Perawatan Rambut Untuk Mama Berhijab

Mama's Summary

Perawatan rambut berhijab untuk Mama yang sedang hamil dan menyusui, memerlukan perhatian ekstra. Salah satunya penggunaan sampo yang aman dan bebas toksin.

Para Mama berhijab mana suaranya? Perawatan rambut hijab, bisa dibilang tricky, dan malah butuh perawatan ekstra. Biasanya permasalahan yang kerap muncul: rontok!

Seperti yang dialami teman kuliah saya, Nia. Dia merasa rambutnya butuh perhatian yang lebih dari biasanya. Keluhan yang dialami, yaitu rambut yang sering rontok, lepek, dan bau apek alias tidak segar aromanya.

Mama Nia rupanya belum menemukan perawatan rambut berhijab yang aman dan efektif untuk dirinya. Mengingat saat ini Mama Nia sedang hamil dan masih takut bereksperimen dengan berbagai macam tutorial atau rekomendasi hair care yang ada di internet.

Kami yakin banyak Mama yang mengalami hal serupa dengan Mama Nia. Untuk itu, berikut perawatan rambut berhijab yang paling mudah Mama lakukan untuk mengurangi keluhan rambut rontok.

Penyebab Rambut Rontok pada Mama yang Berhijab

Perlu digaris bawahi dulu, ya, Ma. Hijabnya, sih, tidak salah apa-apa, tapi apakah kita memerhatikan faktor lainnya, yang turut ambil andil terjadi kerontokan rambut:

1. Memakai inner hijab yang tak menyerap keringat

Keringat yang diproduksi sekitar kulit kepala tidak bisa terserap dengan baik. Jika ini berlangsung terlalu lama, akan membuat rambut mama kusam, rapuh dan akhirnya mudah rontok.

2. Menggunakan hijab saat rambut basah

Keadaan di sekitar rambut akan lembap, kulit kepala dan rambut tidak diberi kesempatan “bernapas” untuk kering secara alami. Selama rambut masih basah dan akhirnya terus menerus bergesekan dengan kain hijab, di situlah rentang terjadi kerontokan.

 

Solusi Perawatan Rambut Berhijab

Untuk Mama berhijab yang sedang hamil dan menyusui, yuk, coba teliti satu persatu perawatan yang kami paparkan. Sudah semuanya kah, dijalankan?

1. Pilih bahan hijab yang nyaman

Memilih bahan hijab yang nyaman bisa jadi perawatan rambut berhijab yang ampuh untuk mengurangi masalah rambut rontok Mama. Terlebih jika Mama memakai hijab seharian di luar rumah seperti saat ke kantor. Pilih hijab dengan bahan yang tidak menimbulkan efek gerah seperti bahan katun, wolfis, atau voal.

Sering berkeringat memang bagus,Ma. Tapi, terlalu sering berkeringat dalam keadaan tertutup hijab bisa jadi pemicu rambut rontok. Sebuah studi yang dipublikasikan pada skinpharmacy.in, bahwa saat kepala berkeringat dalam durasi yang panjang, akan timbul bakteri dari kulit kepala yang tercampur dengan keringat dan terakumulasi pada permukaan kulit kepala, hal ini bisa menyebabkan infeksi jamur sehingga menyumbat pori-pori yang menyebabkan kerontokan rambut.

2. Hindari temperatur panas terlalu tinggi

Nggak mau repot berlama-lama mengeringkan rambut sebelum pakai hijab, tidak jarang Mama menggunakan hair dryer dengan kecepatan dan temperatur yang tinggi. Padahal ini dapat memicu kerontokan rambut Mama lebih parah, lho.

Sebuah percobaan yang didokumentasikan pada jurnal yang berjudul Hair Shaft Damage from Heat and Drying Time of Hair Dryer, rambut yang dikeringkan pada variasi suhu panas yang berbeda yaitu, 47°C, 61°C, 95°C, menunjukan bahwa rambut dengan menggunakan pengering temperatur tertinggi 95°C mengalami perubahan dari segi ultra-struktur, morfologi, kadar air, dan warna rambut.

Hasilnya, penggunaan pada temperatur tertinggi mengalami perubahan yang cukup negatif pada helai rambut. Untuk itu, disarankan memakai kecepatan rendah sampai sedang (yang bisa diatur pada tombol) dengan jarak 15cm dari rambut dan lakukan gerakan berpindah-pindah secara berulang. Dengan mengurangi panas berdasarkan percobaan ilmiah demikian, sepertinya bisa jadi acuan yang valid untuk Mama coba.

3. Nutrisi rambut

Berbagai perawatan rambut berhijab untuk mengatasi kerontokan tidak akan menampakan hasil yang maksimal jika tidak dibarengi dengan perawatan dari dalam. Sebaiknya, Mama mulai perbanyak konsumsi makanan yang baik untuk pertumbuhan rambut seperti makanan tinggi protein, alpukat, kacang-kacangan, dan sayuran hijau. Nutrisi rambut juga bisa Mama dapatkan dari produk perawatan rambut yang berbahan dasar alami.

Untuk Mama yang sedang hamil atau menyusui, kami paham bahwa Mama tidak ingin mengambil risiko dengan mencoba berbagai jenis hair care yang bisa membahayakan Mama dan si Kecil. Karena memang, perubahan hormon pada tubuh Ibu hamil dan menyusui dapat memicu sensitivitas yang tinggi kalau produk yang Mama pilih ternyata tidak aman.

Ditambah lagi, kadang Mama masih suka bingung, sebenarnya bahan-bahan di dalam sampo yang aman untuk ibu hamil dan menyusui itu seperti apa? Nah, Mama dalam hal ini juga harus teliti ya sebelum membeli, menjadi konsumen cerdas itu juga penting. 

Jangan khawatir, Ma! Tim Mama’s Choice, ingin membantu Mama mendapatkan produk yang sesuai kebutuhan dan menjawab keinginan Mama dengan produk yang aman untuk ibu hamil dan menyusui.

Kini hadir produk perawatan rambut Mama’s Choice Treatment Shampoo yang bisa #KurangiRontok Mama selama hamil atau menyusui. Mengandung tiga bahan alami utama yang akan bekerja menguatkan dari akar rambut, hingga ke ujungnya. 

Perawatan rambut pertama yang diformulasikan khusus untuk Mama hamil dan menyusui, mencegah dan mengurangi rambut rontok yang bebas SLS / SLES, Ammonia, Paraben, dan Colorant.

Baca juga: Rambut Rontok Setelah Melahirkan, Normal Nggak, Ya?

Bahan-bahan Aman Mama’s Choice Treatment Shampoo, terdiri dari:

  • Kiwi, bermanfaat untuk menstimulasi pertumbuhan rambut baru
  • Kemiri, untuk menguatkan akar rambut Mama, supaya mengurangi kerontokan. Caranya dengan mengaktifkan sel induk pada folikel rambut (tempat tumbuhnya rambut, berupa lubang kecil yang terdapat di kulit kepala)
  • Green Pea, atau lazim disebut Kacang Polong. Kalau si hijau kecil bulat, tugasnya mengembalikan kesehatan rambut Mama.

Dengan harga yang bersahabat, semua produk kami melewati riset dan juga uji klinis di Singapura yang bebas dari toksin berbahaya sehingga aman digunakan selain untuk Mama juga untuk seluruh keluarga.

Selain itu, Mama’s Choice Treatment Shampoo terdaftar resmi di BPOM dan bersertifikat Halal

Baca juga: Bahan-bahan dalam Sampo yang Wajib Dihindari Ibu Hamil

4. Tidak mengikat rambut terlalu kencang

Perawatan rambut berhijab yang dapat mencegah kerontokan selanjutnya yaitu dengan tidak mengikat rambut terlalu kencang. Biasanya ini terjadi pada kondisi rambut Mama yang terurai panjang dan khawatir rambut terlihat, jadinya Mama mengikat rambut dengan ketat seharian.

Mulai saat ini, sebaiknya hindari kebiasaan tersebut ya, Ma. Ini bisa memicu gangguan pada kulit rambut yang bernama Traksi Alopecia. Lebih jelasnya kami mengutip dari dermnetnz.org, yang menjelaskan kondisi Traksi Alopecia adalah sebab kerontokan rambut akibat ketegangan berkepanjangan atau berulang pada kulit akibat mengikat rambut terlalu kencang.

Bukan hanya rontok, kondisi ini dapat menyebabkan gatal, kemerahan, dan peradangan pada folikel rambut. Solusinya, Mama bisa “mengangkat” rambut dengan jepitan rambut daripada menggunakan ikat rambut yang terlalu kencang.

5. Free Your Hair

Bukan cuma Mama yang butuh free time, tapi rambut Mama juga. Perawatan rambut berhijab yang bisa Mama coba untuk menghindari atau mengurangi rambut rontok yaitu dengan memberikan “waktu bebas” untuk rambut.

Saat #DirumahAja Mama bisa melepas hijab dan biarkan rambut tergerai seharian tanpa sentuhan hair dryer, ikatan rambut, dan balutan hijab. Ini penting Mama lakukan, karena memberikan waktu untuk kulit kepala dan pori-pori dalam keadaan netral yang bisa menghindari kulit kepala dari peradangan yang menjadi salah satu penyebab kerontokan.

Mama berhijab memang berhak cantik dari luar dan dalam kondisi apapun, terutama saat hamil dan menyusui. Mama’s Choice Treatment Shampoo hadir untuk #KurangiWorry Mama seputar permasalahan rambut. 

 

SHARE THIS POST

anita

anita

Biasa dipanggil Thatha, senang menulis sejak SMP. Ibu dari satu orang anak laki-laki. Pencinta travelling, kopi, fotografi, dan tanaman hias. "Put your own oxygen mask on first so you have enough air to breathe and energy for yourself before you can assist and give to others.” –NN , adalah prinsip hidupnya menjalani peran sebagai ibu, istri, penulis dan pribadi seutuhnya.

Featured Article
Card image
Masalah Memberikan ASI: Bagaimanapun Cara Menyusuinya,...
Learn more
Card image
Jangan Panik Saat Bayi Rewel Tumbuh Gigi, Lakukan 3...
Learn more
Card image
Pumping ASI? Kenali Risiko dan Manfaatnya, Yuk, Ma!
Learn more
Card image
Normalkah Jika Janin Terlalu Aktif Bergerak? Simak...
Learn more
Mama's Choice

Item has been added
to your cart.

Checkout