Perawatan Rambut Saat Hamil Lainnya

1. Apakah boleh mewarnai rambut?
Tunggu setelah trimester 1 berlalu sebelum ibu hamil terekspos pada bahan kimia. Dan sebelum mengecat rambut, pastikan produk yang dipakai bebas amonia, tanpa paraben dan tanpa PPD.

2. Bagaimana teknik keramas yang benar?
Sebaiknya gunakan air dengan suhu sedang ke dingin untuk keramas, karena air yang panas dapat merusak lapisan rambut. Saat dikeringkan, hindari menggosok rambut dengan handuk terlalu keras, tapi tepuk perlahan-lahan.

3. Apakah boleh styling menggunakan pencatok atau pengering?
Sebaiknya hentikan dulu sementara penggunaan alat-alat penataan rambut yang menggunakan panas selama rambut Mama masih rontok dan rusak. Jika rambut sudah sehat kembali, Mama dapat menggunakannya sesekali setelah melapisi rambut dengan serum.

Demikian tips dan informasi seputar perawatan rambut yang aman untuk ibu hamil selama kehamilan. Semoga informasi ini membantu Mama ya!

Dapatkan produk perawatan ibu hamil dan menyusui yang aman lainnya dengan harga spesial dan hadiah gratis* di Shopee Official Store kami!

Artikel Terkait: Penjelasan Ilmiah Penyebab Rambut Rontok Saat Hamil

 

 

Referensi:

Healthline.com

Goop.com

Americanpregnancy.org

SHARE THIS POST

Maureen

Menjadi orang tua milenial bagaikan dua sisi mata uang: menyenangkan sekaligus penuh tantangan. I mean, juggling between the career and family is never easy, right? Tapi, kata menyerah tidak ada dalam kamus kita! Mari bersama terus belajar memberi yang terbaik untuk keluarga & buah hati ❤

Featured Article
Card image
Syarat Pembersih Rumah yang Aman untuk Bayi
Learn more
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi & Cara Mengatasi Agar...
Learn more
Card image
Tips Lengkap Pumping ASI: Kenali Manfaat dan Risikonya
Learn more

Your Cart (0)

Close

Belanja min Rp300K dapat Rp55,000 off dan free ongkir

Mini Cart

Your cart is empty.

Shop now